Topik Terkait: Ciri Ujian Hidup

  • 5 Bentuk Ujian Manusia di Dunia, Salah Satunya Kesusahan yang Harus Disabari
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:23 WIB
    Ujian manusia di dunia diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar sehingga layak baginya surga dan siapa yang imannya dusta sehingga layak baginya neraka.
  • Hakikat Pujian adalah Ujian, Hati-hati Saat Menerimanya
    Muslimah
    Senin, 27 Juni 2022 - 09:53 WIB
    Fitrah manusia pasti senang dipuji, namun Islam mengingatkan bahwa pujian pada hakikatnya adalah ujian. Kenapa demikian? Karena ujian itu bisa berupa ujian kebaikan maupun keburukan.
  • Pengin Hati Kita Sehat? Kenali Ciri-cirinya!
    Hikmah
    Sabtu, 23 September 2023 - 05:15 WIB
    Sangat penting bagi setiap muslim mengenali ciri-ciri hati kita sendiri. Termasuk hati sehatkah? Atau sebaliknya hati yang keras atau bahkan termasuk golongan hati yang mati.
  • Nasehat Menghadapi Ujian dan Fitnah Akhir Zaman
    Muslimah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 06:13 WIB
    Fitnah telah berada di sekitar kita, mulai dari depan, dari belakang, dari kanan, dari kiri, dari berbagai unsur kehidupan. Dan fitnah itupun berkepanjangan, lama, berkesinambungan dan semakin dahsyat dari satu waktu ke waktu yang lainnya.
  • Ciri-ciri Ulama Su Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 06 Juli 2022 - 19:59 WIB
    Ulama adalah pewaris para Nabi (Al-Ulama waratsatul anbiya). Lalu bagaimana dengan Ulama Su yang tercela? Berikut ciri-cirinya menurut Imam Al-Ghazali.
  • Seni Menghadapi Bala Ketika Menimpa Orang Beriman
    Hikmah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 11:28 WIB
    Ujian dalam bahasa arab disebut ibtila. Kata ibtila ini diambil dari kata kerja abtala. Bentuk aslinya adalah bala. Dalam Al-Quran, beberapa kali Allah Subhanahu wa Taala menggunakan kata bala dalam beberapa variasi kata.
  • Awas! Inilah Ciri-ciri Wanita Pengikut Dajjal di Akhir Zaman
    Muslimah
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 20:53 WIB
    Ciri-ciri wanita pengikut Dajjal di akhir zaman, sudah semakin nyata dan terlihat saat ini. Kondisi ini semakin membuktikan bahwa wanita menjadi sosok yang paling mendominasi pengikut Dajjal.
  • Tipu Daya Duniawi (2): Kemewahan dan Kenikmatan Dunia Sebagai Ujian
    Tausyiah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 16:04 WIB
    Sesungguhnya segala macam kenikmatan dunia adalah ujian dari Allah SAW, karena pada dasarnya setiap manusia memiliki kecenderungan atau rasa suka terhadap hal-hal dunia
  • Kisah Nabi Ibrahim yang Selalu Lulus Saat Diuji Allah Taala
    Hikmah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:45 WIB
    Allah banyak menguji Nabi Ibrahim sehingga menempatkan dirinya sebagai pemimpin dan teladan bagi umat sesudahnya. Bapak para nabi ini senantiasa lulus dalam menjalankan ujian tersebut.
  • Ciri Ujian Disayang Allah, Inilah Tanda-tandanya
    Muslimah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 19:13 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memberikan ujian kepada manusia untuk melihat seberapa besar kemampuan manusia dalam menjalani dan melewati permalahan hidup tersebut
  • Pengertian Munafik Beserta Ciri dan Contohnya dalam Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:49 WIB
    Dalam terminologi Islam, munafik ini merujuk kepada mereka yang berpura-pura mengikuti ajaran agama Islam, tetapi sebenarnya hati mereka memungkirinya. Hal ini, tentu sangat mengerikan dan berbahaya
  • Pemaaf itu Ciri Penduduk Surga, Jangan Diremehkan
    Muslimah
    Minggu, 27 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Sifat memaafkan bukanlah sifat yang patut diremehkan. Juga jangan menyepelekan sifat pemaaf karena memaafkan adalah ciri khas penduduk surga. Inilah beragam alasannya.
  • Ciri-ciri Istri yang Baik dan Saleha
    Tausiyah
    Selasa, 21 Januari 2020 - 16:46 WIB
    Pengasuh Yayasan Al Hawthah Al Jindaniyah, Al-Habib Ahmad bin Novel Jindan membeberkan ciri-ciri istri saleha menurut Al-Quran dan Hadis.
  • Sudah Taat, Tetapi Persoalan Hidup Tak Kunjung Dapat Solusi
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Juni 2021 - 16:10 WIB
    Di antara kaum muslimin mungkin pernah mengalami kecemasan karena persoalan hidup tak kunjung diberi solusi. Bahkan sudah taat, tetapi jalan keluar belum terlihat. Apa sebab?
  • Apakah Ibnu Shayyad Merupakan Sesosok Dajjal?
    Dunia Islam
    Rabu, 23 November 2022 - 09:59 WIB
    Pertanyaan apakah Ibnu Shayyad merupakan sesosok Dajjal beredar di kalangan umat Islam. Ibnu Shayyad memang mengundang kontroversi, yakni apakah dia benar-benar Dajjal ataukah hanya salah satu pengikut Dajjal atau Dajjal kecil?
  • Bentuk Keberkahan Hidup yang Jarang Disadari
    Muslimah
    Selasa, 29 November 2022 - 12:30 WIB
    Hidup berkah dan keberkahan hidup banyak bentuk dan macamnya, bisa di dalam raga, harta, waktu, keluarga, dan juga anak keturunan, bahkan ilmu.
  • Ciri-Ciri Nabi Isa Al Masih Alaihissalam yang Kelak akan Hidup Kembali Pertanda Hari Kiamat
    Hikmah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 09:31 WIB
    Nabi Isa merupakah salah satu nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan risalah-Nya kepada Bani Israil. Nabi Isa Alaihissalam sendiri bernama Isa Ibni Maryam atau dikenal dengan Isa Al-Masih.
  • Gaya Hidup Muslimah Sesuai Syariat, Yuk Amalkan!
    Muslimah
    Selasa, 03 Januari 2023 - 12:49 WIB
    Seorang muslimah yang baik harus selalu memberikan manfaat bagi sesama. Selalu dekat dengan Allah SWT, menghormati sesama dan saling menyayangi satu sama lain.
  • Ciri-ciri Orang Sukses Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juli 2021 - 19:51 WIB
    Dalam Islam tidak ada yang utama didamba setiap muslim yaitu bisa sangat dekat dengan Allah. Mereka-mereka ini adalah para kekasih Allah. Berikut ciri sukses menurut Al-Quran.
  • 7 Kelemahan Dajjal yang Bisa Selamatkan Kita di Akhir Zaman
    Hikmah
    Sabtu, 12 Agustus 2023 - 16:51 WIB
    Dalam Islam, Dajjal dianggap sebagai salah satu makhluk jahat yang akan muncul menjelang akhir zaman. Dia akan membawa fitnah dan ujian besar bagi umat manusia.