Topik Terkait: Al Jazeera (halaman 154)

  • Kisah Shalahuddin Al...
    Hikmah
    Kamis, 18 Juli 2024 - 14:17 WIB
    Pada tahun 583 H Shalahuddin Al Ayyubi mengajak Moshul, al-Jazirah, Irbil dan negeri-negeri dunia Islam belahan Timur, serta Mesir dan seluruh Syam untuk ikut serta dalam jihad.
  • Inilah Peran Imam Madzhab...
    Tausiyah
    Senin, 16 September 2019 - 09:32 WIB
    Menjajaki serta mendalami asal-usul hukum syariat itu tidak semudah membaca buku-buku fiqh terjemahan atau semudah browsing artikel di internet.
  • Inilah Kenikmatan Penyebab...
    Muslimah
    Selasa, 08 Maret 2022 - 19:12 WIB
    Ada banyak penyebab penyakit sombong, salah satunya karena adanya kenikmatan-kenikmatan. Kenapa kenikmatan? Karena kenikmatan yang dirasakan oleh seseorang itu justru merusak hatinya.
  • Kisah Nabi Adam dan...
    Hikmah
    Minggu, 03 November 2019 - 05:35 WIB
    Setelah menciptakan Nabi Adam alaihissalam, kemudian Allah Taala menciptakan Hawa dari tulang rusuk Nabi Adam AS agar menjadi istri dan ibu dari anaknya.
  • Ali bin Abdullah bin...
    Hikmah
    Selasa, 08 Februari 2022 - 17:15 WIB
    Lantaran dikenal memperbanyak ibadah dan sholat, Ali bin Abdullah bin Al-Abbas mendapat julukan As Sajjad atau yang banyak bersujud. Beliau adalah kakek para khalifah Bani Abbasiyah.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Hikmah Diharamkannya...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 16:46 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan diharamkannya emas dan sutera bagi laki-laki bisa diterjemahkan bahwa Islam bermaksud kepada suatu tujuan pendidikan moral yang tinggi.
  • Ketika Hasan al-Basri...
    Hikmah
    Sabtu, 02 Oktober 2021 - 09:10 WIB
    Suatu ketika dua sufi besar Hasan al-Basri dan Rabiah al-Adawiyah bertemu. Keduanya sempat pamer kesaktian (karamah). Dua-duanya mengagumkan. Farid al-Din Attar menceritakan soal itu.
  • Kisah Al-Fatih sang...
    Dunia Islam
    Senin, 20 Februari 2023 - 14:16 WIB
    Sultan Muhammad Al-Fatih atau Mehmed Sang Penakluk dikenal sebagai pemimpin yang senantiasa menegakkan keadilan. Beliau sangat memperhatikan terpeliharanya keadilan di seluruh Utsmani.
  • Kisah Harun Al-Rasyid...
    Hikmah
    Senin, 07 Oktober 2024 - 17:52 WIB
    Gambar kemegahan kota Baghdad dapat dilihat ketika khalifah Harun menerima duta Raja Konstantin VII untuk membicarakan soal tawaran-tawaran perang.
  • Surat Al-Mulk Ayat 17:...
    Tausyiah
    Minggu, 04 Desember 2022 - 23:09 WIB
    Surat Al-Mulk tergolong istimewa karena di dalamnya Allah berkali-kali menegaskan kekuasaan-Nya dan peringatan bagi orang-orang durhaka. Berikut lanjutan firman-Nya:
  • Kisah Sufi Wanita Rabiah...
    Hikmah
    Selasa, 20 April 2021 - 17:18 WIB
    Rabiah Al-Adawiyah bernama lengkap Rabiah binti Ismail Al-Adawiyah. Tokoh sufi wanita yang dijuluki Syahidatul Isyqil Ilahi (wanita yang syahid oleh kerinduan ilahi) ini lahir dan wafat di Basrah.
  • Ahli Kitab pada Masa...
    Tausyiah
    Senin, 09 September 2024 - 12:22 WIB
    Masyarakat Madinah terdiri dari dua kelompok besar, yaitu Aus dan Khazraj, serta orang-orang Yahudi yang memiliki kekuatan ekonomi yang cukup memadai.
  • Bayazid Al-Bisthami,...
    Hikmah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 14:42 WIB
    Bayazid berseru: Aduh! Aku tidak layak hidup dengan suatu makhluk yang dianggap oleh seluruh dunia sebagai makhluk yang rendah bagaimana aku dapat mendekati Kebenaran...
  • Tips dan Adab Mengendalikan...
    Tips
    Minggu, 19 November 2023 - 16:34 WIB
    Setiap manusia pasti memiliki rasa marah dan marah memiliki tanda-tanda zhahir yang menunjukkannya, dan tanda-tanda yang dapat diketahui.
  • Gambaran Ketika Nyawa...
    Hikmah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 05:10 WIB
    Dalam satu kajian Gus Musa Muhammad menceritakan bagaimana gambaran saat nyawa dicabut dari tubuh manusia. Berikut keterangannya dinukil dari Imam Al-Ghazali.
  • Rabiah Al-‘Adawiyah,...
    Muslimah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 12:35 WIB
    Sosok perempuan muslimah ini cukup dikenal sekitar abad ke 8. Ia tercatat, sebagai guru yang melahirkan tokoh-tokoh sufi terkenal di dunia hingga saat ini
  • Kunci Meraih Derajat...
    Muslimah
    Sabtu, 17 April 2021 - 05:00 WIB
    Al-Qur-an diturunkan pada bulan Ramadhan, di mana petunjuk dan berbagai pengaruh serta nilainya telah terealisasi di muka bumi ini. Al-Qur-an pun diturunkan sekaligus sebagai norma untuk berpijak.
  • Jelang Ramadan: Israel...
    Dunia Islam
    Senin, 11 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Warga Palestina bersiap menyambut Ramadan dalam suasana suram. Momok perang dan kelaparan di Gaza yang membayangi bulan suci umat Islam yang biasanya meriah.
  • Muamalah dalam Rumah...
    Muslimah
    Minggu, 08 Agustus 2021 - 19:14 WIB
    Suami dan istri adalah cerminan dalam sebuah keluarga. Jika suami istri shaleh dan shalehah maka akan tercipta keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah. Keluarga yang diberkahi Allah Taala.
  • Doa-doa dari Al Quran...
    Tips
    Sabtu, 20 Januari 2024 - 14:14 WIB
    Ada banyak doa yang bersumber dari ayat-ayat Al-Quran, salah satunya doa agar mendapatkan jodoh dan dilapangkan rezeki. Apa saja doanya dan di surat apa saja?