Topik Terkait: Al Jazeera (halaman 100)

  • Asbabun Nuzul Surat...
    Tausyiah
    Rabu, 09 November 2022 - 17:38 WIB
    Asbabun nuzul atau sebab turunnya surat Al Waqiah secara lengkap terbagi menjadi beberapa peristiwa, terutama terkait ayat-ayat yang diturunkannya secara berbeda.
  • Begini Kesamaan Pemujaan...
    Dunia Islam
    Rabu, 13 September 2023 - 18:29 WIB
    Perawan Maria memiliki tempat yang unik dan mulia dalam Islam sebuah kesamaan yang terabaikan dan terkadang disederhanakan antara Islam dan Kristen, khususnya Katolik.
  • 20 Fakta Menarik tentang...
    Hikmah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 10:18 WIB
    Al Quran adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW yang berlaku sepanjang zaman yang di dalamnya terdapat pedoman hidup, hukum, ilmu pengetahuan hingga sejarah.
  • Konspirasi Yahudi Internasional,...
    Dunia Islam
    Selasa, 28 November 2023 - 09:41 WIB
    Konspirasi memperdaya kaum muda di berbagai tempat, dan merusak mereka secara sistematis dengan menyebarluaskan dekadensi moral dan paham yang menyesatkan, serta memerangi ajaran agama.
  • Yuk, Mengenal Berbagai...
    Hikmah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:01 WIB
    Ada banyak keutamaan dan khasiat yang dimiliki surat At-Taubah. Di antaranya terletak pada dua ayat terakhirnya. Sesuai namanya, At-Taubah memiliki makna Pengampunan.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Jangan Asal Bicara Tentang...
    Dunia Islam
    Sabtu, 11 November 2023 - 19:09 WIB
    Ulama asal Mesir yang kini bermukim di Indonesia, Syaikh Ahmad Al-Misry mengkritik sejumlah tokoh dan Dai di Tanah Air yang asal bicara tentang Palestina.
  • Piagam Madinah: Dokumen...
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Agustus 2022 - 16:58 WIB
    Piagam Madinah dibuat setelah kaum Yahudi mengeluh atas terbunuhnya Kaab bin al-Asyraf. Rasulullah mengajak mereka menuliskan kesepakatan yang harus dipatuhi bersama-sama dan mereka setuju.
  • Sifat dan Sikap Ahlul...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Mei 2021 - 13:40 WIB
    Al-Quran banyak berbicara tentang sifat dan sikap Ahl Al-Kitab terhadap kaum Muslim, dan berbicara tentang keyakinan dan sekte mereka yang beraneka ragam.
  • Penafsiran Ilmiah Al-Quran...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 16:55 WIB
    Sejumlah ulama berusaha untuk membuktikan kemukjizatan Al-Quran, atau kebenaran-kebenarannya sebagai wahyu Ilahi melalui penafsiran, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan
  • 4 Ayat Al-Quran untuk...
    Tips
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:49 WIB
    Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa setan akan menggoda manusia dari empat arah yakni depan, belakang, kanan dan kiri. Hal tersebut salah satunya tercantum dalam firman Allah dalam Surat Al Araf ayat 16-17
  • Siapakah Orang yang...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 April 2023 - 05:10 WIB
    Siapakah orang yang salat tapi dihukumi celaka? Ini merupakan peringatan bagi yang lalai dalam salatnya. Berikut keterangan Al-Quran terkait orang yang celaka meskipun salat.
  • Hukum Musik dan Nyanyian,...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Mei 2024 - 14:17 WIB
    Begitupun nyanyian-nyanyian yang seronok serta memuji-muji kecantikan dan kegagahan seseorang, merupakan nyanyian yang bertentangan dengan adab-adab Islam sebagaimana diserukan oleh Kitab Sucinya:
  • Yahudi Ezkinaz, Dalang...
    Dunia Islam
    Rabu, 08 November 2023 - 19:00 WIB
    Mereka berhasil mendirikan beberapa sekte sesat di tengah masyarakat Muslim dan beberapa gerakan sesat bawah tanah, yang bertujuan melemahkan kekuatan umat Islam.
  • Masjid Kubah Emas Sering...
    Dunia Islam
    Senin, 17 Mei 2021 - 08:48 WIB
    Saat ini ini semua mata tertuju ke Masjid Al-Aqsha menyusul meningkatnya agresi Israel ke Palestina. Banyak yang mengira Masjid berkubah emas itu adalah Masjidil Al-Aqsha.
  • Nasehat Syaikh Abdul...
    Tausyiah
    Jum'at, 20 November 2020 - 05:00 WIB
    Jangan berkata bahwa Allah telah membuatmu miskin. Menjauhkan dunia darimu. Telah menjatuhkanmu. Telah menjadi musuhmu. Telah membuatmu kacau. Tak mengukuhkan jiwamu. Telah menghinakanmu.
  • Ini Mengapa Mengingkari...
    Tausyiah
    Sabtu, 01 April 2023 - 17:15 WIB
    Mengingkari suatu teori ilmiah berdasarkan ayat-ayat Al-Quran sangat berbahaya, karena ekses yang ditimbulkannya tidak kurang bahayanya dengan apa yang timbul di Eropa ketika gereja mengingkari teori bulatnya bumi.
  • Surat Al-Baqarah Ayat...
    Hikmah
    Jum'at, 13 Agustus 2021 - 15:07 WIB
    Abdullah bin Jahsy dan para sahabatnya bersedih hati karena telah bertindak di luar perintah. Lebih-lebih, setelah semua sahabat Rasulullah menyesalkan tindakannya itu
  • 10 Syarat Sah Bacaan...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Februari 2021 - 17:00 WIB
    Kewajiban membaca Surat Al-Fatihah di dalam shalat didasarkan pada hadis Rasulullah ??? ???? ???? ???? yang diriwayatkan Imam Muslim sebagai berikut.
  • Kisah OKI Gagal Cegah...
    Dunia Islam
    Rabu, 01 November 2023 - 09:35 WIB
    Kelemahan negara-negara Islam, kerancuan loyalitas dan ideologinya serta tidak diadopsinya kerja yang sungguh-sungguh sebelumnya, telah menjadikan OKI sebagai lembaga yang hampir tidak memiliki tujuan.
  • Amalan Syeikh Abu Bakar...
    Hikmah
    Rabu, 06 November 2019 - 15:15 WIB
    Dalam Kitab Nashoihul Ibad karya Syeikh Nawawi Al-Bantani diceritakan kisah seorang ulama sufi yang membuat bangga Rasulullah SAW karena amalan dzikir dan wiridnya.