Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 56)

  • Hukum Meletakkan Uang...
    Tausyiah
    Senin, 14 Februari 2022 - 22:13 WIB
    Seringkali kita dapati selipan uang atau barang tertentu di dalam mushaf Al-Quran, entah orang lain yang meletakannya atau kita sendiri, lantas apa hukumnya menurut hukum syariat?
  • Pakaian dalam Al-Quran:...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juni 2024 - 14:25 WIB
    Ar-Raghib Al-Isfahani --seorang pakar bahasa Al-Quran menyatakan bahwa pakaian dinamai tsiyab atau tsaub, karena ide dasar adanya bahan-bahan pakaian adalah agar dipakai.
  • Hukum Tajwid Surat Luqman...
    Tips
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 09:46 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid di surat Luqman ayat 13 dan 14 yang perlu dipahami umat muslim supaya tidak mengalami salah baca yang dapat menimbulkan salah arti.
  • Membaca Sikap Al-Azhar,...
    Hikmah
    Selasa, 14 April 2020 - 08:45 WIB
    Di Mesir, sejumlah orang juga menolak jenazah pasien covid-19. Haedar Nashir mempersembahkan puisi menyentuh hati tentang Nuria, sang perawat yang gugur saat bertugas.
  • Masih Suka Lepas Pasang...
    Muslimah
    Sabtu, 14 September 2024 - 05:15 WIB
    Bagaimana Islam memandang muslimah yang sering lepas dan pasang jilbab? Pertanyaan ini mengemuka karena dalam keseharian, banyak kaum muslimah yang masih melakukan hal tersebut.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Begini Keistimewaan...
    Hikmah
    Kamis, 07 September 2023 - 08:45 WIB
    Barangsiapa yang membacanya tujuh kali dalam waktu salat maka salatnya akan diterima dan Allah akan menjadikannya termasuk orang-orang yang suka untuk mengerjakan salat pada waktunya.
  • Dalil Sholat 5 Waktu...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 21:38 WIB
    Sholat 5 waktu merupakan kewajiban yang ditentukan waktunya oleh Allah. Ibadah ini memiliki keutamaan besar dan menjadi amal yang pertama dihisab pada Hari Kiamat.
  • Hakikat Puasa dalam...
    Tausiyah
    Jum'at, 17 Mei 2019 - 15:20 WIB
    Tafsir sufi, atau lebih dikenal dengan istilah tafsir isyari merupakan salah satu metode penafsiran yang dilakukan oleh kaum sufi.
  • Apakah Nuzulul Quran...
    Hikmah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Apakah Nuzulul Quran benar terjadi pada 17 Ramadan? Pertanyaan seperti itulah yang kebanyakan ditanyakan orang-orang tentang waktu turunnya Al-Quran.
  • Masalah Persaksiaan,...
    Tausyiah
    Selasa, 12 September 2023 - 05:15 WIB
    Sebenarnya perbedaan kaum laki-laki dengan kaum wanita di dalam hukum tersebut bukan karena jenis laki-laki itu lebih mulia menurut Allah dan lebih dekat dengan-Nya daripada jenis wanita.
  • Mengenal Sifat Nafsu...
    Muslimah
    Kamis, 12 November 2020 - 07:35 WIB
    Setiap manusia tentu memiliki nafsu yang menjadi dasar atas segala urusan atau perbuatan yang dilakukannya, entah itu perbuatan baik atau perbuatan buruk. Sebenarnya nafsu itu sangatlah luas dan mencakup banyak hal.
  • Laznas PPPA Daarul Quran...
    Dunia Islam
    Jum'at, 01 April 2022 - 10:45 WIB
    Laznas PPPA Daarul Quran merayakan hari jadi yang ke-15 pada Selasa (29/3) dengan mengangkat tema Wonderful Al-Quran.
  • Arti Kekhalifahan di...
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 05:30 WIB
    Hubungan ini, walaupun tidak disebutkan secara tersurat dalam ayat di atas, tersirat karena penunjukan sebagai khalifah tidak akan ada artinya jika tidak disertai dengan penugasan atau istikhlaf.
  • Makanan Halal: Tidak...
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:29 WIB
    Al-Quran mengharamkan: Memakan sembelihan yang disembelih selain atas nama Allah, Janganlah kamu memakan apa-apa yang tidak disebut nama Allah atasnya, karena yang demikian itu adalah kefasikan
  • Bolehkah Wanita Bersafar...
    Muslimah
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Bolehkan wanita bersafar (bepergian) tanpa mahram? Pertanyaan ini umumnya ditujukan untuk wanita muslimah yang akan bepergian seorang diri.
  • Kematian Menurut Al-Quran:...
    Tausyiah
    Sabtu, 07 September 2024 - 09:45 WIB
    Ayat-ayat Al-Quran dan hadis Nabi menunjukkan bahwa kematian bukanlah ketiadaan hidup secara mutlak, tetapi ia adalah ketiadaan hidup di dunia, dalam arti manusia yang meninggal hakikatnya masih hidup.
  • Hukum Ziarah Kubur Sebelum...
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 02:02 WIB
    Umat Islam memiliki kebiasaan melakukan ziarah kubur sebelum Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Tak terkecuali di Indonesia ziarah kubur ini sudah menjadi tradisi.
  • Hukum Sholat Tahajud...
    Tips
    Selasa, 28 Februari 2023 - 23:15 WIB
    Sholat tahajud merupakan salah satu sholat malam (Qiyamul Lail) yang dikerjakan setelah bangun dari tidur. Jumlah rakaatnya tidak terbatas, minimal dua rakaat.
  • Tadabbur Al-Maidah Ayat...
    Tausyiah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 07:01 WIB
    Tadabbur ayat kali membahas tentang makanan yang dihalalkan Allah dalam Surat Al-Maidah ayat 4. Makanan yang halal ini adalah makanan yang baik-baik berdasarkan syariat.
  • Mengapa Surat Yasin...
    Tips
    Selasa, 20 September 2022 - 17:07 WIB
    Mengapa Surat Yasin sering disebut sebagai jantungnya Al Quran oleh mayoritas umat Muslim? Kenapa demikian dan apa yang melandasinya?