Topik Terkait: Amal Untuk Negeri Akhirat (halaman 388)

  • Biografi Ibnu Khaldun,...
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 10:48 WIB
    Ibnu Khaldun merupakan tokoh terkemuka yang berhasil mengembangkan filosofi sejarah nonreligius pertama di dunia. Namun sebagian besar mengenalnya sebagai bapak sosiologi dan ilmu sejarah dari Islam.
  • Muslim India: Banyak...
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 12:17 WIB
    Berita bohong alias hoaks menerpa muslim India. Muslimah dituding sengaja melahirkan banyak anak dengan tujuan mengislamkan Negeri Hindustan itu. Fitnah tersebut cukup efektif merobek ketentraman di India.
  • Masjid Al-Ghamama, Tempat...
    Hikmah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 14:37 WIB
    Masjid ini telah dikaitkan dengan perjalanan Nabi Muhammad SAW dan dikenal sebagai tempat terakhir beliau melakukan salat Idulfitri, yang kala itu sedang hujan deras.
  • Cara Cek Jadwal dan...
    Tips
    Kamis, 04 Mei 2023 - 16:07 WIB
    Cara cek keberangkatan haji ini perlu diketahui oleh para jemaah yang telah mendaftarkan diri di penyelenggara perjalanan agar bisa tahu kapan akan diberangkatkan ke Tanah Suci.
  • Mazhab Imam Mahdi Ketika...
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 16:56 WIB
    Rasulullah SAW mengabarkan bahwa di akhir zaman nanti akan muncul seorang pemimpin yang akan memimpin dunia dengan keadilan namanya Imam Mahdi. Apakah mazhab beliau?
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Sejarah dan Asal Mula...
    Hikmah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 05:05 WIB
    Hari Jumat memiliki keutamaan besar bagi umat Islam. Saking istimewanya hari ini, Allah menjadikan satu dari 114 surat Al-Quran bernama Surat Jumuah, surat ke-62 terdiri dari 11 ayat.
  • Jangan Lupa, Ini Hari-hari...
    Tips
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 10:07 WIB
    Memotong kuku adalah fitrah yang tidak bisa terlepaskan dari manusia. Lalu hari-hari apa saja yang baik untuk memotong kuku? Berikut penjelasaannya.
  • Dasar Penafsiran Al-Quran,...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 13:01 WIB
    Terkait Asbab al-nuzul, Quraish Shihab menjelaskan bahwa Al-Quran tidak turun dalam satu masyarakat yang hampa budaya. Sekian banyak ayatnya oleh ulama dinyatakan sebagai harus dipahami dalam konteks sebab nuzul-nya.
  • 7 Mukjizat Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 13:02 WIB
    Nabi Muhammad SAW memiliki banyak mukjizat. Ada beberapa mukjizat beliau yang sulit dinalar logika manusia. Bahkan, ada yang terlihat mustahil dilakukan manusia siapapun.
  • Ngerinya Makanan, Minuman,...
    Hikmah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 14:25 WIB
    Ngerinya makanan, minuman serta pakaian penghuni neraka tidak terbayang. Makanan para pendosa ini berupa zaqqum dan dhari. Minumannya, hamim, ghislin, dan ghassaq. Di sisi lain pakaian mereka terbuat dari api.
  • 5 Sifat Teladan Sayyidah...
    Muslimah
    Rabu, 30 November 2022 - 22:38 WIB
    Sayyidah Aisyah radhiyallahu anha binti Abu Bakar adalah istri baginda Nabi Muhammad SAW yang sangat istimewa. Berikut 5 sifat teladan beliau yang patut ditiru.
  • Sejarah Perang dalam...
    Hikmah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Perang dalam Islam bukanlah hal yang diada-adakan oleh Rasulullah SAW melainkan ada sebab musababnya. Berikut sejarah perang dalam Islam dan turunnya perintah jihad.
  • Sosiolog Ernest Gellner:...
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Desember 2022 - 13:16 WIB
    Sosiolog terkenal, Ernest Andr Gellner mengatakan hanya Islam yang mampu bertahan sebagai keimanan yang serius, yang mengatasi baik tradisi kecil maupun tradisi besar.
  • Tugas Utama Suami Menjaga...
    Muslimah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 14:35 WIB
    Dalam Islam, tugas utama seorang suami atau kepala keluarga adalah harus bertakwa sehingga dia bisa menjaga keluarganya dari seluruh perkara yang bisa menghantarkan menuju neraka
  • Ngerinya Api Hitam Neraka...
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 16:03 WIB
    Ngerinya api hitam neraka yang dikisahkan Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam harus membuat kita sadar bahwa neraka adalah seburuk-buruk tempat kembali.
  • Terbanyak di Eropa,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Desember 2022 - 22:10 WIB
    Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Islam di Rusia adalah agama kedua terbesar setelah Kristen. Populasi muslim di Rusia merupakan yang terbanyak di Eropa.
  • 42 Rahasia Sholawat...
    Tausyiah
    Sabtu, 03 Desember 2022 - 09:49 WIB
    Keutamaan membaca sholawat ternyata tidak hanya mendapat balasan 10 kali sholawat dari Allah yang Maha Pemurah. Ada 42 rahasia sholawat yang patut diketahui umat muslim.
  • Kisah Khalifah Al-Manshur...
    Dunia Islam
    Sabtu, 03 Desember 2022 - 10:03 WIB
    Tatkala Abu Jafar Abdullah bin Muhammad Al Mansur baru saja diangkat menjadi khalifah kedua Bani Abbasiyah, ia mengundang 3 ulama paling masyhur kala itu. Mereka adalah Malik ibn Anas, Ibn Saman dan Ibn Abi Dzuaib.
  • Penyebab Manusia Tak...
    Tausyiah
    Minggu, 04 Desember 2022 - 16:54 WIB
    Al-Quran menjelaskan alasan mengapa manusia tidak mau bersedekah, padahal manfaatnya sangat besar. Salah satu alasannya disampaikan dalam Surat Al-Baqarah.
  • Kisah Mualaf Amerika...
    Dunia Islam
    Senin, 05 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Raphael Raphael Narbaez Jr dilahirkan di Texas berdarah Latin. Dia adalah pendeta Saksi Yehova di Amerika Serikat. Ia menukar Injilnya dengan Al-Quran setelah memberanikan diri mengunjungi masjid setempat.