Topik Terkait: Al Jannah (halaman 27)

  • Tafsir Basmalah Menurut...
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 10:06 WIB
    Bagi umat Islam membaca basmalah sudah menjadi kebiasaan sebelum memulai aktivitas. Dalam Al-Quran hanya surah at-Taubah yang tanpa diawali dengan bacaan Basmalah.
  • Tradisi Memberi Sesajen...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 18:13 WIB
    Berbagai upaya telah dilakukan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (1710-1812 M) demi menjaga ketauhidan orang Islam Banjar dari segala hal yang membawa kemusyrikan.
  • Tadabbur Al-Baqarah...
    Tausyiah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 23:16 WIB
    Tadabbur ayat kali ini menarik untuk diulas karena berkaitan dengan perkara riba dan sedekah. Dua perkara yang mengandung makna berbeda sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al-Baqarah.
  • Bolehkah Perempuan Haid...
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 18:50 WIB
    Sebagai seorang muslim, tentu menjaga kesucian saat aktivitas pengajar juga sangat dianjurkan. Bagi pengajar kaum laki-laki anjuran ini bukanlah persoalan, namun bagaimana dengan pengajar perempuan saat sedang mengalami menstruasi atau haid ?
  • 3 Tingkatan Kaum Mukmin...
    Tausyiah
    Senin, 06 Desember 2021 - 17:01 WIB
    Dalam satu ayat Al-Quran disebutkan bahwa umat Nabi Muhammad yang mewarisi Kitabullah terdiri dari tiga tingkatan. Siapa saja mereka? Berikut penjelasannya.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Hukum Bacaan Tajwid...
    Tips
    Rabu, 07 Juni 2023 - 17:42 WIB
    Terdapat sejumlah hukum bacaan tajwid di surat Al Kautsar ayat 1 sampai 3 yang perlu diperhatikan umat muslim ketika membaca ayat suci Al Quran.
  • Tadabbur Al-Baqarah...
    Hikmah
    Rabu, 27 September 2023 - 21:31 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang kebenaran Kitab Al-Quran dalam Surat Al-Baqarah ayat 2. Allah menegaskan bahwa Al-Quran merupakan kitab sempurna dan tidak ada keraguan padanya.
  • Waktu yang Diharamkan...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Agustus 2024 - 10:11 WIB
    Apabila ada keperluan dan kepentingan yang membolehkan talak, tidak berarti seorang muslim diperkenankan untuk segera menjatuhkan talaknya kapan pun ia suka, tetapi harus dipilihnya waktu yang tepat.
  • Firaun (Ramses II) Dalam...
    Tausyiah
    Senin, 02 Agustus 2021 - 14:21 WIB
    Firaun (Ramses II) dalam Al-Quran digambarkan sebagai seorang hamba yang angkuh dan sombong. Firaun adalah gelar bagi sang penguasa tirani dari rezim tunggal yang pernah berkuasa di Mesir.
  • 12 Hukum Bacaan Tajwid...
    Tips
    Minggu, 27 November 2022 - 23:46 WIB
    Hukum bacaan tajwid dalam Al-Quran sangat penting diketahui kaum muslimin. Berikut 12 hukum Bacaan Tajwid dalam Al-Quran beserta contohnya. Semoga bermanfaat.
  • Seorang Muslim Harus...
    Hikmah
    Minggu, 16 April 2023 - 05:15 WIB
    Ramadan merupakan bulan ampunan, karenanya umat muslim juga harus saling memaafkan untuk mendapat ampunan Allah Subhanahu wa taala.
  • Kekeliruan Ahli Kitab...
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 23:21 WIB
    Al-Quran mengabadikan keyakinan keliru Ahli Kitab Yahudi dan Nasrani tentang ilmu Tauhid. Berikut ucapan yang keluar dari mulut mereka.
  • Kisah Guru Imam Junaid...
    Hikmah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 08:35 WIB
    Dikisahkan, seorang wali besar sekaligus guru Imam Junaid Al-Baghdadi (220-298 Hijriyah) yang bermukim di Baghdad. Beliau adalah Syaikh Imam Abu Ishaq Annuri rahimahullah.
  • Mengenal Sosok Al Jassasah,...
    Hikmah
    Senin, 01 Mei 2023 - 11:08 WIB
    Mengenal sosok Al Jassasah, hewan misterius pengawal Dajjal, dianggap perlu karena kemunculan hewan ini banyak dihubungan dengan tanda-tanda hari kiamat.
  • Ayat Tentang Utang Piutang...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 11:23 WIB
    Ayat tentang utang piutang di Surat Al-Baqarah, tepatnya pada ayat 282-283, menjadi pedoman bagi kita untuk urusan tersebut. Apa saja yang diatur soal utang piutang dalam Islam?
  • Jangan Gagal Paham!...
    Tausyiah
    Jum'at, 20 November 2020 - 09:25 WIB
    Al-Quran adalah hudal lin-naas, petunjuk bagi semua manusia. Pertanyaannya, bagaimana hukum membaca Al-Quran di kuburan?
  • Arti Kekhalifahan di...
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 05:30 WIB
    Hubungan ini, walaupun tidak disebutkan secara tersurat dalam ayat di atas, tersirat karena penunjukan sebagai khalifah tidak akan ada artinya jika tidak disertai dengan penugasan atau istikhlaf.
  • Berikut Ini Khasiat...
    Hikmah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 16:05 WIB
    Khusus keistimewaan surat Al-Qiyamah, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, membaca surah ini dapat menguatkan hati, dan meminum airnya menguatkan yang lemah.
  • Lirik Sholawat Al-Hijrotu,...
    Tips
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 21:01 WIB
    Lirik Sholawat Al-Hijrotu lengkap dengan Bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia dapat disimak dalam artikel ini. Berikut liriknya.
  • 5 Surat Pendek Al Quran...
    Tips
    Kamis, 11 Juli 2024 - 12:20 WIB
    Ada beberapa surat pendek dalam Al-Quran yang dapat dijadikan doa untuk menangkal sihir, terhindari dari penyakit ain dan juga terhindar dari binatang berbisa. Surat apa saja?