Topik Terkait: Adab Imam Sholat

  • Jangan Mendahului Imam Ketika Sholat Berjamaah, Ini Akibatnya
    Hikmah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 19:17 WIB
    Sejatinya, seorang makmum harus mengikuti imam dalam gerakan sholat, bukan malah mendahului atau bergerak bersamaan dengan imam. Berikut kisah orang yang mendahului imam dan akibatnya.
  • Ummu Waraqah, Perempuan Pertama yang Menjadi Imam Sholat Bagi Laki-laki
    Hikmah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 18:21 WIB
    Sudah menjadi syariat, sholat berjamaah bagi laki-laki dan perempuan diimami oleh seorang laki-laki. Namun, ada satu riwayat bahwa perempuan pernah menjadi imam sholat bagi laki-laki.
  • Tempat Imam Lebih Tinggi dari Makmum, Bolehkah?
    Tausyiah
    Senin, 01 Maret 2021 - 18:18 WIB
    Terkadang di beberapa masjid maupun musholla kita menemukan posisi imam lebih tinggi dari posisi makmum. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Adab-adab Bertamu yang Harus Diperhatikan, Yuk Amalkan!
    Tausyiah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 05:10 WIB
    Islam sangat menekankan adab dan akhlak baik saat di rumah maupun ketika bergaul di tengah masyarakat. Salah satu hal yang patut diketahui kaum muslim adalah adab saat bertamu.
  • Ketinggian Adab Imam Syafii Terhadap Ahlul Bait Rasulullah
    Hikmah
    Jum'at, 14 Februari 2020 - 17:56 WIB
    Ketinggian adab dan etika Imam Muhamamd bin Idris Syafii kepada ahli bait Rasulullah SAW patut ditiru oleh umat Islam.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Ibadahnya Imam Ahmad: Sehari Sholat 300 Rakaat, Khatam Quran 2 Kali Sepekan
    Hikmah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 23:37 WIB
    Selain masa kecil yang terdidik oleh sang ibu, Ulama ahli Hadis pendiri Mazhab Hambali, Imam Ahmad bin Hanbal (Baghdad, 164-241 H) ternyata punya ibadah harian yang luar biasa.
  • Adab Makan yang Jarang Diperhatikan
    Muslimah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 10:36 WIB
    Banyak perkara-perkara kesehatan itu berkaitan dengan adab makan. Cara makan yang salah bisa berujung kepada datangnya penyakit, munculnya penyakit. Maka tidak boleh kita sepelekan masalah ini.
  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (1)
    Hikmah
    Senin, 13 Desember 2021 - 23:18 WIB
    Saat Imam Syafii hadir di majelis ilmu yang dipimpin Imam Malik, hal tak terduga terjadi. Imam Malik terkejut dengan keilmuan Imam Syafii yang kala itu masih muda.
  • Adab dan Doa saat Buang Hajat Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW
    Tips
    Rabu, 28 September 2022 - 10:46 WIB
    Islam sangat memperhatikan hal-hal sekecil apapun dalam menjalankan aktivitas harian, salah satunya tentang buang hajat. Bila mengabaikannya, maka akan berakibat buruk bagi diri sendiri, juga dapat mengganggu orang lain maupun lingkungan sekitar.
  • Sejarah Tarawih: Abu Bakar Jadikan Anak-Anak Imam, Ali bin Abi Thalib Adakan Audisi
    Dunia Islam
    Kamis, 07 April 2022 - 19:12 WIB
    Pada masa Khalifah Abu Bakar, anak-anak yang hafal al-Quran dijadikan imam pada sholat tarawih. Sedangkan pada saat Ali bin Abu Thalib, dilakukan audisi bagi para Qurra .
  • Menjenguk Orang Sakit, Adab Mulia yang Banyak  Keutamaan
    Muslimah
    Minggu, 08 November 2020 - 11:16 WIB
    Menjenguk orang sakit merupakan salah satu ibadah ghairu mahdhah yang dianjurkan bagi umat muslim, karena dalam aktivitas ini terdapat keutamaan yang agung, serta pahala yang sangat besar.
  • Jemaah Memisahkan Diri dari Imam Saat Sholat Berjamaah, Bolehkah?
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 21:20 WIB
    Memisahkan diri dari Imam saat sholat berjamaah dalam ilmu fiqih disebut Mufaraqah. Bolehkah seorang jemaah memisahkan diri dari Imam ketika sholat berjamaah?
  • Begini Adab Membaca Al-Quran dan Tingkatannya
    Tips
    Senin, 01 Mei 2023 - 13:11 WIB
    Adab membaca Al-Quran ini penting diketahui oleh setiap muslim, mengingat pahala besar dari membaca kitabullah tersebut.
  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (Bagian 2)
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 17:18 WIB
    Saat Imam Syafii (Abu Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafii) sedang duduk di depan Imam Malik bin Anas (wafat 279 H), datanglah salah seorang lelaki meminta pendapat.
  • Suka Humor dan Bercanda? Perhatikan Adab dan Etika Ini!
    Tips
    Kamis, 06 Juli 2023 - 15:24 WIB
    Banyak manusia menjadikan humor dan canda sebagai relaksasi untuk menghibur diri. Dan Islam memang tidak melarangnya, namun syariat mengajarkan adab dan etikanya sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW
  • 5 Imam Masjidil Haram yang Memiliki Suara Bacaan Al-Quran Merdu
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 September 2022 - 17:03 WIB
    Imam Masjidil Haram yang memiliki suara bacaan Al-Quran merdu semuanya adalah Qari dan Hafizh (penghafal Al-Quran). Kelima imam ini memiliki suara yang khas.
  • Adab Saat Menguap Lakukan dengan 3 Cara Ini
    Tips
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 08:50 WIB
    Menguap menurut KBBI adalah mengangakan mulut dengan mengeluarkan napas karena mengantuk. Menguap tidak dilarang dalam Islam namun dalam kesehariannya terdapat adab-adab yang harus diterapkan oleh umat muslim.
  • 6 Adab Berzikir yang Penting Diketahui Seorang Muslim
    Tips
    Senin, 05 September 2022 - 11:14 WIB
    Selayaknya ibadah lain, tentu ada adab yang harus kita penuhi ketika berzikir. Mengutip pendapat Sayyid Ustman Rahimahullah dalam kitabnya Maslakul Akhyr f al-Adiyyah wal Adzkr al-Wridah an Raslillah mencantumkan syarat dan adab dalam berdoa.
  • Sering Diremehkan Muslimah, Ini Adab Berbicara dengan Lawan Jenis
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 08:22 WIB
    Dalam Islam, berbicara antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram, sebenarnya tidak dilarang. Hanya syaratnya, pembicaraan yang dilakukan memenuhi ketentuan secara syara.
  • Imam Ibnul Qayyim : Salat sebagai Alat Uji dan Timbangan Iman Seseorang
    Tausyiah
    Rabu, 28 Februari 2024 - 10:22 WIB
    Sesungguhnya salat merupakan alat uji keadaan (seseorang) dan timbangan iman. Dengan itu, keimanan seorang hamba ditimbang. Keadaan, kedudukan dan tingkat kedekatannya kepada Allah subahanhu wa taala dan bagian baik terwujudkan.