Topik Terkait: Haid

  • Tata Cara Mandi Haid yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Kamis, 07 September 2023 - 17:46 WIB
    Setelah selesai masa mestruasi atau haid kaum muslimah diwajibkan mandi wajib (mandi haid). Bagaimana tata cara mandi haid ini dan bagaimana dalilnya?
  • Zikir Penghapus Dosa yang Dianjurkan Diamalkan untuk Wanita yang Haid
    Muslimah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 12:30 WIB
    Ada amalan zikir bagi wanita yang sedang haid, zikir tersebut tidak hanya bisa menghapus dosa masa lalu, melainkan juga mendapatkan jaminan dari Allah Taala.
  • Bagaimana Cara Mengetahui Selesainya Masa Haid?
    Muslimah
    Senin, 23 November 2020 - 12:27 WIB
    Sebagai seorang muslimah, terkadang kita bingung menentukan masa awal dan masa akhir haid atau siklus bulanan ini. Bahkan ketika yakin sudah selesai dan melakukan salat, ternyata masih keluar lendir atau flek coklat. Bagaimana cara mengetahui berhentinya haid ini?
  • Amalan Rebo Wekasan untuk Wanita Haid
    Muslimah
    Selasa, 12 September 2023 - 18:42 WIB
    Amalan Rebo Wekasan untuk wanita haid sangat bermanfaat dan mengandung banyak pahala serta dapat menghindarkan dari berbagai bala bencana. Apa dan bagaimana amalannya?
  • Dzikir Wanita Haid yang Dapat Menghapus Dosa Masa Lalu
    Muslimah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 07:07 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita yang sedang berhadas seperti menstruasi dilarang melaksanakan ibadah sholat dan puasa. Bagaimana dengan dzikir? Bolehkah dilakukan?
  • Mitos-mitos Wanita Haid dan Faktanya Menurut Islam
    Muslimah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 09:26 WIB
    Masih banyak anggapan di masyarakat bahwa wanita haid yang dianggap sedang berhadas, dilarang melakukan aktivitas-aktivitas ibadah tertentu.Adanya larangan-larangan tersebut, akhirnya menyebarkan mitos-mitos seputar haid yang dalil rujukannya tidak jelas.
  • Inilah Hikmah Larangan Sholat Bagi Wanita Haid
    Muslimah
    Minggu, 22 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Saat mengalami siklus bulanan atau tengah haid, kaum wanita muslimah dilarang atau terlarang melaksanakan ibadah sholat, baik sholat fardhu maupun sunnah. Apa sebenarnya hikmah dari larangan menjalankan kewajiban yang diterima wanita haid ini?
  • Amalkan Doa Ini Saat Rasa Nyeri Haid Menyerang
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 10:58 WIB
    Kaum perempuan dikondrati mengalami siklus datang bulan atau biasa disebut mentruasi/haid. Dan ada di antara mereka yang harus mengalami rasa nyeri ketika tengah haid tersebut. Untuk itu, ada doa dari Rasulullah agar sakit di bagian perut ini hilang.
  • Bersuci Setelah Haid, Begini Tahapan dan Tata Cara Melakukannya
    Muslimah
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 06:08 WIB
    Bersuci setelah haid atau dikenal dengan sebutan mandi haid, wajib dilakukan seorang muslimah agar dapat kembali melaksanakan ibadah shalat dan puasa.
  • Ternyata Ada Lho, Amalan Wanita Haid yang Bisa Menghapuskan Dosa!
    Muslimah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 15:47 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita yang sedang berhadas seperti menstruasi dilarang melaksanakan ibadah salat dan puasa. Bagaimana dengan zikir ? Bolehkah dilakukan dan apakah amalannya ini diterima atau tidak?
  • Hukum Memakai Obat Penunda Haid agar Bisa Puasa Ramadan
    Muslimah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 08:10 WIB
    Hukum memakai obat penunda haid agar bisa berpuasa Ramadan, kerap dipertanyakan kaum muslimah. Hal ini, terkait kondisi kaum muslimah yang kondratnya harus mengalami siklus bulanan yakni haid
  • Bagaimana Hukum Berwudhu Sebelum Tidur Bagi Wanita Haid?
    Muslimah
    Minggu, 26 Desember 2021 - 19:16 WIB
    Amalan agar tidur mendapat pahala dan berkah, serta dijauhi dari gangguan setan adalah dengan berwudhu sebelum tidur. Namun, apakah anjuran ini juga berlaku untuk wanita yang tengah haid?
  • Sering Nyeri Saat Haid? Amalkan Doa dan Zikir Ini!
    Muslimah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 10:32 WIB
    Setiap muslimah dikondrati mengalami siklus datang bulan atau biasa disebut mentruasi/haid. Dan ada di antara mereka yang harus mengalami rasa nyeri ketika tengah haid tersebut
  • Doa Mandi Haid Wanita, Manfaat dan Tata Caranya
    Muslimah
    Senin, 07 Juni 2021 - 19:18 WIB
    Doa mandi haid wanita muslimah, penting untuk diperhatikan. Doa yang diamalkan ketika akan mandi setelah selesai mengalami siklus bulanan tersebut, ternyata juga mengandung manfaat luar biasa yang bernilai ibadah.
  • Bolehkah Perempuan Haid Mengajarkan Al-Quran?
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 18:50 WIB
    Sebagai seorang muslim, tentu menjaga kesucian saat aktivitas pengajar juga sangat dianjurkan. Bagi pengajar kaum laki-laki anjuran ini bukanlah persoalan, namun bagaimana dengan pengajar perempuan saat sedang mengalami menstruasi atau haid ?
  • Lagi Berhadast, Apakah Doa Wanita Haid akan Dikabulkan?
    Muslimah
    Senin, 23 Mei 2022 - 12:37 WIB
    Selain ibadah sholat dan puasa yang dilarang, masih banyak amalan lain bagi wanita haid di antaranya bersholawat, berdoa atau berzikir. Yang menjadi pertanyaan apakah ketika wanita haid ini berdoa, maka doanya akan dikabulkan Allah?
  • Agar Pahala Tetap Mengalir: 4 Amalan Perempuan yang Sedang Haid saat Ramadan
    Tips
    Selasa, 04 April 2023 - 15:35 WIB
    Bisa jadi datang bulan atapun nifas pada saat Ramadan membuat sebagian perempuan kecewa. Padahal ada ibadah-ibadah lain yang jumlahnya juga banyak saat Ramadan.
  • Hukum Wanita Haid Berlama-lama di Masjid Saat Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 15 April 2022 - 11:48 WIB
    Salah satu amalan yang dapat dilakukan perempuan yang sedang haid saat bulan puasa ini adalah mendengarkan kajian atau majelis taklim sebagai ikhtiar menuntut ilmu
  • Apakah Wanita Haid Boleh Berdoa di Sepertiga Malam?
    Muslimah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 10:44 WIB
    Apakah wanita haid boleh berdoa di sepertiga malam? Pertanyaan ini sering muncul karena wanita yang sedang mengalami siklus bulanan tersebut, diharamkan untuk sholat dan puasa
  • Memotong Kuku dan Rambut Saat Haid, Bolehkah Dilakukan?
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 13:08 WIB
    Banyak pemahaman di kalangan masyarakat terutama kalangan muslimah, bahwa orang yang tengah haid dilarang memotong kuku dan rambut karena akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat kelak. Benarkah demikian?