Topik Terkait: Amalan Hujan (halaman 500)

  • Ahl Al-Kitab dalam Al-Quran: Kecaman Ditujukan kepada Orang Yahudi, Bukan Nasrani
    Tausyiah
    Minggu, 31 Desember 2023 - 14:12 WIB
    Kebanyakan kecaman terhadap Ahl Al-Kitab ditujukan kepada orang Yahudi, bukan kepada orang Nasrani. Ini disebabkan karena sejak semula ada perbedaan sikap di antara kedua kelompok Ahl Al-Kitab itu terhadap kaum Muslim.
  • Bacaan Doa Sapu Jagat Lengkap dengan Huruf Arab, Latin dan Maknanya
    Tips
    Senin, 01 Januari 2024 - 08:34 WIB
    Bacaan doa ini sering disebut dengan doa sapu jagat. Inilah doa yang sering diamalkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (SAW). Fadilahnya sangat bermanfaat untuk kebaikan dunia dan akhirat kita.
  • Tahun Abu: Begini Teladan Umar bin Khattab Saat Negara Menghadapi Bencana
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:26 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab berkata: Bagaimana saya akan dapat memperhatikan keadaan rakyat jika saya tidak ikut merasakan apa yang mereka rasakan.
  • Yesus Bukan Pencipta Alam, Prof Wilson Mendapat Hidayah
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 05:36 WIB
    Imam Mohammad Jawad Chirri mengatakan Yesus bukan Tuhan sebab mereka bukan pencipta alam semesta. Bagaimana kita tahu bahwa dia bukan pencipta alam semesta? tanya Prof Dr Wilson H. Guertin.
  • Wabah di Amawas yang Ganas: Kisah Umar bin Khattab Lari dari Takdir
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:35 WIB
    Disebutkan, keempat puluh orang anak Khalid bin Walid tewas semua oleh wabah yang menyebar di kalangan tentara, begitu juga di kalangan penduduk sipil.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Lirik Quraniyah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 19 Desember 2023 - 16:51 WIB
    Lirik Quraniyah yang lengkap dengan arab, latin dan arti ini bisa mempermudah setiap muslim untuk membaca dan memahami makna tentang salah satu jenis selawat ini.
  • Hukum Tajwid Surat Al Imran Ayat 159, Lengkap dengan Cara Bacanya
    Tips
    Selasa, 19 Desember 2023 - 16:40 WIB
    Hukum tajwid Al Imran ayat 159 bisa dijadikan pelajaran penting bagi umat Islam. Terutama agar tidak salah dalam membaca dan melafalkan huruf yang ada pada ayat tersebut.
  • Hukum Makmum Enggan Bilang Amin saat Imam Selesai Baca Al-Fatihah
    Tausyiah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 16:42 WIB
    Apa hukum mengucapkan amin setelah imam salat membaca Surah Al-Fatihah? Imam Syafii dalam Fikih Manhaji menjelaskan, membaca amin setelah imam membacakan Surah Al-Fatihah dalam salat hukumnya sunah.
  • Profil dan Biografi Abu Bakar Ash-Shiddiq, Khalifah Pertama Islam setelah Rasulullah Wafat
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Desember 2023 - 14:04 WIB
    Abu Bakar Ash-Shiddiq menjadi salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang termasuk paling awal memeluk agama Islam (Assabiqunal Awwalun). Bagaimana biografinya?
  • Begini Cara Abdurrahman bin Auf Tetapkan Utsman sebagai Pengganti Umar bin Khattab
    Hikmah
    Jum'at, 22 Desember 2023 - 07:27 WIB
    Sesudah mereka keluar dari tempat Umar, Ali berkata kepada jemaah dari Banu Hasyim: Kalau ada dari kalian yang mau mendengarkan pendapat saya, janganlah sekali-kali mencalonkan pengganti.
  • Benarkah Quraish Shihab Membolehkan Umat Islam Mengucapkan Selamat Natal?
    Tausyiah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 07:22 WIB
    Al-Quran mengabadikan dan merestui ucapan selamat Natal pertama dari dan untuk Nabi Isa as. Hal ini beliau sampaikan dalam bukunya berjudul Membumikan Al-Quran.
  • Benarkah yang Dimakan Adam dan Hawa Pohon Ilmu Pengetahuan? Begini Jawaban Imam Chirri
    Tausyiah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Menurut pemikiran Islam, saya yakin bahwa pohon itu bukan pohon ilmu pengetahuan sebab pengetahuan datangnya dari pelajaran dan pengalaman, dan tidak tumbuh dari pohon.
  • Nasihat untuk Muslimah yang Pengin Bahagia
    Muslimah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 14:20 WIB
    Dr Aidh Al Qarni memberikan beberapa nasihat yang akan menjadikan kita seorang muslimah selalu bersyukur dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Tadabbur An-Nur Ayat 34: Kesempurnaan Al-Quran Menceritakan Kisah Orang-orang Terdahulu
    Hikmah
    Minggu, 24 Desember 2023 - 14:35 WIB
    Tadabbur An-Nur Ayat 34, kesempurnaan al-Quran menceritakan kisah orang-orang terdahulu. Allah subhanahu wa taala telah mneurunkan ayat-ayat yang memberi penjelasan dan menjadi pelajaran bagi orang yang bertakwa.
  • Taurat Menyebut Tuhan Israel Memilih Bangsa, Begini Tanggapan Imam Chirri
    Hikmah
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 12:58 WIB
    Taurat (Old Testament) berulang-ulang mengatakan Tuhannya Israelites memilih bangsa. Ini menunjukkan bahwa Israelites yang diutamakan dari berita-berita yang sangat baik itu.
  • Konspirasi Yahudi: Sisi Gelap Jatuhnya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Akhirnya kekuatan terselubung ini mengambil jalan pintas, untuk menunjukkan kekuatan Barat yang mengerikan kepada Stalin, agar Stalin tidak berani mengadakan serbuan kepada Dunia Barat.
  • Doa agar Diberi Pemimpin Terbaik, Yuk Amalkan!
    Tips
    Selasa, 02 Januari 2024 - 06:40 WIB
    Doa agar diberi pemimpin terbaik ini, penting untuk diketahui dan diamalkan seorang muslim. Karena pemimpin adalah komponen yang penting dalam kehidupan bermasyarakat.
  • 3 Cakupan Kepercayaan pada Nabi dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Selasa, 02 Januari 2024 - 18:12 WIB
    Kepercayaan pada Kenabian, dalam pandangan Islam, mencakup salah satunya percaya pada Kenabian Muhammad. Muhammad adalah seorang Nabi yang tidak hanya diutus untuk sebagian bangsa, tetapi untuk seluruh manusia.
  • Inilah Manfaat di Balik Sunnah Tidur Miring ke Kanan
    Tips
    Rabu, 03 Januari 2024 - 14:36 WIB
    Dalam adab tidur, Rasulullah SAW memberikan contoh tidur miring atau menghadap ke arah kanan, dan ternyata di balik sunnah Rasul tersebut ada manfaat luar biasa.
  • Doa Memohon agar Amal Perbuatan Tidak Sia-Sia
    Tips
    Rabu, 03 Januari 2024 - 15:00 WIB
    Doa memohon supaya segala perbuatan amal yang kita lakukan tidak sia-sia, bisa mencontoh doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim alaihissalam ini.