Topik Terkait: Akta Kematian (halaman 7)

  • Menderita Sakit Parah,...
    Tausyiah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Ada sebagian manusia yang mengharapkan hadirnya kematian. Misalnya orang yang tengah sakit parah, lantaran sakitnya itu ia meminta segera mati. Bolehkah permintaan yang demikian itu?
  • Lembah Kematian: Kisah...
    Hikmah
    Kamis, 24 September 2020 - 06:16 WIB
    Seorang Sufi tengah berjalan-jalan dengan malas ketika ia dipukul dari belakang. Ia pun menoleh dan berkata, Orang yang kau pukul ini sudah mati lebih dari tiga puluh tahun.
  • Benih-Benih Cinta Itu...
    Tausiyah
    Minggu, 05 April 2020 - 14:29 WIB
    Seiring menjalarnya wabah yang kian menunjukkan belum ada tanda-tanda penurunan, kini semilir cinta mulai tumbuh bersemi dalam sanubari anak manusia.
  • Ujian di Alam Kubur,...
    Hikmah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 13:45 WIB
    Apabila seseorang selamat di alam kubur maka setelahnya akan lebih mudah bagi dia. Nabi shallallahu alaihi wasallam mengingatkan manusia tentang fitnah kubur.
  • Ini Doa Raja Bani Israil...
    Hikmah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Tatkala Uzia sakit parah dan mendekati ajal, Allah menyampaikan kepada Nabi Yesaya tentang kematian Uzia yang sudah dekat. Namun Allah kemudian menunda kematian itu berkat doa-doa Uzia.
  • Wabah Corona, Gus Baha:...
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 10:49 WIB
    KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, mengingatkan agar umat Islam tidak gelisah dan takut yang berlebihan dalam menghadapi wabah virus corona.
  • Ketika Mendengar Kematian,...
    Muslimah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 15:10 WIB
    Sebagai muslim, kita diharuskan mendoakan orang yang meninggal karena mendoakan orang yang meninggal termasuk dalam hak muslim atas muslim lainnya. Doa apa saja yang harus kita panjatkan?
  • Islam Menolak Ajaran...
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:39 WIB
    Beberapa Agama mengajarkan bahwa roh manusia setelah mati akan menempati seorang anak yang baru dilahirkan atau akan menempati badan dari beberapa binatang.
  • Amalan yang Bisa Mengingatkan...
    Tips
    Selasa, 15 November 2022 - 09:54 WIB
    Mengingat mati atau kematian termasuk salah satu akhlak terpuji dan perilaku mulia. Bagaimana tidak, mengingat kematian bukan sekadar ingat dan tidak lupa, namun lebih dari itu mengingat kematian berarti mempersiapkan bekal sebelum ajal datang.
  • 4 Nabi yang Masih Hidup...
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Dari 120 ribu lebih jumlah Nabi, ada empat Nabi yang disebut masih hidup hingga hari ini. Maksud hidup di sini adalah belum pernah merasakan atau bertemu kematian.
  • Ketika Rasulullah Ditanya...
    Tausyiah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 16:54 WIB
    Ustaz Dokter Zaidul Akbar mengingatkan sebuah episode kehidupan yang memberi banyak pelajaran kepada kita semua, mulai dari bagaimana kematian akan menghampiri manusia di manapun.
  • Gus Baha Bercerita Tentang...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Agustus 2021 - 20:51 WIB
    KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) bercerita tentang hakikat kematian dan wabah Corona. Dalam tausiyahnya, beliau menerangkan salah satu kalam hikmah Sayyidina Ali.
  • Begini Pengaruh Mengingat...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 15:23 WIB
    Mengingat maut sungguh berpengaruh besar dalam memperbaiki jiwa, sebab jiwa lebih mengutamakan dunia dan kelezatannya, serta berhasrat untuk kekal selama-lamanya di dunia.
  • 9 Realita Kematian yang...
    Tausyiah
    Minggu, 23 Januari 2022 - 08:48 WIB
    Salah satu keniscayaan hidup yang tak terhindarkan adalah kenyataan bahwa segala sesuatu yang masuk dalam ruang lingkup makhluk (ciptaan) pasti berakhir.
  • Ke Mana Roh Hewan yang...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juli 2024 - 10:05 WIB
    Setiap makhluk hidup pasti akan mengalami kematian, tak terkecuali hewan. Lantas, kemanakah roh hewan yang mengalami kematian ini? Samakah kehidupan kematiannya seperti manusia?
  • Malaikat Maut Berdiri...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 12:44 WIB
    Malaikat maut senantiasa melakukan ronda keliling dari rumah ke rumah dan setiap rumah dikunjungi 7 kali sehari. Sang malaikat mendatangi rumah itu untuk melihat apakah terdapat orang yang mesti dicabut nyawanya,
  • 3 Pesan Habib Quraisy...
    Tausyiah
    Sabtu, 03 April 2021 - 16:58 WIB
    Pengasuh Ponpes ASh-Shidqu Kuningan Jawa Barat Al-Habib Quraisy Baharun menyampaikan nasihat tentang kematian. Pesan ini disampaikannya untuk mengenang kepergian Al-Habib Abdillah Bin Gasim Baharun.
  • Peristiwa Penting di...
    Hikmah
    Sabtu, 02 Desember 2023 - 06:14 WIB
    Peristiswa-peristiwa penting yang terjadi di Padang Mahsyar, penting diketahui umat Islam. Karena sebagai Padang Mahsyar (????) adalah salah satu perkara ghaib yang wajib diimani setiap muslim.
  • Manfaat dan Faedah Mengingat...
    Muslimah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 21:01 WIB
    Sejatinya mati atau kematian adalah persinggahan pertama manusia di alam akhirat. Setiap makhluk yang hidup di dunia pasti akan menjumpai kematian ini.
  • Doa agar Wafat Husnul...
    Tips
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 17:08 WIB
    Meninggal dalam keadaan baik atau penutup yang baik itulah yang dinamakan husnul khatimah. Sebaliknya, meninggal dalam keadaan keburukan dikatakan sebagai Suul Khatimah