Topik Terkait: Amal Untuk Negeri Akhirat (halaman 283)

  • Rasulullah yang Gali...
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 15:00 WIB
    Abdullah yang dijuluki Dzil Bijadain merupakan orang terpandang di kalangan kabilahnya. Ia menjadi miskin karena hatinya tertambat dengan Rasulullah.
  • Yayasan Askar Kauny...
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 17:36 WIB
    Tim Buser Covid-19 Yayasan Askar Kauny (YAK) membagikan paket sembako kepada warga terdampak wabah Covid-19 di Indonesia khususnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
  • Semut Saja Tidak Mau...
    Hikmah
    Kamis, 16 April 2020 - 06:13 WIB
    Suatu hari Nabi Sulaiman bertanya kepada seekor semut, Berapa banyak engkau perolehi rezeki dari Allah dalam waktu setahun? Semut pun menjawab sebutir.
  • NU Peduli Covid-19,...
    Hikmah
    Jum'at, 17 April 2020 - 11:06 WIB
    Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengaku bangga atas kerja Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 yang bergerak di daerah masing-masing untuk melakukan pencegahan dan penanganan wabah virus corona.
  • Salat Jumat Di-Lockdown,...
    Tausyiah
    Jum'at, 17 April 2020 - 11:32 WIB
    Salat Jumat bagi seorang muslim bukan sekadar Faridhah Usbuiyah (kewajiban pekanan) atau Mukaffirah Adz-Dzunb (penghapus dosa), tetapi Jumat juga merupakan Mahatthatul Hayh (terminal kehidupan).
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Haul Rumi, Kyai Budi:...
    Hikmah
    Jum'at, 17 April 2020 - 12:27 WIB
    Haul Rumi sedianya direncanakan digelar di Masjid Agung Semarang pada 18 -19 April 2020. Sayang, karena wabah virus corona, haul ini dilakukan secara online.
  • Ramadhan 2020, Kemenag...
    Hikmah
    Jum'at, 17 April 2020 - 20:05 WIB
    Pemerintah melalui Kemenag sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengimbau agar umat Islam melaksanakan ibadah di rumah selama bulan suci Ramadhan.
  • Kisah Pecinta Quran...
    Hikmah
    Jum'at, 17 April 2020 - 18:59 WIB
    Al-Habib Quraisy Baharun menceritakan sebuah kisah pecinta Quran yang jasadnya berpindah dari Turki ke Madinah. Kisah ini dkutip dari Kitab Karomatul Auliya wa Thobaqotul Auliya dan Hilyatul Auliya.
  • Tips Meningkatkan Spiritualitas...
    Tausyiah
    Jum'at, 17 April 2020 - 14:51 WIB
    Dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Ustadz Dr H Muhammad Ziyad, MA, mengiingatkan kiat jitu dalam menghadapi wabah corona atau Covid-19.
  • Khutbah Jumat Habib...
    Tausyiah
    Sabtu, 18 April 2020 - 22:08 WIB
    Pimpinan Yasasan Al-Fachriyah Al-Habib Jindan bin Novel Salim Jindan menyampaikan nasihat menggetarkan hati saat menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Al-Ikhlas Tangerang.
  • Setiap Kesulitan Pasti...
    Tausyiah
    Sabtu, 18 April 2020 - 22:19 WIB
    Ustaz Muchlis mengemukakan, tidak ada kesulitan dan penderitaan yang abadi. Lihatlah malam selalu berganti fajar maka sabar adalah ibadah yang paling indah.
  • Catatan Syahdu Ustaz...
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 05:11 WIB
    Beberapa hari lagi Ramadhan akan datang. Marhabban ya Ramadhan. Ustaz Tengku Zulkarnain memasang status di Instagram tentang puasa di masa kecil bersama sang bunda.
  • Marhaban Ya Ramadhan!...
    Tausyiah
    Senin, 20 April 2020 - 07:01 WIB
    Bulan suci Ramadhan tinggal hitungan hari. Puasa kali ini akan berbeda dari biasanya karena adanya wabah, namun hal itu tidak akan menyurutkan semangat untuk menghidupkan Ramadhan.
  • Amalan Agar Bisa Mimpi...
    Tausyiah
    Senin, 20 April 2020 - 17:24 WIB
    Banyak di antara kaum muslimin bertanya apa amalan agar bisa bermimpi bertemu baginda Nabi Muhammad shallallahu alahi wa sallam (SAW). Berikut amalannya.
  • Tradisi Menyambut Ramadhan,...
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 13:50 WIB
    Seorang jamaah bertanya kepada Ustadz Farid Numan Hasan tentang tradisi menyambut bulan suci Ramadhan, apakah bidah? Berikut penjelasannya.
  • Demi Allah, Aku Ingin...
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 07:46 WIB
    Nabi bersabda, Sesungguhnya di antara kamu sekalian ada orang-orang jika berdoa kepada Allah benar-benar dikabulkan. Di antara mereka itu adalah suamimu, Amru bin Jumuh. .
  • Nabi Musa Menghajar...
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 08:22 WIB
    Berikut adalah kisah Nabi Musa alaihissalam dan malaikat maut yang ditulis Abu Ishaq al-Huwaini al-Atsari berdasar hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.
  • Nama Bayi Covid, Ustaz...
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 09:26 WIB
    Covid, menurut Yusuf Mansur, adalah satu dari Al Asmaa-ul Husnaa. Bahwa Khoofidh itu adalah Yang Berhak Memuliakan dan Merendahkan. Kita minta anak kita bagian yang dimuliakan.
  • Inilah Pujian Ulama...
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 08:05 WIB
    Imam Al-Ghazali adalah tokoh ulama besar, ahli fiqih dan tasawuf yang dikagumi banyak ulama dan kaum muslimin. Beliau dijuluki mujaddid abad kelima Hijriyah.
  • Laa Tahzan! Ramadhan...
    Tausyiah
    Selasa, 21 April 2020 - 07:15 WIB
    Hawa Ramadhan 1441 Hijriyah sudah mulai terasa. Meski berada dalam suasana pandemik, umat Islam tidak boleh larut dalam kecemasan dan kesedihan.