Topik Terkait: Golongan Yang Tidak Boleh Diberi Zakat Fitrah (halaman 2)

  • Kelompok yang Boleh Tidak Berpuasa Ramadan, Siapakah Mereka?
    Hikmah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 14:30 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala memberi kemudahan dan tidak menginginkan kesulitan bagi hamba-Nya yang memang disyaratkan tidak bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan tersebut. Siapa saja mereka? Apa dalilnya?
  • Zakat Merupakan Saudara Kandung Salat, Begini Penjelasan Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 13 April 2023 - 16:50 WIB
    Zakat merupakan syiar kedua dalam Islam dan merupakan kekuatan pendanaan sosial dari kekuatan-kekuatan besar lainnya. Zakat merupakan saudara kandung salat di dalam Al Quran dan As-Sunnah.
  • 7 Keutamaan Zakat dalam Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 23:27 WIB
    Keutamaan zakat dalam Islam penting diketahui kaum muslim. Kata zakat berasal dari bahasa Arab yang artinya menyucikan. Berikut 7 keutamaan zakat dalam Al-Quran dan Hadis.
  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga Lengkap Arab dan Terjemahan
    Tips
    Senin, 25 Maret 2024 - 15:39 WIB
    Bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga perlu diamalkan umat muslim yang hendak menunaikan kewajibannya. Berikut bacaannya lengkap terjemahan,
  • Apakah Boleh Zakat Fitrah dengan Uang?
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 05:15 WIB
    Apakah boleh Zakat Fitrah dengan uang? Berikut penjelasan Ustaz Isnan Ansory (pengajar Rumah Fiqih Indonesia) dalam Bukunya Itikaf, Qiyam al-Lail, Shalat Ied dan Zakat Al-Fithr di Tengah Wabah.
  • Mengenal Amil Zakat, Tugas, dan Syaratnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 17:06 WIB
    Membayar zakat adalah kewajiban bagi masing-masing umat muslim yang mampu, akan tetapi yang kurang mampu harus menerima zakat. Maka dari itu, kita membutuhkan amil zakat untuk membantu kita.
  • Bolehkah Menyalurkan Zakat ke Luar Daerah? Berikut Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 23:24 WIB
    Bagi perantau biasanya menyalurkan zakatnya di kampung halamannya atau di luar domisili tempat tinggalnya. Pertanyaannya, bolehkah menyalurkan zakat ke luar daerah?
  • 4 Rukun Zakat Fitrah yang Harus Dipenuhi
    Hikmah
    Sabtu, 06 April 2024 - 03:10 WIB
    Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Zakat Fitrah jadi salah satu ibadah wajib yang ditunaikan ketika Bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari Raya Idul Fitri.
  • 5 Hewan yang Boleh Dibunuh di Tanah Suci, Nomor 3 Sering Dijumpai
    Tausyiah
    Minggu, 02 Juli 2023 - 22:11 WIB
    Hewan yang boleh dibunuh di Tanah Suci Makkah dan Madinah ataupun saat Ihram ada lima jenis. Kelima hewan ini dianggap sebagai hewan fasiq yang menggangu.
  • Beda Zakat dengan Pajak Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 14 April 2023 - 03:00 WIB
    Zakat merupakan faridhah maliyah dan bersifat sosial. Dia merupakan rukun yang ketiga dari rukun Islam. Barangsiapa yang tidak mau menunaikan zakat karena pelit maka ia ditazir.
  • Waktu Terbaik dan Paling Afdal Mengeluarkan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 20 April 2023 - 03:01 WIB
    Mayoritas ulama mengatakan zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap jiwa kaum muslimin. Kapan waktu terbaik mengeluarkan zakat fitrah? Simak ulasan berikut ini.
  • Waktu yang Paling Afdhol Menunaikan Zakat Fitrah
    Tausiyah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 16:18 WIB
    Pengasuh Ponpes Al-Fachriyah Tangerang, Al-Habib Ahmad bin Novel Jindan menjelaskan seputar fiqih zakat fitrah yang perlu diketahui masyarakat awam dan para panitia zakat.
  • Hal-hal yang Boleh Dilakukan Ketika Puasa Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 02 April 2021 - 15:22 WIB
    Dalam melaksanakan puasa wajib seperti di bulan Ramadhan nanti, sebagi muslim kita harus memperhatikan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Dan bagaimana pula hukumnya?
  • Dulu Miskin Sekarang Kaya, Haruskah Mengqadha Zakat
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 14:18 WIB
    Lantas, apakah terdapat kewajiban lain bagi orang yang tidak mampu membayar zakat fitrah? Wajibkah dia mengqadha untuk membayar zakat tatkala ia mampu?
  • Mereka yang Wajib Mengeluarkan Zakat Fitri
    Tips
    Selasa, 18 April 2023 - 17:46 WIB
    Ukuran kemampuan, menurut jumhur ulama ialah, seseorang memiliki kelebihan makanan pokok bagi dirinya dan orang-orang yang menjadi tanggungannya, nafkah untuk satu malam Id dan siangnya.
  • Inilah Orang-orang yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 09 April 2021 - 08:07 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala memberi kemudahan dan tidak menginginkan kesulitan bagi hamba-Nya yang memang disyaratkan tidak bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini. Siapa saja mereka?
  • Inilah 8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat
    Tausiyah
    Rabu, 06 Juni 2018 - 16:48 WIB
    Setiap muslim diwajibkan menunaikan Zakat Fitrah sebagaimana firman Allah swt dalam Alquran Surah Al-Baqarah ayat 110. Inilah delapan golongan yang berhak menerima zakat.
  • Membayar Zakat Fitrah Secara Online, Sahkah?
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 05:55 WIB
    Allah menitipkan harta benda kepada manusia bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berbagi ke orang-orang sekitar. Zakat juga difungsikan untuk menyucikan harta.
  • Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 23:39 WIB
    Zakat merupakan rukun Islam yang keempat. Artinya, zakat merupakan salah satu hal yang penting dalam Islam. Berikut kriteria harta yang wajib dizakati.
  • Hindari Waktu Ini Ketika Menyerahkan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 03:05 WIB
    Menunaikan zakat fitrah pada bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim. Berikut ini waktu yang harus dihindari ketika menyerahkan zakat fitrah.