Topik Terkait: Hal Hal Yang Bikin Puasa Ramadhan Sia Sia (halaman 3)

  • Tips Menahan Hawa Nafsu dan Amarah Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 08 April 2022 - 11:01 WIB
    Hawa nafsu dan amarah yang tidak terkontrol selama puasa walaupun tidak membatalkan puasa secara langsung layaknya makan dan minum, namun tetap saja hal ini dapat mengurangi nilai dan pahala dalam ibadah puasa kita
  • Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil
    Tausyiah
    Sabtu, 24 April 2021 - 11:40 WIB
    Banyak yang bertanya mengenai bagaimana berpuasa bagi ibu hamil ketika Ramadhan? Kali ini akan dibahas tentang hal tersebut.
  • Niat Puasa Ramadhan Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris
    Tips
    Kamis, 14 September 2023 - 22:59 WIB
    Niat puasa Ramadhan bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris menjadi informasi penting bagi umat Islam. Sekadar info, Puasa Ramadhan 1445 Hi akan jatuh antara tanggal 11 atau 12 Maret 2024.
  • Hati-hati, Amalan Ditolak Meski Menunaikan Ibadah di Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 29 April 2022 - 12:52 WIB
    Anugerah terindah bagi seorang hamba adalah manakala Rabb-Nya mengampuni dosa-dosanya. Namun, ada kekhawatiran yang sangat yakni akan amal-amal yang telah dikerjakan ini teryata ditolak oleh Allah subhanahu wa taala
  • 10 Nasehat Emas Ibnu Qayyim Tentang Perkara yang Sia-sia
    Tips
    Rabu, 03 November 2021 - 19:12 WIB
    Ada banyak sekali nasihat-nasihat dari imam Ibnu Qayyim itu yang sangat populer. Salah satu nasehatnya adalah tentang Perkara sia-sia yang paling besar dan pokok di antara hal-hal tersebut ialah menyia-nyiakan waktu dan menyia-nyiakan hati
  • Hukum Puasa Arafah Tapi Masih Punya Utang Ramadhan
    Tips
    Minggu, 03 Juli 2022 - 19:45 WIB
    Hukum puasa Arafah tapi masih punya utang Qadha Ramadhan perlu dipahami oleh umat Islam. Apakah harus mengqadha puasa Ramadhan terlebih dahulu?
  • 7 Keutamaan Puasa Ramadhan, Nomor 1 Banyak yang Mendambakan
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Maret 2022 - 17:36 WIB
    Paling tidak ada tujuh keutamaan puasa ramadhan. Ketujuh keutamaan itu sebagai bentuk penempaan jiwa sekaligus penyucian diri (tazkiyatun nafs) bagi seorang hamba.
  • Mengqadha Puasa Ramadhan, Inilah Doa, Niat dan Tata Caranya
    Muslimah
    Sabtu, 22 Mei 2021 - 08:44 WIB
    Karena kekhususan kaum perempuan seperti mengalami haid atau nifas, menjalankan puasa Ramadhan tidak dapat sebulan penuh dilaksanakan. Maka ia pun harus membayarnya dengan mengqadha puasa
  • Sibuk dengan Hal yang Sia-sia, Tanda Allah Menelantarkan Kita
    Muslimah
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 06:33 WIB
    Menyibukan diri dengan hal-hal atau perbuatan sia-sia sangat dilarang dalam Islam. Bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sudah memperingatkannya untuk meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.
  • Penting Diketahui Hikmah dan Keutamaan Sahur Saat Puasa Ramadhan
    Muslimah
    Senin, 05 April 2021 - 08:38 WIB
    Sebentar lagi umat muslim akan menjalankan puasa Ramadhan. Sebagai persiapan menjalankan puasa sepanjang hari, sahur memiliki banyak hikmah dan keutamaan. Apa dan bagaimana sebenarnya perihal sahur ini?
  • Amalan Agar Tidak Haus Ketika Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 14 April 2021 - 13:36 WIB
    Menjalani ibadah puasa Ramadhan bagi sebagian orang ada yang merasa haus, dan terkadang tubuh menjadi lemas karena kekurangan energi. Berikut amalannya.
  • Puasa Lahir Bathin
    Tips
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Para nabi dan orang orang beriman terdahulu menjalankan puasa sebagaimana bentuk model puasa yang dikenal hingga hari ini sebagai puasa Adam, puasa Nuh, puasa Daud, dll.
  • Hadis-hadis Seputar Puasa yang Perlu Diketahui (Bagian-1)
    Tausiyah
    Sabtu, 27 April 2019 - 03:30 WIB
    Wangi bulan suci Ramadan mulai terasa setelah umat Islam melewati nishfu Sya&rsquoban beberapa hari lalu. Itu artinya tak lama atau hanya hitungan hari bulan suci Ramadan akan menghampiri kita.
  • Bacaan Niat Puasa Ramadhan yang Benar
    Tausiyah
    Selasa, 15 Mei 2018 - 14:36 WIB
    Sebelum melaksanakan ibadah wajib ini, umat Islam harus mengetahui rukun dan bacaan niat puasa Ramadhan. Niat memiliki kedudukan penting karena merupakan salah satu rukun beribadah.
  • Ramadhan di Saat Wabah Corona, Puasa atau Tidak?
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 06:21 WIB
    Puasa Ramadhan bukanlah sekadar kewajiban biasa bersifat teologis, dipastikan mengandung aspek lain berupa manfaat yang langsung berguna dan dibutuhkan oleh tubuh manusia secara holistik.
  • Hari Pertama Ramadhan, Tidak Ada Kegiatan Buka Puasa Bersama di Masjid Istiglal
    Dunia Islam
    Selasa, 13 April 2021 - 18:32 WIB
    Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, tidak mengadakan buka puasa bersama. Adapun tujuannya agar tidak menimbulkan kerumunan.
  • Perpisahan Sebentar Lagi,  Apa Hasil Puasa Selama Ramadhan?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 17:09 WIB
    Ibadah puasa diperintahkan Allah kepada setiap mukmin agar bisa meraih takwa. Di antara ciri-ciri takwa itu dijelaskan dalam surah Ali Imran : 15-17. Apa saja?
  • 15 Tips Menjaga Lisan Agar Puasa Tidak Ternoda
    Tips
    Kamis, 31 Maret 2022 - 16:33 WIB
    Ucapan yang baik akan menimbulkan kesan yang baik sedangkan ucapan yang buruk akan dapat memicu permusuhan. Berikut 15 tips menjaga lisan saat berpuasa.
  • Niat Puasa Qadha dan Kapan Diamalkannya yang Tepat?
    Tips
    Minggu, 17 September 2023 - 17:41 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadan dan dilaksanakan di bulan apa saja selain Ramadan, termasuk di bulan Rabiul Awal ini.
  • Inilah 7 Tips Sehat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan
    Tips
    Kamis, 21 April 2022 - 13:56 WIB
    Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh memerlukan stamina dan kondisi tubuh yang prima. Nah, agar kita dapat menjaga tubuh tetap sehat serta tetap semangat menjalankan ibadah puasanya, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan.