Topik Terkait: Amal Untuk Negeri Akhirat (halaman 393)

  • Memberi Makan Berbuka...
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 16:40 WIB
    Buka puasa bersama atau bukber lazim diselenggarakan banyak pihak di masa Ramadan. Selain menggalang silaturahim, pahala memberi makan untuk berbuka puasa amat besar.
  • Jadwal Imsakiyah Jakarta...
    Tips
    Selasa, 04 April 2023 - 21:50 WIB
    Jadwal Imsakiyah Jakarta ini berlaku untuk hari Rabu 5 April 2023 atau 14 Ramadan 1444 Hijriah. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya jadwal imsakiyah ini dapat dijadikan acuan untuk menjalankan ibadah puasa dan salat 5 waktu.
  • Lailatulqadar dan Surat...
    Tausyiah
    Rabu, 05 April 2023 - 05:15 WIB
    Bulan Ramadan memiliki sekian banyak keistimewaan, salah satunya adalah Lailat Al-Qadar, suatu malam yang oleh Al-Quran lebih baik dari seribu bulan.
  • Jadwal Imsakiyah Kota...
    Tips
    Kamis, 06 April 2023 - 02:06 WIB
    Jadwal Imsakiyah ini berlaku untuk Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, Kamis 6 April 2023 bertepatan 15 Ramadhan 1444 Hijriyah.
  • 5 Pendapat tentang Nuzulul...
    Tausyiah
    Kamis, 06 April 2023 - 08:11 WIB
    Ulama sepakat bahwa turunnya Al-Quran yakni surat Al-Alaq ayat 1-5 terjadi pada bulan Ramadan. Hanya saja, terdapat beda pendapat perihal tanggal pasti turunnya Kitab Suci itu
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Kemenangan Umat...
    Hikmah
    Sabtu, 08 April 2023 - 09:08 WIB
    Dalam Perang Badar pasukan kecil kaum Muslim yang berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan Quraisy dari Makkah yang berjumlah 1.000 orang.
  • Benarkah Olahraga Berenang...
    Muslimah
    Minggu, 09 April 2023 - 06:07 WIB
    Menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa sangat dianjurkan dengan tetap rajin berolahraga, salah satu olahraga yang favorit dilakukan adalah berenang. Namun, apakah aktivitas berenang membatalkan puasa?
  • Lailatulqadar: Rasulullah...
    Tausyiah
    Senin, 10 April 2023 - 08:43 WIB
    Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dijelaskan bahwa di 10 hari terakhir Ramadan ini Rasulullah SAW mengencangkan ikat pinggangnya untuk meningkatkan ibadah dan amal saleh.
  • 5 Perkara yang Membatalkan...
    Tausyiah
    Senin, 10 April 2023 - 10:00 WIB
    Selain menjalankan ibadah puasa Ramadan, umat Islam juga semestinya mengetahui hal-hal apa saja yang dapat membatalkan puasanya.
  • 3 Hal Ini Bisa Mengurangi...
    Tips
    Kamis, 06 April 2023 - 09:07 WIB
    Ramadan merupakan bulan mulia berlimpahnya pahala, karena itu umat Islam dari belahan dunia berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya pahala.
  • Al-Quran Terkait Perkembangan...
    Tausyiah
    Senin, 10 April 2023 - 05:15 WIB
    Al-Quran Al-Karim dalam kaitannya dengan perkembangan ilmu dan filsafat manusia, dapat disimpulkan mengandung tiga hal pokok: Tujuan, cara, dan pembuktian. Berikut ini ulasannya:
  • Mencari Malam Lailatulqadar...
    Hikmah
    Senin, 10 April 2023 - 08:11 WIB
    Tidak terasa bulan Ramadan akan memasuki 10 malam terakhir. Di 10 malam terakhir ini, kaum muslim dianjurkan meningkatkan amal ibadahnya.
  • Inilah Doa Khusus Rasulullah...
    Tips
    Rabu, 12 April 2023 - 16:26 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pada hari-hari terakhir Ramadan, memanjatkan doa-doa khusus kepada Allah subhanahu wa taala.Apa saja doa yang dipanjatkan Baginda Nabi SAW ini?
  • Founder Metode Kauny...
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 April 2023 - 14:23 WIB
    Founder Metode Kauny sekaligus Komisaris Kauny Quran Korpora Ustaz Bobby Herwibowo atau akrab disapa Usbob berbicara mengenai konsep kekayaan di dalam Al-Quran.
  • 3 Makna Puasa sebagai...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 08:19 WIB
    Dalam Islam, ibadah puasa ternyata adalah perisai yang akan melindungi seorang hamba dari api neraka di akhirat kelak. Begini penjelasannya!
  • 4 Tips Produktif saat...
    Tips
    Sabtu, 15 April 2023 - 11:22 WIB
    Bulan Ramadan menjadi momentum untuk meningkatkan takwa dan keimanan. Memaksimalkan ibadah di bulan mulia dapat dimulai dari memperbanyak baca Al-Quran, salat di masjid, zikir dan doa, serta amal saleh lainnya.
  • Lokasi Salat Idul Fitri...
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 20:03 WIB
    Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang telah menetapkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023. Berikut adalah lokasi salat Idul Fitri yang disiapkan Pimpinan Cabang Muhammadiyah.
  • Soal Kapan Lebaran,...
    Dunia Islam
    Selasa, 18 April 2023 - 04:00 WIB
    Kapan lebaran versi Nahdlatul Ulama atau NU? Sejarah mencatat, NU senantiasa mengikuti keputusan pemerintah untuk memutuskan hari nan fitri tersebut. Mengapa?
  • Ini yang Boleh dan yang...
    Tausyiah
    Selasa, 18 April 2023 - 17:19 WIB
    Masjid adalah milik Allah, karena itu kesuciannya harus dipelihara. Segala sesuatu yang diduga mengurangi kesucian masjid atau dapat mengesankan hal tersebut, tidak boleh dilakukan di dalam masjid.
  • Memaknai Keberkahan...
    Tausyiah
    Rabu, 19 April 2023 - 01:43 WIB
    Sungguh bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh keberkahan dan hidayah. Dengan Al-Quran kehidupan manusia tersinari (Nuur) di tengah gelombang kehidupan yang tidak menentu.