Topik Terkait: Bayi Meninggal

  • Arwah Bayi dan Anak-anak...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 21:21 WIB
    Anak merupakan amanah dan kebanggaan orangtua yang mengasuhnya ketika di dunia. Ada yang bertanya, apabila bayi atau anak-anak kecil wafat, bagaimanakah arwah dan kedudukannya?
  • Bagaimana Nasib Bayi...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Bagaimana nasib bayi dan anak kecil yang belum baligh setelah meninggal dunia atau di akhirat? Benarkah mereka bisa memberi syafaat?
  • Arab Saudi Atur Area...
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Januari 2024 - 15:37 WIB
    Kereta bayi tidak diperbolehkan memasuki area mengelilingi yang disebut mataf, sementara mereka diperbolehkan masuk ke lantai atas mataf serta ke area masa tempat ritual antara Safa dan Marwa.
  • 10 Inspirasi Nama Bayi...
    Muslimah
    Rabu, 17 Januari 2024 - 10:57 WIB
    Nama-nama cantik untuk bayi perempuan yang lahir di bulan Rajab ini, bisa menjadi inpisrasi untuk Anda yang kebetulan akan mempunyai anak di bulan Mulia ini.
  • Bagaimana Jika Bayi...
    Tausyiah
    Senin, 22 Juli 2024 - 18:07 WIB
    Bagaimana jika bayi meninggal dalam kandungan menurut Islam? Adakah kewajiban orang hidup terhadapnya dan bagaimana pula hukumnya?
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Nama Bayi Perempuan...
    Muslimah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 14:39 WIB
    Inspirasi nama bayi perempuan menurut Islam dan Al-Quran, bisa kita ambil untuk buah hati kita yang baru lahir. Banyak kata dalam Al-Quran yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan.
  • Doa Saat Melihat Bayi...
    Tips
    Kamis, 10 Juni 2021 - 21:40 WIB
    Selain mengusap kepala bayi atau anak kecil, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk memanjatkan doa kepada mereka. Ketika bayi, Ibnu Abbas pernah didoakan Nabi dengan kalimat ini.
  • Keutamaan Meninggal...
    Tips
    Selasa, 25 April 2023 - 12:24 WIB
    Keutamaan meninggal di hari Lebaran adalah baik dengan asumsi bahwa yang meninggal telah menjalankan kewajiban selama Ramadan dan mengeluarkan zakat fitrah pada saat sebelum lebaran.
  • Suharja, Jemaah Haji...
    Dunia Islam
    Minggu, 16 Juli 2023 - 22:11 WIB
    Satu dari dua jemaah haji yang hilang, Suharja Wardi Ardi (69) ditemukan meninggal dunia. Kabar tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Minggu (16/7/2023) WAS.
  • Doa untuk Orang yang...
    Tips
    Minggu, 04 Juli 2021 - 17:47 WIB
    Doa untuk orang yang meninggal dunia, perlu kita amalkan. Apalagi sebagai seorang muslim, memdoakan orang yang meninggal merupakan hak muslim atas muslim lainnya.
  • Innalillah, Ulama Kharismatik...
    Hikmah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 19:33 WIB
    Indonesia kembali berduka dengan berpulangnya seorang ulama kharismatik Banjarmasin Kalimantan Selatan, Tuan Guru KH Ahmad Zuhdiannor Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 06.43 WIB.
  • 10 Nama untuk Bayi Laki-laki...
    Muslimah
    Rabu, 15 Februari 2023 - 12:46 WIB
    Bulan Rajab banyak memiliki keutamaan dan doa-doa didalam mengisi dan mengamalkannya. Karena itu, tidak salah bila memberi nama anak yang baru lahir, terinspirasi dari bulan Rajab ini
  • Meninggal Dunia saat...
    Tips
    Senin, 24 April 2023 - 17:38 WIB
    Qadha puasa berarti mengganti puasa. Bagi orang-orang tertentu puasa Ramadan ada rukhshah atau dispensasi untuk mengganti di hari yang lain. Bagaimana jika sebelum mengqadha ia meninggal dunia?
  • Ini Mengapa saat Bayi,...
    Hikmah
    Rabu, 20 September 2023 - 15:15 WIB
    Saat masih bayi, Nabi Muhammad SAW tak disusui sang bunda, Sayyidah Aminah. Beliau disusui Halimah as-Sadiyah. Sayyidah Aminah dan Tsuwaibah sempat menyusui namun hanya selama 8 hari saja.
  • Hukum Zakat Fitrah Bagi...
    Tips
    Jum'at, 29 April 2022 - 22:27 WIB
    Membayar zakat fitrah hukumnya wajib bagi semua umat Islam. Lalu bagaimana hukum zakat fitrah bagi bayi yang baru lahir atau janin yang masih dalam kandungan?
  • Hukum Pencangkokan Sperma...
    Tips
    Jum'at, 13 September 2024 - 18:27 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan Islam juga mengharamkan apa yang disebut pencangkokan sperma (bayi tabung), apabila ternyata pencangkokan itu bukan sperma suami.
  • Cara Mengirim Bacaan...
    Hikmah
    Kamis, 07 Maret 2024 - 19:01 WIB
    Cara mengirim Al Fatihah untuk orang yang sudah meninggal menjadi ulasan menarik untuk disimak. Meski terkadang sering diperdebatkan, persoalan tersebut merupakan khilafiyah di kalangan para ulama.
  • Euro-Med: Israel Bunuh...
    Dunia Islam
    Kamis, 15 Agustus 2024 - 09:57 WIB
    Euro-Mediterania mengungkap dari hampir 17.000 anak Palestina yang dibunuh Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023, hampir 2.100 orang anak di antaranya adalah bayi berusia di bawah dua tahun.
  • Benarkah Meninggal di...
    Tausyiah
    Minggu, 02 April 2023 - 08:07 WIB
    Ketika ada seseorang yang meninggal dunia di bulan Ramadan, sering kali disebut wafat dengan keadaan husnul khatimah dan pasti masuk surga. Benarkah demikian?
  • Jemaah Haji Meninggal...
    Dunia Islam
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 13:09 WIB
    Hingga 13 Zulhijah atau Sabtu, 1 Juli 2023 total jemaah haji yang meninggal dunia mencapai 50 orang.