Topik Terkait: Adab Menjaga Lisan (halaman 3)

  • Adab dan Amalan Menyambut Kelahiran Bayi
    Hikmah
    Selasa, 04 Februari 2020 - 15:06 WIB
    Kelahiran bayi merupakan karunia besar Allah Taala untuk para orangtua. Tak bisa dilukiskan betapa bahagianya ketika sang bayi lahir ke dunia. Berikut amalan menyambutnya.
  • Adab dan Waktu yang Tepat Kala Memberi Nasehat
    Muslimah
    Rabu, 23 Juni 2021 - 14:28 WIB
    Dalam pertemanan, saling mengingatkan dan menasehati yang baik sebenarnya sangat diperlukan. Namun, karena kurang mengetahui adab dan waktu yang tepat, seringkali nasehat yang diberikan kurang dapat diterima.
  • Joker dan Thaha Husien, Iktibar Menjaga Kekejaman Lisan
    Hikmah
    Senin, 21 Oktober 2019 - 18:45 WIB
    Joker sebagai tokoh antagonis fiktif dan Thaha Husien sebagai tokoh pemikir Islam liberal pernah mengalami masa lalu yang sama.
  • Adab Minum Air Putih Agar Berkah dan Berkhasiat
    Tips
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 21:03 WIB
    Air adalah salah satu karunia besar Allah untuk kelangsungan hidup manusia. Agar air yang kita minum menjadi berkah ada baiknya kita mengamalkan adab berikut.
  • Adab dan Tata Krama Berbicara Muslimah Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW
    Muslimah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 15:30 WIB
    Salah satu alat komunikasi yang sering kita gunakan adalah bahasa lisan. Dalam menggunakan bahasa lisan ini, tentu harus menggunakan bahasa yang baik, mudah dipahami dan dimengerti.
  • 10 Adab Bagi Wanita Saat keluar Rumah, Nomor 3 Langkah Kakinya Tidak Boleh Terdengar
    Muslimah
    Sabtu, 26 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Syariat tidak melarang wanita untuk keluar rumah apalagi berkiprah untuk masyarakat. Hanya saja, ada adab yang harus dipenuhi untuk melakukannya, mengingat wanita merupakan sumber fitnah bagi pria.
  • Tadabur Surat An-Nur Ayat 33 : Pentingnya Menjaga Kehormatan Sebelum Menikah
    Tausyiah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 11:37 WIB
    Jalan penting dan utama untuk orang-orang yang belum memiliki kemampuan untuk menikah adalah harus menjaga kehormatannya, di antaranya dengan menjaga pandangan mata, berpuasa, atau menyibukkan diri dengan aktifitas yang bermanfaat.
  • Buya Arrazy: Hari Ini Banyak Orang Terkena Virus Pikiran dan Lisan
    Tausyiah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:30 WIB
    Ulama muda asal Payakumbuh Buya Arrazy Hasyim mengatakan hari ini banyak orang terkena virus pikiran dan lisan. Beliau mengajak semua orang untuk menjaga hati dan lisan.
  • Adab Berdoa yang Jarang Diperhatikan
    Muslimah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 13:15 WIB
    Dalam berdoa, seorang muslim memiliki adab-adab tertentu di hadapan Allah Subhanahu wa taala. Allah memerintahkan kita untuk senantiasa beradab di depan-Nya.
  • Perkara Satu Ini Paling Banyak Membawa Dosa pada Hari Kiamat
    Tausyiah
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:39 WIB
    Perkara satu ini sering dianggap remeh, padahal bahayanya dapat mencelakakan seseorang di Hari Kiamat. Terlebih zaman sekarang manusia tidak lepas dari media sosial.
  • Menjaga Nikmat Hidayah
    Muslimah
    Kamis, 20 Mei 2021 - 09:11 WIB
    Kata hidayah, banyak sekali disebutkan dalam Al-Quran, baik dalam doa atau disandingkan dengan para Rasul yang dijadikan teladan dalam kehidupan terutama dalam mempertahankan nikmat hidayah ini.
  • Pentingnya Muslimah Menjaga Pandangan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 07 September 2022 - 12:07 WIB
    Tidak selalu perempuan belum menikah yang sulit menjaga pandangan, namun juga perempuan-perempuan sudah menikah, seperti dialami oleh Zhulaika terhadap Nabi Yusuf.
  • Adab Salat Jumat dan Waktu Berdoa yang Mustajab
    Tausiyah
    Jum'at, 18 Oktober 2019 - 05:35 WIB
    Jumat adalah penghulu semua hari (sayyidul ayyam) dan merupakan hari raya bagi orang-orang mukmin. Berikut adab-adab salat Jumat dan waktu berdoa yang mustajab.
  • Adab Seorang Muslim Ketika Sedang dalam Perjalanan
    Tips
    Rabu, 01 September 2021 - 06:22 WIB
    Safar atau melakukan perjalanan merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan oleh mmamsyarakat. Dan sebagai seorang muslim, ketika bersafar ada adab-adab yang harus diperhatikan.
  • Orang Beriman Tak Mungkin Lisannya Melaknat dan Berkata Kotor
    Tausyiah
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 21:17 WIB
    Dai yang dikenal sebagai pakar sejarah Islam Ustaz Budi Ashari dalam satu tausiyahnya mengatakan bahwa lisan adalah cerminan iman.
  • Ngerinya Bahaya Tidak Menjaga Lisan, Bisa Menyeret Manusia ke Neraka
    Tausyiah
    Senin, 29 Mei 2023 - 13:15 WIB
    Islam mengajarkan pentingnya menjaga lisan, karena menjaga lisan adalah sebab diampuninya dosa-dosa dan sekaligus akan memperbaiki amal .
  • Menjaga Lisan dari 8 Perkara yang Menjerumuskan dalam Dosa Besar
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 10:06 WIB
    Dalam Islam, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan umatnya untuk bisa menjaga lisan (ucapan). Karena dengan lisanlah surga dan neraka seseorang ditentukan.
  • Adab Berdoa dalam Salat yang Perlu Dipahami
    Tips
    Minggu, 10 September 2023 - 09:15 WIB
    Adab berdoa dalam salat terutama ketika sujud banyak yang belum memahami. Padahal adab-adab ini penting diketahui agar doa yang kita panjatnya diterima Allah subhanhu wa Taala, termasuk adab doa ketika atau salat dilakukan seperti saat bersujud.
  • 6 Adab Berzikir yang Penting Diketahui Seorang Muslim
    Tips
    Senin, 05 September 2022 - 11:14 WIB
    Selayaknya ibadah lain, tentu ada adab yang harus kita penuhi ketika berzikir. Mengutip pendapat Sayyid Ustman Rahimahullah dalam kitabnya Maslakul Akhyr f al-Adiyyah wal Adzkr al-Wridah an Raslillah mencantumkan syarat dan adab dalam berdoa.
  • Adab-adab Sebelum Tidur yang Penting Diketahui
    Tips
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 20:20 WIB
    Agar tidur bernilai ibadah dan diberkahi Allah, hendaknya memperhatikan adab-adabnya. Tidur bukan hanya merebahkan tubuh di atas kasur semata, tetapi ada rahasia yang terkandung di dalamnya.