Topik Terkait: Asal Usul (halaman 2)

  • Asal Usul Marga Baswedan,...
    Dunia Islam
    Senin, 07 Agustus 2023 - 18:23 WIB
    Asal usul marga Baswedan adalah keluarga Arab-Indonesia yang berasal dari Hadhramaut Yaman. Sebutan Baswedan sebagai nama suku diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia oleh Umar bin Baswedan.
  • Asal Usul Rebo Wekasan...
    Tausyiah
    Rabu, 21 September 2022 - 16:02 WIB
    Setiap Rabu terakhir bulan Safar selalu ada polemik tentang amalan Rebo Wekasan untuk tolak bala. Berikut asal usul Rebo Wekasan dan hukum sholat sunnah dan sedekah tolak bala.
  • 5 Marga Habib Paling...
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Desember 2023 - 15:00 WIB
    Di Indonesia setidaknya beberapa nama marga Habib dan 7 di antaranya tertinggi dengan konotasi jumlah keturunan yang lebih banyak atau garis keturunan yang paling dekat dengan Nabi.
  • Munculnya Nabi Zarathustra,...
    Hikmah
    Selasa, 21 September 2021 - 15:04 WIB
    Munculnya Nabi Zarathustra (Zoroaster) adalah cikal bakal Majusi di dunia. Para Majusi telah mengubah dan menggantikan agama Zoroaster melalui beberapa tahap.
  • Asal Usul Peci Menurut...
    Hikmah
    Sabtu, 30 November 2019 - 05:30 WIB
    Kalangan muslim di Indonesia pasti sudah tak asing dengan namanya peci. Berikut ini salah satu dari banyak kisah tentang asal-usul peci yang disampaikan Ustaz Salim A Fillah.
  • Inilah 6 Waktu Terbaik...
    Tips
    Jum'at, 13 Mei 2022 - 10:48 WIB
    Allah Subahanhu wa taala mencintai ahli dzikir dan akan selalu mengingat mereka. Karenanya, banyak sekali keutamaan yang bisa diperoleh oleh orang-orang yang melazimi dzikir, di mana pun dan kapan pun.
  • Asal Usul Sunnah Rasul...
    Tips
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 10:34 WIB
    Hubungan intim suami istri di Kamis malam Jumat dan pada hari Jumat dipahami banyak umat Islam sebagai sunnah Rasul. Imam Ghazali bahkan membuat daftar hari-hari dimakruhkannya jimak
  • Asal-usul Bulan Rabiul...
    Tausyiah
    Minggu, 17 September 2023 - 07:05 WIB
    Umat muslim di Indonesia selalu menaruh perhatian besar terhadap bulan Rabiul Awal karena peristiwa agung kelahiran Nabi Muhammad ?. Berikut asal-usul bulan Rabiul Awal.
  • Inilah Asal-usul dan...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 09:21 WIB
    Malam-malam di bulan Ramadan diramaikan dengan amalan salat tarawih. Mengapa salat tarawih hanya ada di bulan Ramadan, dan bagaimana asal usul serta sejarahnya?
  • Kisah Amr bin Ash Menaklukkan...
    Hikmah
    Sabtu, 13 Juli 2024 - 09:25 WIB
    Selama tinggal di Naqiyus Amr bin Ash membersihkan semua bekas Romawi. Ia menugaskan Syarik bin Sumayya dengan sebuah satuan untuk mengawasi pasukan Romawi yang lari dari Naqiyus menuju Iskandariah.
  • Kumpulan Hadis tentang...
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 09:37 WIB
    Puasa Asyura merupakan salah satu ibadah sunnah yang dapat ditunaikan ketika bulan Muharam, tepatnya pada tanggal 10 Muharam. Terkait dengan ibadah sunnah ini, terdapat sejumlah hadis yang menerangkannya.
  • Apa Perbedaan Habib...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Desember 2023 - 14:17 WIB
    Apa perbedaan habib dan syaikh atau syekh? Syekh adalah gelar kehormatan kepada ulama. Gelar dalam bahasa Arab ini juga seringkali disematkan kepada kepala suku atau anggota kerabat kerajaan di negara-negara Arab.
  • 5 Marga Keturunan Ba...
    Dunia Islam
    Minggu, 24 September 2023 - 15:27 WIB
    Marga keturunan Ba Alawi di Indonesia merupakan keluarga atau klan yang nasabnya bersambung kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Mereka dikenal dengan julukan Sayyid, Syarif, Habib, Syed.
  • Lafaz Labbaik Allahumma...
    Hikmah
    Senin, 06 Mei 2024 - 13:11 WIB
    Lafaz atau kalimat Talbiyah, Labbaik Allahumma Labbaik seringkali kita dengar ketika musim haji tiba, atau kalimat yang sering dilatunkan para calon jemaah yang akan menunaikan ibadah haji di bulan Dzulhijjah.
  • Mengenal 4 Macam Ilmu...
    Hikmah
    Senin, 25 September 2023 - 19:50 WIB
    Dalam Islam, ilmu fiqih hendaknya dipelajari oleh kaum muslimin. Apa sebenarnya fiqih ini dan bagaimana pengertiaannya? Selain itu, adakah dalil yang mengharuskan belajar fiqih ini?
  • Asal-usul dan Sejarah...
    Dunia Islam
    Rabu, 22 Mei 2024 - 16:51 WIB
    Sejarah Jabal Arafah atau Bukit Arafah akan dibahas dalam artikel ini. Arafah sendiri merupakan bukit yang berada di sekitar Makkah dan menjadi tempat para jemaah haji melakukan wukuf.
  • Mengenal Rebo Wekasan,...
    Tausyiah
    Senin, 19 Agustus 2024 - 10:31 WIB
    Istilah Rebo Wekasan sangat populer di Indonesia, bahkan ada tradisi khusus atau amalan Rebo Wekasan ini umumnya untuk tolak bala. Bagaimana sebenarnya Rebo Wekasan ini dan dari mana asal usulnya?
  • Asal-usul Penamaan Zulkaidah,...
    Hikmah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 07:30 WIB
    Saat ini kita telah memasuki bulan Zulkaidah (Dzulqodah), bulan pertama dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah. Berikut asal-usul penamaan bulan Zulkaidah.
  • Asal Usul dan Sejarah...
    Hikmah
    Kamis, 18 Juli 2024 - 13:07 WIB
    Ayat seribu dinar adalah Surat At-Talaq ayat 2-3, yang dalam ayat tersebut tertera janji Allah SWT yang akan memberikan jalan keluar pada setiap cobaan serta akan memberi rezeki dari arah tidak disangka-sangka
  • Asal-usul Marga Al Haddad,...
    Dunia Islam
    Senin, 27 November 2023 - 11:12 WIB
    Asal-usul Marga Al Haddad cukup unik. Marga ini pertama kali disandang oleh Ahmad bin Abi Bakar bin Ahmad Masrafah bin Muhammad bin Abdullah bin Ahmad bin Abdurrahman bin Alwi Ammu al-Faqih.