Topik Terkait: Adzan Di Kuburan (halaman 2)

  • Bau Busuk dan Angkernya Kuburan Abu Lahab, Paman Sekaligus Musuh Nabi SAW
    Hikmah
    Senin, 01 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Paman Nabi ini mati secara mengenaskan. Sebelum mati, ia menderita sakit parah yang menebarkan aroma busuk sehingga tak ada yang sudi mendekatinya. Bagaimana kondisi kuburannya kini?
  • Muslim Jerman: Jumlah Umat Islam Bertambah, tapi Sedikit Pemakaman
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 09:05 WIB
    Lebih dari 5 juta dari 83 juta penduduk Jerman adalah Muslim, dan jumlahnya terus bertambah. Mereka tinggal dan akan meninggal di sini. Hanya saja, sedikit pemakaman yang tersedia.
  • Setan Lari Saat Adzan, Tapi Kembali Menggoda Manusia Ketika Salat
    Tausyiah
    Kamis, 05 November 2020 - 22:32 WIB
    Iblis dan balatentaranya adalah musuh yang nyata bagi manusia. Mereka tidak akan berhenti menggoda manusia hingga hari kiamat datang.
  • Waktu Berdiri Ketika Iqamah Dikumandangkan Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Rabu, 15 Februari 2023 - 16:40 WIB
    Iqamah (Iqamat) adalah panggilan atau seruan segera berdiri untuk mengerjakan sholat berjamaah. Pertanyaannya, kapan waktu berdiri ketika iqamah dikumandangkan?
  • Imam Syafii Tak Pernah Menyatakan Baca Al-Quran di Kuburan Itu Bidah
    Tausyiah
    Senin, 27 September 2021 - 18:13 WIB
    Masih ada saja yang nyinyir ketika membahas boleh tidaknya membaca Al-Quran di kuburan. Ustaz Hanif Luthfi Lc MA meluruskan hukum baca Al-Quran dan kirim Al-Fatihah ini.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Kuburan Busuk Abu Lahab: Begini Bengisnya Keluarga Si Gendut Ini kepada Nabi SAW
    Hikmah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Abu Lahab dan istrinya, Ummu Jamil, berang. Mereka meminta kedua putranya agar menceraikan putri-putri Rasulullah SAW. Haram jika kalian berdua tidak menceraikan kedua putri Muhammad!
  • Jangan Gagal Paham! Ini Hukum Membaca Al-Quran di Kuburan
    Tausyiah
    Jum'at, 20 November 2020 - 09:25 WIB
    Al-Quran adalah hudal lin-naas, petunjuk bagi semua manusia. Pertanyaannya, bagaimana hukum membaca Al-Quran di kuburan?
  • Perbedaan Adzan dan Iqamah dalam Mazhab Syafii
    Tips
    Kamis, 03 November 2022 - 21:12 WIB
    Perbedaan antara adzan dan iqamah pastinya telah banyak diketahui umat Islam. Namun dalam Mazhab Syafii terdapat beberapa perbedaan mendasar terkait dua panggilan ibadah ini.
  • Lagi Makan Sahur Terdengar Adzan, Berhenti Makan Atau Diteruskan?
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 03:00 WIB
    Di antara kaum muslimin mungkin pernah punya pengalaman ketika makan sahur tiba-tiba terdengar Adzan. Pertanyaannya, makanan yang di piring dihabiskan atau berhenti makan dan minum?
  • Rabi bin Sulaiman, Murid Imam Syafii Bersuara Merdu Ketika Adzan
    Hikmah
    Jum'at, 09 Oktober 2020 - 07:15 WIB
    Imam Ar-Rabi bin Sulaiman merupakan salah satu ulama besar mazhab Syafii. Nama lengkap beliau adalah ar-Rabi bin Sulaiman bin Abdul Jabbar bin Kamil al-Muradi.
  • Terbanyak di Eropa, Begini Sejarah Masuknya Islam di Rusia
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 22:10 WIB
    Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Islam di Rusia adalah agama kedua terbesar setelah Kristen. Populasi muslim di Rusia merupakan yang terbanyak di Eropa.
  • Doa antara Azan dan Iqamah
    Tips
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:12 WIB
    Doa antara azan dan iqamah bisa merujuk pada kitab Rislatul Muwanah wal Mudhharah wal Muwzarah karya Sayyid Abdullah bin Alawi al-Haddad sebagai berikut:
  • Pertanda Kiamat Terjadi, Kumandang Azan Sudah Tak Lagi Terdengar?
    Tausyiah
    Senin, 28 Februari 2022 - 15:14 WIB
    Pertanda kiamat itu banyak. Salah satunya kiamat akan terjadi jika sudah tak ada lagi seorang pun yang mengucapkan lafadz Allah atau kalimat tauhid La ilaha ilallah.
  • Dahsyatnya Sedekah di Hari Jumat
    Muslimah
    Jum'at, 26 Maret 2021 - 07:16 WIB
    Keistimewaan hari Jumat bagi umat muslim sangat luar biasa. Selain melaksanakan ibadah wajib seperti sholat jumat, ada banyak amalan sunnah di hari Jumat yang memiliki keutamaan dan pahala yang dilipatgandakan, salah satunya adalah sedekah.
  • Mualaf Jerman Wilfred Hoffman Bicara tentang Bagaimana Menghadapi Maut
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 November 2022 - 16:37 WIB
    Seorang mualaf asal Jerman, Murad Wilfred Hoffman berbicara tentang maut, surga, dan neraka. Ia menggoreskan catatan harian tatkala usai berziarah di Turki.
  • Bercadar Tapi Pamer di Medsos, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 12:49 WIB
    Media jejaring sosial sudah menembus batas apa saja. Bahkan, banyak kaum muslimah saat ini juga menjadikan medsos sebagai alat untuk memamerkan eksistensinya.
  • Kekuasaan Daulah Andalusia di Spanyol dan Keruntuhannya
    Dunia Islam
    Kamis, 23 Februari 2023 - 05:10 WIB
    Daulah Islam Andalusia pernah eksis di Spanyol dan peninggalannya masih ada hingga saat ini. Berikut ringkasan kekuasaan Daulah Andalusia di Spanyol hingga keruntuhannya.
  • Doa setelah Iqamah Menurut Sayyid Abdullah bin Alawi al-Haddad
    Tips
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:14 WIB
    Sayyid Abdullah bin Alawi al-Haddad dalam kitabnya berjudul Rislatul Muwanah wal Mudhharah wal Muwzarah mengajarkan dia setelah iqamah sebagai berikut:
  • Memperbanyak Istighfar di Waktu Sahur, Sayang Kalau Dilewatkan
    Muslimah
    Senin, 19 April 2021 - 17:15 WIB
    Di waktu sahur di bulan Ramadhan ini memiliki banyak sekali keutamaannya. Salah satunya adalah memperbanyak istighfar. Sayangnya, amalan satu ini sering terabaikan.
  • Jadilah 1 di Antara 7 Golongan yang Dinaungi Allah pada Hari Kiamat
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 17:44 WIB
    Rasulullah SAW mengabarkan ada 7 golongan manusia yang akan dinaungi Allah pada Hari Kiamat. Jadilah satu di antara 7 golongan yang beruntung itu.