Topik Terkait: Amalan Setara Pahala Haji Dan Umrah (halaman 220)

  • 5 Alasan Pentingnya...
    Muslimah
    Minggu, 17 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Mendidik anak lelaki yang beradab mulia pada kaum wanita menjadi amat penting, karena kaum lelakilah yang kelak memimpin generasi. Mereka adalah pemimpin bagi kaum Hawa ini.
  • Jangan Salah Paham,...
    Hikmah
    Kamis, 27 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Istilah Yahudi, Israel dan Zionis kini ramai diperbincangkan. Agar tidak gagal paham, ada baiknya kita mengetahui perbedaan antara ketiganya. Yuk simak penjelasan berikut.
  • Ada Apa dengan Usia...
    Tausiyah
    Jum'at, 25 Mei 2018 - 15:07 WIB
    Banyak orang yang tidak menyadari bahwa Alquran membahas tentang masalah usia. Bahkan Alquran menjelaskan secara spesifik rahasia dan hikmah yang terkandung dalam perjalanan umur manusia.
  • Hadis Arbain: Barangsiapa...
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 10:05 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-15 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Sebagian Ahlus Sunnah...
    Hikmah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 13:54 WIB
    Banyak pula di antara mereka yang berusaha meluruskan dan mempertimbangkannya dengan timbangan Al-Quran dan As-Sunnah. Salah satu ulama itu adalah Ibnul Qayyim.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Bagaimana Seharusnya...
    Tausyiah
    Senin, 09 September 2024 - 05:15 WIB
    Quraish Shihab mengatakan bahwa Ahl Al-Kitab tidak semua sama. Karena itu sikap yang diajarkan Al-Quran terhadap mereka pun berbeda, sesuai dengan sikap mereka.
  • Panduan Salat Tarawih...
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:19 WIB
    Panduan salat tarawih dan witir ini perlu diketahui umat muslim yang akan melaksanakan salat tarawih baik berjamaah di masjid atau salat sendiri di rumah.
  • Akhir Kisah Perdebatan...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 15:17 WIB
    Keduanya sama-sama mempertahankan pendapat masing-masing disertai argumentasi yang kuat. Mereka berselisih tentang kulit bangkai yang bisa suci dengan disamak.
  • Keutamaan Tawakal Menurut...
    Tausyiah
    Rabu, 09 Juni 2021 - 09:54 WIB
    Tawakal bukan berarti penyerahan mutlak nasib manusia kepada Allah semata. Namun penyerahan tersebut harus didahului dengan usaha manusiawi. Usaha yang optimal.
  • Hadis tentang Sifat...
    Hikmah
    Kamis, 25 Januari 2024 - 08:10 WIB
    Syaikh At-Tuwaijri mengingatkan bahwa Rasulullah SAW memperingatkan kita dari mengikuti Dajjal atau membenarkannya. Beliau menjelaskan kepada kita sifat-sifatnya agar kita berhati-hati darinya.
  • Kemuliaan dan Keutamaan...
    Muslimah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 09:43 WIB
    Perempuan saleha menurut Islam adalah perempuan muslimah yang selalu istiqamah menjalankan segala perintah Allah Subhanahu wa taala dan menjauhi larangan-Nya.
  • Waspada, Bahaya Memprioritaskan...
    Hikmah
    Minggu, 31 Maret 2024 - 04:11 WIB
    Islam menegaskan bahwa terlalu tamak terhadap dunia dan memprioritaskan dunia adalah hal yang harus diwaspadai dan dihindari. Al-Quran juga menyebutkan dunia adalah fitnah bagi manusia
  • Al-Quran dan Hadis Melarang...
    Hikmah
    Senin, 21 September 2020 - 21:00 WIB
    Jika kita melihat berbagai pemberitaan berbagai media massa dalam beberapa tahun ke belakang hingga tahun 2020, tampak sangat jelas bahwa pelaku korupsi -koruptor- semuanya adalah umat beragama.
  • Berhias Diri dengan...
    Muslimah
    Senin, 20 Juli 2020 - 18:42 WIB
    Agar dapat tampil cantik secara jasmani, muslimah perlu memperhatikan kebersihan tubuh, menutup aurat, dan menggunakan pakaian yang sopan. Sedangkan cantik secara rohani yaitu, menjaga ketaatan hati pada Allah Taala dan amalnya.
  • Kisah Persembunyian...
    Hikmah
    Sabtu, 11 Juli 2020 - 11:29 WIB
    Pikiran Abu Bakar bukan apa yang akan menimpa dirinya, tetapi yang dipikirkannya adalah Rasulullah, kalau sampai kaum Quraisy itu berhasil membunuhnya.
  • Sunan Giri, Sunan Kalijaga,...
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 13:26 WIB
    Dalam peresmian Masjid Demak, Sunan Kalijaga mengusulkan agar dibuka dengan pertunjukan wayang kulit. Usul ini ditolak oleh Sunan Giri, karena wayang yang bergambar manusia.
  • 10 Faedah Selalu Bersikap...
    Hikmah
    Selasa, 23 Juli 2024 - 17:16 WIB
    Bersikap husnudzan atau berbaik sangka dalam menjalani kehidupan ternyata sangat penting. Tidak hanya berhusnuzan pada Allah SWT tetapi juga kepada sesama manusia.
  • Bacaan Niat Puasa Senin...
    Tips
    Minggu, 30 Mei 2021 - 14:43 WIB
    Bacaan niat puasa Senin Kamis pada dasarnya sama dengan lafaz niat puasa sunnah lainnya. Hanya saja perbedaannya ada pada penyebutan harinya.
  • Doa Agar Dianugerahi...
    Tips
    Minggu, 02 Mei 2021 - 08:05 WIB
    Lailatul Qadar adalah malam agung yang sangat istemewa karena lebih baik dari seribu bulan (83 tahun 4 bulan). Berikut doa agar dianugerahi Lailatul Qadar.
  • 7 Keutamaan Zakat dalam...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 23:27 WIB
    Keutamaan zakat dalam Islam penting diketahui kaum muslim. Kata zakat berasal dari bahasa Arab yang artinya menyucikan. Berikut 7 keutamaan zakat dalam Al-Quran dan Hadis.