Topik Terkait: Amalan Hati (halaman 101)

  • 4 Amalan Terbaik yang...
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 08:28 WIB
    Bulan Rajab merupakan salah satu bulan haram yang sangat istimewa. Untuk itu, umat Islam dianjurkan mengisinya dengan beramal saleh dan menjauhi dosa-dosa.
  • Tuntunan Iktikaf Sesuai...
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 08:56 WIB
    Tuntunan Iktikaf sesuai Al Quran dan sunnah penting diketahui umat Muslim. Terlebih, saat ini sudah memasuki 10 hari terakhir Ramadan.
  • Gus Baha: 6 Kunci Membuka...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 16:54 WIB
    Ulama ahli tafsir Quran Gus Baha menjelaskan enam kunci membuka surga sekaligus menangkal neraka. Orang yang melakukan enam hal ini tak perlu lagi mencari jalan agar masuk surga.
  • Surat An-Naml Ayat 15-19:...
    Hikmah
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 03:42 WIB
    Surat An-Naml ayat 15-19 bisa sebagai doa agar diberi ilmu hikmah. Apabila seseorang ingin memiliki ilmu yang agung ini, maka berdoalah dengan membaca Surat An-Naml ayat 15-19:
  • 3 Golongan Manusia di...
    Tausyiah
    Selasa, 12 April 2022 - 15:36 WIB
    Ada tiga golongan manusia menyikapi bulan Ramadhan sebagaimana dijelaskan Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir dalam bukunya Bekal Ramadhan dan Idul Fithri.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • 3 Penyakit yang Merusak...
    Tausyiah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 06:45 WIB
    Ada tiga penyakit berbahaya dalam diri manusia yang dapat merusak peradaban manusia. Dari tiga penyakit ini terdapat satu penyakit yang paling berbahaya.
  • Inilah Dalil tentang...
    Hikmah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 18:11 WIB
    Sebagai muslim, kita meyakini akan adanya hari Akhir, dan hal tersebut termasuk dalam rukun Iman. Salah satu percaya pada Hari Akhir ini adalah adanya azab dan nikmat kubur.
  • Khasiat Surah Luqman,...
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 11:50 WIB
    Khusus keistimewaan surah Luqman, Al-Muqaddam mengatakan, hendaklah dituliskan bagi orang yang mengalami pendarahan dan berbagai penyakit lainnya.
  • Hati-hati, Jangan Merasa...
    Muslimah
    Selasa, 03 November 2020 - 17:23 WIB
    Merenungi perbuatan yang telah kita lakukan setiap hari, sepertinya harus menjadi agenda rutin setiap muslim dan muslimah. Kenapa harus? Jangan sampai merasa aman-aman saja dengan apa yang kita lakukan setiap harinya.
  • Ini Zikir dan Doa yang...
    Muslimah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 14:26 WIB
    Menyambut bulan suci Ramadhan, kita perlu mempersiapkan diri dengan ibadah terbaik dan juga ilmu. Salah satunya adalah amalan zikir dan doa yang bisa dilakukan selama menjalani ibadah puasa sebulan penuh itu.
  • Sering Menangis Ternyata...
    Tips
    Rabu, 25 Mei 2022 - 12:40 WIB
    Menangis karena takut kepada Allh Taala ini, memiliki keutamaan dan fadillah yang luar biasa, yakni akan mendorong seorang hamba untuk selalu istiqmah di jalan-Nya, sehingga akan menjadi perisai dari api neraka.
  • Selain Puasa, Inilah...
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 08:30 WIB
    Dai yang juga Direktur Quantum Akhyar Institute, Ustadz Adi Hidayat menyampaikan tausiyah online terkait amalan utama di bulan Ramadhan. Berikut pesannya.
  • Kapan Muslimah Dianjurkan...
    Muslimah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 16:03 WIB
    Larangan kaum muslimah menggunakan minyak wangi atau parfum tatkala keluar rumah sudah banyak dijelaskan oleh para ulama. Namun ada kondisi-kondisi bagi seorang muslimah untuk boleh menggunakan parfum. Di tempat mana saja?
  • Apakah Amal Bisa Mengubah...
    Tausyiah
    Senin, 23 November 2020 - 13:30 WIB
    Ada pertanyaan menarik dari salah satu jamaah Ustaz Farid Numan Hasan (Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia) yang bertanya tentang takdir (ketetapan) Allah.
  • Surat An-Najm Ayat 1-18,...
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 10:04 WIB
    Surat An-Najm ayat 1-18, misalnya, dapat dijadikan doa atau wasilah agar disembuhkan dengan rasa khawatir dan waswas. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat ini secara istikamah.
  • Kumpulan Doa Penambah...
    Tips
    Kamis, 21 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Kumpulan doa penambah pahala di bulan Ramadan penting diketahui umat Muslim. Terlebih, memperbanyak doa menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dalam menjalani bulan Ramadan.
  • Besok Malam Nisfu Syaban,...
    Tips
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 09:17 WIB
    Malam Nisfu Syaban 1445 Hijriyah jatuh besok malam, Sabtu 24 Februari (malam minggu). Malam Nisfu Syaban memiliki fadhilah (keutamaan) tersendiri.
  • Suka Nyinyir? Hati-hati,...
    Muslimah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 15:03 WIB
    Perbuatan nyinyir hampir sama dengan menyindir, mencemooh atau mencela, maka dapat disimpulkan hukumnya tidak jauh berbeda dengan hukum menyindir orang dalam Islam
  • Bacaan Doa Memohon Ampunan...
    Tips
    Rabu, 22 November 2023 - 23:38 WIB
    Islam mengajarkan bahwa umat muslim dan orang-orang beriman (mukmin) mempunyai hubungan persaudaraan. Berikut bacaan doa memohon ampunan untuk kaum mukmin yang telah wafat.
  • Amalan Hari Jumat, Jangan...
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 08:16 WIB
    Ada 2 waktu mustajab (mudah dikabulkan) ketika berdoa di Hari Jumat. Allah Taala menjadikan hari Jumat sebagai hari diampuninya dosa-dosa dan dikabulkannya doa-doa hamba yang memohon pada-Nya.