Topik Terkait: Golongan Yang Tidak Boleh Diberi Zakat Fitrah (halaman 3)

  • Mereka yang Boleh Membayar Fidyah Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 04 Mei 2021 - 18:23 WIB
    Ada beberapa kelompok manusia yang diperbolehkan meninggalkan puasa dan cukup menggantinya dengan membayar fidyah dengan cara memberi makan kepada fakir miskin sesuai dengan jumlah hari yang ia tinggalkan.
  • PP Muhammadiyah: Pembagian Zakat Fitri Setelah Sholat Id Tetap Sah
    Tausyiah
    Senin, 25 April 2022 - 14:30 WIB
    Jika pembagian zakat fitri dilaksanakan setelah sholat Idul Fitri disebabkan kesulitan yang tidak mampu ditanggulangi oleh panitia, maka zakat fitri yang diserahkan kepada panitia sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri tetap sah
  • Zakat Fitrah dan Syarat-syarat Penerimanya
    Muslimah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 14:33 WIB
    Tak terasa, sebentar lagi Ramadhan akan segara berakhir. Bagi setiap muslim, setelah melaksanakan puasa, ada lagi kewajiban yang harus ditunaikan dalam bulan Ramadhan ini, yakni membayar zakat fitrah.
  • Inilah 4 Golongan yang Mendapat Kebaikan dari Allah SWT
    Tausyiah
    Senin, 20 Februari 2023 - 12:36 WIB
    Orang yang beriman yang tunduk dan patuh kepada Allah Subhanahu wa taala dan hanya mengharap kenikmatan dan kebaikan dari-Nya, merupakan orang-orang yang beruntung.
  • Zakat Fitrah Hanya Diberikan kepada Orang Miskin
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:47 WIB
    Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan yang tak berguna dan kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin.
  • Nggak Mudik, Kirim Duit ke Kampung untuk Bayar Zakat, Sahkah?
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 15:59 WIB
    Bagaimana ketentuan zakat fitrah itu? Bolehkah membayar zakat dititipkan kepada orang lain di wilayah yang jauh dari tempat tinggal si pembayar zakat?
  • Beda Zakat dengan Pajak Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 14 April 2023 - 03:00 WIB
    Zakat merupakan faridhah maliyah dan bersifat sosial. Dia merupakan rukun yang ketiga dari rukun Islam. Barangsiapa yang tidak mau menunaikan zakat karena pelit maka ia ditazir.
  • Hadis tentang Fii Sabilillaah dan Ibnu Salil sebagai Golongan yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:42 WIB
    Mereka adalah para pasukan perang yang tidak punya hak dari baitul mal. Adapun Imam Ahmad, al-Hasan dan Ishaq mengatakan bahwa orang yang berhaji termasuk dalam fii sabilillaah, berdasarkan sebuah hadis.
  • Macam-macam Zakat Selain Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 04:01 WIB
    Zakat merupakan amalan penting bagi umat muslim. Dalam Islam dikenal dua jenis zakat. Pertama adalah zakat fitrah, kedua adalah zakat harta atau zakat mal.
  • Pintu-pintu Surga Terbuka Bagi yang Mengeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 12:01 WIB
    Kemuliaan yang dikaruniakan Allah Taala kepada umat Nabi Muhammad adalah kekhususan pahala dan fadhilah sebesar-besarnya bagi orang yang menunaikan zakat.
  • Zakat Fitrah Mengajarkan untuk Berbagi dan Menyucikan Diri
    Dunia Islam
    Kamis, 06 Mei 2021 - 15:28 WIB
    Salah satu ibadah penting dan spesial di bulan Ramadhan adalah zakat fitrah. Zakat tersebut sangat istimewa karena diwajibkan bagi seluruh umat Islam tanpa kecuali untuk menyucikan dirinya.
  • Membayar Zakat Fitrah Secara Online, Sahkah?
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 05:55 WIB
    Allah menitipkan harta benda kepada manusia bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berbagi ke orang-orang sekitar. Zakat juga difungsikan untuk menyucikan harta.
  • Haruskah Bayi atau Janin dalam Kandungan Membayar Zakat Fitrah?
    Muslimah
    Kamis, 13 April 2023 - 11:02 WIB
    Mulai 10 hari terakhir sebelum Idul Fitri tiba, semua umat muslim wajib membayar zakat fitrah. Lantas, bagaimana hukum zakat fitrah bagi bayi yang baru lahir atau janin yang masih dalam kandungan?
  • 8 Golongan Penerima Zakat, Siapa Saja Mereka?
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 19:41 WIB
    Zakat merupakan kewajiban dari Allah bagi setiap muslim yang mampu. Salah satu keutamaan menunaikan zakat adalah membersihkan harta dan menyucikan jiwa.
  • 5 Hewan yang Boleh Dibunuh di Tanah Suci, Nomor 3 Sering Dijumpai
    Tausyiah
    Minggu, 02 Juli 2023 - 22:11 WIB
    Hewan yang boleh dibunuh di Tanah Suci Makkah dan Madinah ataupun saat Ihram ada lima jenis. Kelima hewan ini dianggap sebagai hewan fasiq yang menggangu.
  • Mereka yang Berhak Menerima Zakat, Apakah Harus Dibagi Rata kepada 8 Golongan?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 11:17 WIB
    Para ulama berselisih pendapat berkenaan dengan delapan golongan yang berhak menerima zakat, apakah wajib menyerahkan harta zakat kepada setiap golongan atau boleh diserahkan kepada sebagian golongan saja.
  • Ancaman Keras Bagi yang Tidak Membayar Zakat
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 03:30 WIB
    Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan setiap muslim. Dalam Alquran Al-Karim, Allah selalu menggabungkan antara salat dan zakat.
  • Hadis tentang 4 dari 8 Golongan  yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 05:15 WIB
    Dan ini adalah mazhab Ahmad, Malik dan Ishaq. Maksudnya bahwa memberikan zakat kepada budak sifatnya lebih umum dari sekadar memerdekakan al-Mukatab atau membeli budak, kemudian memerdekakannya.
  • Zakat Emas, Cara dan Contoh Perhitungannya
    Tips
    Selasa, 21 Juni 2022 - 15:36 WIB
    Zakat merupakan ibadah maaliyah (berkaitan dengan harta) Allah wajibkan kepada umat Islam. Di dalamnya adalah termasuk zakat emas. Bagaimanakah ketentuan untuk menunaikan zakat emas ini.
  • 5 Golongan Manusia yang Terbebas dari Azab Kubur
    Tausyiah
    Senin, 27 September 2021 - 22:17 WIB
    Dalam perspektif Islam, setelah seorang meninggal dunia ia akan menunggu hari Kiamat di alam kubur. Berikut lima golongan manusia yang terbebas dari azab kubur.