Topik Terkait: Dampak Negatif Dunia Maya (halaman 13)

  • Doa agar Dihindarkan...
    Tips
    Rabu, 16 Maret 2022 - 10:07 WIB
    Doa agar dihindarkan dari segala fitnah terdapat di dalam beberapa ayat Al-Quran. Doa ini untuk memohon perlindungan Allah Subhanahu wa taala agar dijauhkan baik dari fitnah di dunia maupun di akhirat kelak.
  • Sebab-Sebab Ekstrem...
    Dunia Islam
    Kamis, 24 November 2022 - 17:13 WIB
    Syaikh Muhammad al-Ghazali menganggap sikap ekstrem dalam beragama sebagai penyimpangan. Menurutnya, keberagamaan yang menyimpang karena sebab-sebab psikologis.
  • 2 Jenis Ghibah yang...
    Muslimah
    Minggu, 05 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Ghibah atau menggunjing, adalah perbuatan tercela yang ditinggalkan jauh-jauh oleh kaum muslim. Di antara jenis ghibah tersebut ada dua jenis yang sangat dilaknat Allah Subhanahu wa taala, yakni al-hamz dan al-lamz.
  • Doa untuk Bayi yang...
    Tips
    Senin, 29 April 2024 - 11:45 WIB
    Doa untuk bayi yang meninggal dunia terutama karena keguguran penting diketahui kaum muslim. Doa ini terdapat dalam kitab Shahih al-Bukhari
  • Ini Hikmah Mengapa Allah...
    Hikmah
    Minggu, 28 Agustus 2022 - 11:15 WIB
    Para ulama menyebutkan ada 10 hikmah dan alasan mengapa Allah tidak terlihat oleh manusia di dunia. Berikut beberapa alasan dan hikmahnya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kompleksitas Dunia Modern...
    Tausyiah
    Senin, 02 Januari 2023 - 13:43 WIB
    Kata Islaam disebutkan beberapa kali dalam Al-Quran. Satu di antaranya adalah sesungguhnya agama (yang diterima) di sisi Allah adalah Islaam.
  • Kisah Orientalis Hungaria...
    Dunia Islam
    Rabu, 28 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Ia adalah seorang ahli Ketimuran atau orientalis yang terkenal di seluruh dunia. Sebelum menjadi muslim, ia mengaku mimpi berjumpa dengan Nabi Muhammad SAW dan dibacakan QS An-Naba 6-9.
  • Tanda-tanda Fisik Sebagai...
    Muslimah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 08:11 WIB
    Al-Quran memberi hikmah dan penjelasan yang lengkap tentang tanda-tanda fisik yang ada pada tubuh kita dalam rentang usia kita agar manusia mampu mengambil pelajaran dan menambah iman.
  • Mengenal Tugas Lain...
    Muslimah
    Sabtu, 25 September 2021 - 05:19 WIB
    Tugas Malaikat Jibril yang kita ketahui adalah menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Namun timbul pertanyaan, setelah Baginda Rasul wafat, apakah tugas Malaikat Jibril selesai pula?
  • Kisah Khalifah Harun...
    Dunia Islam
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 08:05 WIB
    Khalifah Harun Al-Rasyid mengeksekusi satu persatu pentolan keluarga Yahya bin Khalid. Peristiwa ini dipicu skandal Yahya bin Khalid yang menghamili adik khalifah di luar nikah.
  • Menyelami Dunia Malaikat...
    Tausyiah
    Minggu, 06 November 2022 - 09:09 WIB
    Malaikat termasuk makhluk ghaib yang keberadaannya harus diimani. Tidak beriman seseorang jika tidak percaya adanya malaikat, sebab para malaikat adalah hamba Allah Subhanahu wa Taala yang dibebani untuk melaksanakan ibadah.
  • Ngeri, Kerugian Dunia...
    Tausyiah
    Kamis, 12 September 2024 - 10:40 WIB
    Ada bahaya dan dampak yang mengerikan baik di dunia maupun di akhirat dari segala sesuatu yang diharamkan agama, termasuk dr harta atau makanan haram.
  • 9 Ilmuwan Muslim Berpengaruh...
    Hikmah
    Kamis, 30 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Pada masa kejayaan Islam (750-1258) para ilmuwan muslim menghasilkan banyak karya dalam bidang sains, kedokteran, astronomi, pemerintahan, dan sebagainya. Berikut 9 ilmuwan muslim berpengaruh di dunia.
  • Mengenal Syaikh Abu...
    Dunia Islam
    Rabu, 02 Juni 2021 - 13:15 WIB
    Di antara ulama di jaman modern yang keilmuannya diakui oleh para ulama se-dunia adalah Syaikh Abu Al-Hasan Ali An-Nadwi Rha.a. Beliau adalah ahli ilmu yang juga penulis terbaik sirah nabawiyah.
  • Innalilahi wa Inna Ilaihi...
    Dunia Islam
    Senin, 26 September 2022 - 20:41 WIB
    Syaikh Muhammad Yusuf Al-Qardhawi wafat pada hari ini, Senin, 26 September 2022. Ulama dan cendikiawan Muslim sunni berpengaruh ini menghadap Illahi pada usia 96 tahun.
  • Warith Deen Mohammed,...
    Dunia Islam
    Rabu, 23 November 2022 - 05:15 WIB
    Dia membubarkan Nation of Islam pada tahun 1976 dan mengubahnya menjadi gerakan Islam Sunni. Dia pula yang menyerukan antirasisme dan membawa Muslimin Amerika diakui eksistensinya.
  • Hukum Beramal Shaleh...
    Tausyiah
    Minggu, 25 Desember 2022 - 17:22 WIB
    Ada amal shaleh yang dengan sadar kita lakukan untuk kepentingan dunia. Bolehkan hal tersebut dilakukan? Bagaimana pula hukumnya dalam syariat?
  • Rasulullah Membagi Manusia...
    Tausyiah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 18:03 WIB
    Dalam satu riwayat Ahmad, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam membagi manusia menjadi 4 kelompok. Berikut tausiyah Ustaz Farid Ahmad Okbah.
  • Kisah Organisasi Islam...
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Hande Taner mengungkap kisah organisasinya yang difitnah sebagai cabang perekrutan teroris. Padahal organisasi ini secara teratur berkampanye tentang isu-isu yang berkaitan dengan pemuda dan pelajar Islam.
  • Catatan Harian Mualaf...
    Dunia Islam
    Sabtu, 26 November 2022 - 08:44 WIB
    Mualaf asal Jerman Murad Wilfred Hoffman membuat catatan tentang perempuan Islam, setelah sejumlah muslimah jamaah umrah dari Jerman kesulitan mendapatkan visa dari Arab Saudi.