Topik Terkait: Bicara Yang Baik Atau Diam

  • 10 Adab Berbicara Sesuai Tuntunan Rasul, Nomor Terakhir Jaga Nada Suara
    Tips
    Kamis, 22 September 2022 - 13:30 WIB
    Dalam menggunakan bahasa lisan (berbicara), tentu harus menggunakan bahasa yang baik, mudah dipahami dan dimengerti. Jangan sampai bahasa lisan yang disampaikan menyakiti orang lain, ketus, nyelekit dan menimbulkan permusuhan.
  • Bicara yang Baik Atau Diam!
    Tausyiah
    Kamis, 02 Desember 2021 - 08:09 WIB
    Rasulullah SAW sendiri bahkan menjamin surga bagi siapa yang mampu menjaga lisannya. Ini sekaligus menandakan urgensi berhati-hati dalam berkata atau berbicara.
  • Syaikh Ahmad: Sekarang Zaman Fitnah, Hati-hati Bicara Atau Lebih Baik Diam
    Tausyiah
    Senin, 21 Desember 2020 - 15:10 WIB
    Kehidupan manusia saat ini sedang berada di akhir zaman. Banyaknya fitnah (ujian) pada masa ini merupakan salah satu tanda akan dekatnya Hari Kiamat. Bagaimana sikap kita menghadapinya?
  • Istri yang Baik dan Tidak Baik Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Maret 2021 - 15:47 WIB
    Adapun kategori seorang istri yang baik (salehah) di antaranya adalah taat kepada Allah Taala, patuh kepada suaminya dan menjaga kehormatan suaminya.
  • Allah Taala Paling Mencintai Hamba yang Berakhlak Baik
    Tausyiah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 15:12 WIB
    Tidaklah kebaikan-kebaikan didapatkan di dunia dan di akhirat kecuali dengan akhlak yang baik. Dan tidaklah keburukan-keburukan ditolak kecuali dengan akhlak yang baik.
  • 5 Akhlak Dasar yang Wajib Dimiliki Seorang Muslim, Nomor 1 Sangat Gampang Dilakukan
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juni 2022 - 14:39 WIB
    Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki akhlaknya. Akhlak yang baik seorang muslim harus mengejawantah dalam kehidupan sehari-hari. Kenapa demikian? Akhlak dasar apa yang harus dimiliki setiap muslim ini?
  • Batasan Bercanda dalam Islam, Simak Baik-baik!
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 17:29 WIB
    Batasan bercanda dalam Islam sangat diperhatikan dengan seksama. Ada adab dan etikanya sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Mana yang Harus Diutamakan, Nafkah Istri Atau Orang Tua?
    Tips
    Jum'at, 28 April 2023 - 20:58 WIB
    Seluruh ulama sepakat bahwa wajib hukumnya suami memberi nafkah kepada istrinya setelah pernikahan sah. Pertanyaannya, mana yang harus diutamakan, nafkah istri atau orang tua?
  • Mendoakan Husnul Khatimah Bagi Orang yang Hidup atau yang Meninggal?
    Muslimah
    Kamis, 08 Juli 2021 - 14:28 WIB
    Ucapan husnul khatimah biasanya dipanjatkan sebagai doa agar kita sebagai muslim diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik). Bagaimana dengan orang yang sudah meninggal?
  • Amalan yang Konsisten
    Tips
    Minggu, 22 Agustus 2021 - 14:12 WIB
    Amalan yang paling dicinta Allah Taala adalah amalan yang konsisten, berkelanjutan, dan terus-menerus meskipun sedikit, apalagi kalau amalannya banyak dan istiqomah itu sangatlah istimewa.
  • Hikmah dari Doa yang Belum Diijabah, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Senin, 06 November 2023 - 09:13 WIB
    Ketika doa belum terkabul atau belum diijabah oleh Allah Subhanahu wa taala, seringkali kita putus asa. Padahal, ada banyak hikmah dari belum terkabulnya doa tersebut.
  • Yang Utama dan Yang Dilarang Saat Berkurban
    Muslimah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 15:40 WIB
    Ibadah kurban yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha sampai hari tasyrik, tiada lain bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berkurban, diharapkan seseorang akan memaknai hidupnya untuk mencapai ridha Allah semata.
  • 4 Penyakit Hati yang Terlalu Dianggap Biasa Padahal Dosa
    Tips
    Kamis, 30 Desember 2021 - 10:02 WIB
    Ada beberapa penyakit hati yang terlalu dianggap lumrah dan biasa saja, padahal perbuatan tersebut adalah dosa. Sebagai seorang muslim, hal tersebut merupakan sesuatu yang harus diwaspadai.
  • Lebih Afdhal Mana, Kurban Sapi Atau Kambing? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 07:30 WIB
    Umat muslim di Indonesia biasanya berkurban dengan sapi, kambing dan domba. Pertanyaannya, lebih afdhal mana kurban sapi atau kambing? Simak penjelasannya.
  • Waspadai Pandangan Mata yang Khianat
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 18:04 WIB
    Khianat adalah tipu daya, perbuatan tidak setia dan merupakan bentuk sikap tercela yang sangat menyakitkan hati. Lantas, apa yang dimaksud dengan pandangan yang khianat? Seperti apa bentuknya?
  • Hukum Menikah di Bulan Safar, Boleh Atau Tidak? Simak Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 12 September 2022 - 19:07 WIB
    Hukum menikah di bulan Safar menurut Islam diperbolehkan bahkan ada yang berpendapat sunnah. Tidak ada masalah dalam Islam untuk melakukan akad nikah atau mengadakan pesta pernikahan di bulan safar.
  • 10 Perkara yang Menunjukkan Hati yang Mati
    Muslimah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 12:15 WIB
    Ada tiga golongan hati manusia. Hati yang sehat, hati yang sakit dan hati yang mati. Kenapa golongan hati ini penting kita ketahui, karena semua amalan yang dilakukan setiap manusia sangat bergantung kepada hatinya.
  • Membaca Al-Quran, Lebih Baik Suara Keras Atau Pelan?
    Tausiyah
    Kamis, 23 Januari 2020 - 15:24 WIB
    Pertanyaannya, mana yang lebih baik ketika membaca Al-Quran, apakah bersuara keras atau bersuara pelan? Para ulama memberi gambaran seperti orang yang bersedekah.
  • Inilah Rahasia dari Doa yang Belum Dikabulkan Allah SWT
    Hikmah
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 17:54 WIB
    Allah Subhanhu wa taala telah menyuruh kepada para hambaNya untuk meminta apa saja kepadaNya dengan garansi penuh akan dikabulkan segala permintaan doa . Namun terkadang, ada doa yang tersimpan dahulu.
  • Ngerinya Balasan Bagi yang Suka Meninggalkan Shalat
    Muslimah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 10:50 WIB
    Salah satu perintah Allah Subhanahu wa taala kepada umat Islam adalah menunaikan ibadah sholat fardhu 5 waktu. Jadi, jika kewajiban ini tidak dilaksanakan, selain menjadi dosa maka akan ada balasannya.