Topik Terkait: Akta Kematian (halaman 5)

  • Doa Memohon Kematian...
    Tips
    Jum'at, 05 November 2021 - 15:57 WIB
    Kematian adalah hal yang pasti dan tak ada manusia yang tahu kapan ajalnya tiba, namun semua orang pasti mendambakan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik).
  • Mengapa Kita Benci Kematian?...
    Hikmah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 10:00 WIB
    Salamag bin Dinar mengatakan kita telah memakmurkan dunia kita dan menghancurkan akhirat kita, sehingga kita benci untuk keluar dari kemakmuran menuju kehancuran,.
  • Perjalanan Roh Manusia...
    Hikmah
    Senin, 03 Juli 2023 - 08:47 WIB
    Perjalanan roh manusia setelah meninggal perlu diketahui agar menjadi ibrah bagi umat muslim. Pertanyaannnya, ke manakah roh manusia setelah meninggal? Berikut ulasannya.
  • Tanda-tanda Kematian...
    Tips
    Minggu, 11 Juli 2021 - 11:00 WIB
    Kematian adalah sesuatu yang pasti datang kepada semua makhluk yang bernyawa. Namun kapan ajal atau kematian itu menjemputnya? Tidak ada satupun makhluk hidup yang mengetahui rahasia ajal, tetapi ada tanda-tandanya.
  • Beda Arti, Mana yang...
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 09:54 WIB
    Ternyata beda arti, mana yang benar tulisan husnul khatimah atau tulisan khusnul khatimah? Pertanyaan ini sering muncul dan penting diketahui umat muslim agar tidak salah dalam penggunaan kalimatnya.
  • Amalan Tidur Sehat Jasmani...
    Tips
    Rabu, 20 September 2023 - 19:30 WIB
    Ada amalan sebelum tidur berdasarkan sunnah Nabi Shalallahu alaihi wa sallam yang jika diamalkan dengan rutin maka ruang gerak dosa akan dipersempit, dan sudah pasti akan menambah pahala.
  • Inilah Penyakit Paling...
    Hikmah
    Minggu, 05 April 2020 - 05:15 WIB
    Ketika virus Corona menjadi pandemik global, banyak manusia panik dan ketakutan berlebihan. Padahal, ada satu penyakit paling membahayakan dan menjangkiti banyak orang.
  • Kisah Perang Hunain...
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 12:17 WIB
    Kisah perang Hunain : sejarah, strategi, dan pelajaran untuk kaum muslimin menjadi kisah sejarah perang yang sangat heroik yang kisahnya diabadikan dalam Al-Quran.
  • Para Ulama Apabila Hendak...
    Tausyiah
    Selasa, 22 September 2020 - 16:58 WIB
    Dulu, para ulama setiap kali menjelang tidur, badan mereka gemetar, jantung berdegup kencang, keringat dingin membasahi tubuh mereka. Apa sebab?
  • Bagaimana Hukum Meluapkan...
    Muslimah
    Selasa, 14 Maret 2023 - 12:31 WIB
    Bagaimana sebenarnya perasaan rindu dan luapan cinta pada seseorang yang sudah meninggal ini dalam pandangan syariat? Berdosakah atau malah termasuk syirik kecil?
  • Kenangan Pilu Nour Elassy...
    Dunia Islam
    Rabu, 21 Agustus 2024 - 05:15 WIB
    Saat ini, saya merasa siap menerima takdir saya. Saya selalu ingat untuk memberi tahu keluarga saya bahwa saya mencintai mereka terutama ibu saya.
  • Cara Mengingat Kematian...
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 13:38 WIB
    Mengingat kematian adalah anjuran penting yang sangat ditekankan oleh Rasulullah Shallalahu Alaihi wa Salam. Ada banyak hadis yang mengingatkan agar umat Islam selalu mengingat kematian.
  • Imam Al-Qurthubi : Mengingat...
    Tips
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 07:15 WIB
    Di masa pandemi Covid-19 ini, kabar tentang kematian hampir tiap hari kita dengar. Ada rasa takut dan gelisah mendengarnya, karena kematian bisa saja datang mendadak pada diri kita.
  • Ucapan Para Khalifah...
    Hikmah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Kematian (ajal) adalah sesuatu yang pasti. Berikut ucapan para khalifah dan orang-orang saleh terdahulu ketika menjelang ajalnya yang bersumber dari karya Imam Al-Ghazali.
  • Orang yang Meninggal...
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 15:31 WIB
    Mendoakan orang yang sudah meninggal merupakan kewajiban bagi muslim yang masih hidup, apalagi yang meninggal itu adalah orang tua atau suadara kita. Berikut doanya.
  • Bagaimana Nasib Bayi...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Bagaimana nasib bayi dan anak kecil yang belum baligh setelah meninggal dunia atau di akhirat? Benarkah mereka bisa memberi syafaat?
  • Benarkah Gagak adalah...
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 14:23 WIB
    Burung gagak khususnya gagak hitam sering kali dianggap mistis karena selalu dikaitkan dengan perihal kematian. Benarkah demikian? Bagaimana Islam memandang mitos burung gagak ini?
  • Alam Barzakh: Ruh Para...
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Rasulullah sawa bersabda bahwa arwah para syuhada ditempatkan di dalam rongga burung (berwarna) hijau dengan pelita-pelita yang tergantung di Arsy.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 06:55 WIB
    Seperti yang sudah sering saya renungkan ketika berada di darat, dalam peristiwa biasa sehari-hari, pemisah antara kita dan maut bahkan lebih rapuh lagi.
  • Mualaf Jerman Wilfred...
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 November 2022 - 16:37 WIB
    Seorang mualaf asal Jerman, Murad Wilfred Hoffman berbicara tentang maut, surga, dan neraka. Ia menggoreskan catatan harian tatkala usai berziarah di Turki.