Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 68)

  • 3 Macam Kisah dalam...
    Hikmah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:57 WIB
    Ada tiga macam kisah dalam Al-Quran. Dan adanya kisah-kisah yang ada dalam Al-Quran itu mempunyai beberapa tujuan atau hikmah. Berikut penjelasannya.
  • Tobat Nabi Adam dan...
    Tausyiah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 18:48 WIB
    Al-Quran telah mengungkap tentang tobat para nabi dan orang-orang yang saleh atas perbuatan salah mereka. Berikut ini contoh tobat dua nabi, yakni Nabi Adam dan Nabi Musa.
  • Begini Nasihat Hasan...
    Hikmah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 12:01 WIB
    Hasan al-Basri menyampaikan kata-katanya demi mengharap wajah Allah. Maka aku disingkirkan Allah dari Ibnu Hubairah, sedangkan Hasan al-Basri didekati dan dicintai, ujar Asy-Syabi.
  • Pelajaran di Balik Terjadinya...
    Hikmah
    Kamis, 26 Maret 2020 - 05:07 WIB
    Dunia medis menemukan setiap makhluk hidup, memiliki materi genetik yang terdiri kromosom, gen, DNA, dan RNA, yang akan diturunkan melalui proses reproduksi
  • 10 Hewan yang Dijamin...
    Tausyiah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 13:07 WIB
    Ada beberapa hewan yang dijamin masuk surga yang tercantum dalam Al-Quran, baik pada nama surat maupun sebagai sebuah kisah. Hal ini tentu bukan sekadar dongeng belaka, namun banyak hikmah di dalamnya.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Mesir dan Arab Saudi...
    Dunia Islam
    Selasa, 19 September 2023 - 16:56 WIB
    Mesir, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA) mengutuk penyerbuan Masjid Al-Aqsa yang dilakukan oleh ratusan pemukim Yahudi di bawah perlindungan pasukan Israel.
  • Doa Nabi Muhammad SAW...
    Tips
    Kamis, 18 Mei 2023 - 12:35 WIB
    Doa berikut diriwayatkan oleh Abu Manshur al-Arjani dalam kitab Fadhail al-Quran bahwa Nabi Muhammad SAW membacanya saat mengkhatamkan al-Quran.
  • Hari Kiamat Pasti Datang,...
    Tausiyah
    Senin, 06 Januari 2020 - 21:25 WIB
    Dai lulusan Universitas Al-Ahgaff, Hadromaut Yaman, Al-Habib Ali Zaenal Abidin Al-Kaff memberi nasihat saat kajian di Masjid Sunda Kelapa Jakarta belum lama ini.
  • 21 Ayat tentang Isra...
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 19:26 WIB
    Sayyid Jafar Barzanji menuliskan 21 ayat tentang Isra Mikraj dalam Kitab Barzanji. Berikut ini adalah penuturan beliau dinukil dari Terjemah Maulid al-Barzanji karya Abu Ahmad Najieh.
  • Bolehkan Manusia Takut...
    Tips
    Senin, 31 Januari 2022 - 10:16 WIB
    Mendengar kata jin dan sebangsanya, sepertinya akan membuat bulu kuduk kita berdiri. Namun, benarkah manusia akan selalu takut pada jin? Bagaimana menurut pandangan Islam?
  • Hukum Tajwid Surat Ibrahim...
    Tips
    Rabu, 13 Desember 2023 - 10:47 WIB
    Mempelajari tajwid Surat Ibrahim ayat 9 bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seorang Muslim. Pasalnya membaca ayat suci Al - Quran sesuai dengan tajwid adalah hal yang wajib dilakukan.
  • Kisah Menara Masjid...
    Dunia Islam
    Kamis, 20 Juli 2023 - 13:56 WIB
    Masjid ini adalah salah satu dari sedikit tempat wisata di kota Basra. Hanya saja, pada dini hari Jumat pagi, kemarin, menara setinggi 11 meter (33 kaki) itu diratakan dengan tanah.
  • 6 Hukum yang Diwajibkan...
    Tausyiah
    Senin, 18 April 2022 - 14:16 WIB
    Imam al-Ghazali dalam bukunya berjudul Ihya Ulum al-Din menyebut 6 hukum yang diwajibkan dalam berpuasa. Selain itu ada 4 jenis pengganti yang wajib dilakukan jika seseorang membatalkan puasa.
  • Hikayat sang Pena: Rahasia...
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 14:38 WIB
    Mahasuci Engkau, wahai Allah Yang Maha Kuasa: segala puji bagi nama-Mu, wahai Tuhan seru sekalian alam! Mulai saat ini aku tak akan lagi takut pada segala makhluk.
  • Rumah Berkah Gelar Semaan...
    Dunia Islam
    Rabu, 08 September 2021 - 17:28 WIB
    Yayasan Rumah Berkah Nusantara menggelar semaan Al-Quran 30 juz sekaligus santunan anak yatim dan dhuafa selama dua hari (6-7 September 2021).
  • Membaca Selawat Al-Ridha...
    Tips
    Rabu, 31 Mei 2023 - 13:17 WIB
    Menurut sebagian ulama, kata Syaikh Yusuf bin Ismail Al-Nabhani, siapa saja yang membaca selawat Al-Ridha ini sebanyak 70 kali, kemudian dia berdoa, maka doanya akan diterima oleh Allah SWT.
  • Surat Al-Qadr Ayat 3:...
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 14:25 WIB
    Surat al-Qadr secara umum berisi tentang proses nuzul al-Quran pertama kali ke langit dunia dari lauhul mahfuz dan bercerita tentang kemuliaan lailatul qadar.
  • 25 Contoh Bacaan Iqlab...
    Tips
    Selasa, 30 April 2024 - 09:37 WIB
    Contoh bacaan Iqlab ini perlu dipahami oleh setiap muslim sebelum membaca Al Quran, supaya bacaannya nanti sesuai dengan hukum tajwid
  • Inilah Pola Makan Ibu...
    Muslimah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:25 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala mengabarkan bahwa pentingnya memberi asupan yang baik, bergizi, serta halal, hingga ibu harus memberikan air susu kepada bayinya selama dua tahun. Begini penjelasannya!
  • Sholat 5 Waktu Dalam...
    Tausyiah
    Sabtu, 06 November 2021 - 21:15 WIB
    Kewajiban sholat 5 waktu ini pula adalah salah satu rukun dalam Islam dan diketahui oleh semua kalangan. Berikut penjelasan KH Yusuf Mansur.