Topik Terkait: Gunung Bergerak (halaman 2)

  • Renungan: Bergerak dari Satu Keinginan untuk Keinginan yang Lain
    Hikmah
    Sabtu, 10 April 2021 - 20:44 WIB
    Kereta kencana ini berdiri gagah di jalan, tapi tidak memberi kepuasan lagi. Kegembiraan itu hanya dirasa tatkala baru didapatkan. Anda menjadi sangat mabuk dengan keinginan.
  • Syekh Subakir Meruqyah Gunung Tidar: Makhluk Ghaib Ngungsi ke Pantai Selatan
    Hikmah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 16:47 WIB
    Khusus untuk kawasan bagian tengah Syeikh Subakir memilih menumbali kawasan Gunung Tidar yang letaknya tidak jauh dengan pusat peradaban Mataram Kuno
  • Jutaan Jemaah Haji Lakukan Tawaf Al-Qudum, Selanjutnya Bergerak Menuju Mina
    Dunia Islam
    Senin, 26 Juni 2023 - 10:42 WIB
    Jutaan jemaah tiba di Masjidilharam Makkah pada hari Ahad untuk melakukan Tawaf Al-Qudum (Tawaf Kedatangan) sebagai bagian dari ritual ibadah haji.
  • Sejarah Sunan Gunung Jati dan Jakarta, Beda  Fatahillah dan Syarif Hidayatullah
    Hikmah
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:19 WIB
    Sejarah Sunan Gunung Jati dan Jakarta tak bisa dipisahkan. Hanya saja, seringkali terjadi kerancuan antara nama Fatahillah dengan Syarif Hidayatullah yang bergelar Sunan Gunung Jati.
  • 5 Fakta Mengejutkan Gunung Sinai, Tempat Nabi Musa Menerima Wahyu
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 16:16 WIB
    Gunung Sinai merupakan gunung yang berada di semenanjung Sinai, Mesir dengan ketinggian 2.285 Mdpl. Gunung ini menyimpan banyak fakta-fakta menarik.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Keistimewaan Jabbal Qasiyun, Ketika Kiamat Terjadi Hanya Gunung Ini yang Bertahan
    Hikmah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 12:04 WIB
    Jabbal Qasiyun di Damaskus, Suriah, diyakini banyak keistimewaannya. Ada yang mengatakan tatkala terjadi gempa bumi dahsyat pada Hari Kebangkitan, tak akan menyentuh gunung ini.
  • Semeru Meletus: Ketika Pasak Bumi Berulah Ingat Kiamat Sudah Dekat
    Tausyiah
    Senin, 06 Desember 2021 - 15:17 WIB
    Banyak pelajaran yang bisa petik dengan meletusnya Gunung Semeru (Mahameru), Jawa Timur. Lewat peristiwa ini kita menjadi sadar akan kehadiran makhluk Allah yang satu in
  • Kisah Bahtera Nuh Berlabuh di Gunung Judi pada 10 Muharam
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 10:14 WIB
    Bahtera Nuh berlabuh pada tanggal 10 Muharam, setelah selama 150 hari air menggenangi bumi. Menurut al-Quran pada surat Hud ayat 44 tempat berlabuh bahtera Nuh itu adalah di Gunung Joudi.
  • Kisah Bahtera Nuh: Ditemukan Ada Kehidupan di Puncak Gunung Ararat Tahun 5500 hingga 3000 SM
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 16:17 WIB
    Inti dari penemuan ini terletak pada formasi Durupinar, yang terletak di distrik Do?ubayaz?t di A?r?, Turki, terletak kurang dari dua mil dari perbatasan Iran-Turki.
  • Kaki Gunung Hail di Arab Saudi, Bukan Sekadar Gurun
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 08:43 WIB
    Arab Saudi tak gersang lagi. Di wilayah Hal menawarkan pemandangan ngarai, dataran, gurun Al-Nafud, dan kaki gunung yang indah. Wilayah ini terletak di barat laut Arab Saudi.
  • Andai Al-Quran Diturunkan kepada Gunung Niscaya Akan Terpecah Belah
    Hikmah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 18:35 WIB
    Sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Berikut penjelasannya.
  • Kuburan Busuk Abu Lahab: Begini Bengisnya Keluarga Si Gendut Ini kepada Nabi SAW
    Hikmah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Abu Lahab dan istrinya, Ummu Jamil, berang. Mereka meminta kedua putranya agar menceraikan putri-putri Rasulullah SAW. Haram jika kalian berdua tidak menceraikan kedua putri Muhammad!
  • Kisah Sufi Sayed Shah Qadiri: Jalan Gunung
    Hikmah
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 16:54 WIB
    Kepercayaan yang sebenarnya merupakan sesuatu yang lain. Mereka yang mampu memiliki kepercayaan yang sebenarnya adalah yang pernah mengalami sesuatu
  • Kiamat Sudah Dekat (2): Jarak Gunung Emas Itu 4.774 km dari Sungai Eufrat
    Tausyiah
    Selasa, 16 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Masalahnya, sepertinya ada pemaksaan untuk mengaitkan Sungai Eufrat dengan gunung emas di Kongo. Sementara gunung emas di Kongo, Afrika, berjarak sekira 4.774 km dari Sungai
  • Jalan Gunung: Ahli Logika Cenderung Buram Matanya, Benarkah?
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 06:15 WIB
    Seorang bijaksana berkata, Harus diakui, para ahli logika cenderung buram matanya, dan mesti meminta orang lain membantunya. Tetapi, soal yang terjadi kali ini adalah sebaliknya.
  • Doa Ketika Gunung Meletus, Jangan Lupa Amalkan!
    Tips
    Selasa, 06 Desember 2022 - 15:22 WIB
    Doa ketika gunung meletus atau zikir-zikir lain saat terjadi bencana sangat penting kita panjatkan dan kita wiridkan sebagai bentuk kita meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Taala.
  • Kisah Sunan Muria Adu Sakti untuk Mendapatkan Si Cantik Dewi Roroyono
    Hikmah
    Senin, 26 April 2021 - 14:21 WIB
    Pathak Warak mengendap-endap ke kamar Dewi Roroyono. Gadis itu disirapnya sehingga tak sadarkan diri. Kemudian melalui genteng Pathak Warak melorot turun dan membawa lari gadis itu melalui jendela.
  • Syeikh Fikri: 4 Cara Agar Keluar dari Musibah Wabah
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali Berturut Saat Corona
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Doa Mohon Perlindungan Diri Saat Menjenguk Orang Sakit
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.