Topik Terkait: Gaya Hidup Muslim (halaman 17)

  • Muslim Pelaku Dosa Besar...
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 13:30 WIB
    Dosa yang dilakukan seorang muslim tidak serta merta menjadikannya kafir. Namun juga tidak berarti bahwa perbuatan dosa yang dilakukan ahlul qiblat tidak berdampak atau berakibat apa-apa bagi pelakunya.
  • Kisah Para Penunggang...
    Dunia Islam
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 05:25 WIB
    Broken Hill adalah sebuah kota pertambangan terpencil Australia dengan berpenduduk 17.000 orang. Di sini kaya akan sejarah Islam, meskipun sedikit yang tahu.
  • Bolehkah Pasangan Suami...
    Muslimah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 13:24 WIB
    Bolehkah pasangan suami istri memamerkan kemesraan di area publik atau di media sosial dengan mengupload foto-foto atau video kemesraan tersebut?
  • Hukum, Syarat dan Keutamaan...
    Tips
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Aqiqah atau akikah merupakan perayaan menyembelih kambing yang dilakukan sebagai bentuk dari rasa syukur karena bayi yang baru lahir. Hukum aqiqah menurut jumhur ulama adalah sunnah muakkadah
  • Kisah Ibnu Hajar Al-Haitami...
    Hikmah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 08:05 WIB
    Imam Ibnu Hajar Al-Haitami rahimahullah? (909-973 Hijriyah) adalah ulama besar yang memiliki karamah luar biasa. Beliau diuji dengan seorang istri yang akhirnya memilih hidup miskin.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Sifat dan Sikap Ahlul...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Mei 2021 - 13:40 WIB
    Al-Quran banyak berbicara tentang sifat dan sikap Ahl Al-Kitab terhadap kaum Muslim, dan berbicara tentang keyakinan dan sekte mereka yang beraneka ragam.
  • Pentingnya Mendidik...
    Muslimah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 14:17 WIB
    Mendidik anak bagi setiap muslim harus berorientasi akhirat. Jika sekadar hanya untuk mendidik anak yang sukses di dunia saja maka orang selain Islam juga bisa, banyak yang sukses di dunia
  • Pemaaf, Sifat Mulia...
    Muslimah
    Senin, 24 April 2023 - 12:16 WIB
    Salah satu sifat mulia adalah pemaaf, bahkan ditegaskan di antara akhlak mulia kekasih Allah adalah, kala mereka bermuamalah dengan sesama manusia, mereka ridha dengan apa yang mereka terima.
  • Muslim AS Takkan Pilih...
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Wali Kota Dearborn, Abdullah Hammoud, telah bersumpah Arab-Amerika tak akan memilih kembali Joe Biden pada pemilu mendatang, kecuali sebagai Presiden AS itu mengakhiri dukungannya terhadap Israel.
  • Hadis Arbain: Amalan...
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:22 WIB
    Hadis ini Diriwayatkan oleh dua Imamnya para ahli hadits, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari dan Abul Husain Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naisaburi.
  • Mendawamkan Kalimat...
    Hikmah
    Jum'at, 24 Mei 2024 - 11:07 WIB
    Ucapan hamdalah atau Alhamdulillah dan istighfar ternyata kunci keberkahan dan kesuksesan dalam hidup. Benarkah demikian dan bagaimana penjelasannya?
  • Keberuntungan Seorang...
    Tips
    Kamis, 08 September 2022 - 11:02 WIB
    Sungguh, sangatlah beruntung seseorang yang telah mendapat hidayah dari Allah. Kenapa demikian? Karena, tidak banyak kaum muslimin yang diberi hadiah hidayah oleh Allah Subhanahu wa taala.
  • 5 Hak Alquran Yang Wajib...
    Hikmah
    Rabu, 07 Juni 2017 - 18:25 WIB
    Dzaalikal kitaabu laa raiba fiihi, huda(n) lil-muttaqiin. Ini adalah Kitab (Alquran) tidak ada keraguan di dalamnya, petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa.
  • Lubna dari Cordoba :...
    Dunia Islam
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 11:06 WIB
    Lubna adalah seorang gadis asal Andalusia atau Spanyol sekarang. Sosoknya muncul di era Bani Umayyah, dan ia menjadi salah satu tokoh terpenting di Istana Ummayah di Cordoba pada abad ke 10.
  • Hadis tentang Kalimat...
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 07:34 WIB
    Tuhanku mengabarkan kepadaku bahwasanya aku akan melihat tanda pada umatku. Tatkala aku melihat tanda itu, maka aku memperbanyak ucapan Mahasuci Allah dan aku memujinya.
  • Meraih Keberkahan Hidup...
    Tips
    Senin, 06 Desember 2021 - 06:32 WIB
    Dalam Islam disebutkan ada waktu-waktu yang penuh dengan limpahan keberkahan, salah satunya adalah di waktu pagi hari.Kenapa di waktu pagi hari ini berlimpah keberkahan?
  • Profil Keluarga dan...
    Dunia Islam
    Senin, 26 September 2022 - 16:17 WIB
    Profil keluarga dan anak-anak Gus Baha atau Kiai Haji Ahmad Bahauddin Nursalim yang diintip umat adalah kesederhanannya. Kiai kelahiran 29 September 1970 ini, punya keluarga yang jauh dari kata mewah.
  • Mengalami Kesulitan...
    Tausyiah
    Jum'at, 06 November 2020 - 05:00 WIB
    Pada peringkat ini, menurut Syaikh, tiada terlihat olehnya, selain kehendak Allah Yang Maha Besar lagi Maha Kuasa, dan sampailah dia tentang Keesaan Allah, pada peringkat haqqul yaqin
  • Refleksikan Pandemi,...
    Dunia Islam
    Selasa, 27 April 2021 - 11:09 WIB
    Komunitas muslim di Canberra, Australia menguatkan silaturahmi antar muslim Indonesia di Canberra dan alumni kampus-kampus di Canberra dengan media virtual.
  • Jadikan Surga sebagai...
    Muslimah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 08:20 WIB
    Pernikahan suami istri bukan sekadar hidup bersama sampai tua. Tapi, ada yang lebih besar dari sekadar menua bersama, yakni menjadikan surga sebagai cita-cita dan tujuan suami Istri.