Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 81)

  • Ayat-Ayat Al-Quran tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 09 April 2024 - 14:10 WIB
    Nah jika dikembalikan pada empat jenis halal yang diperkenalkan oleh hukum Islam, maka yang makruh tidak termasuk dalam kategori halalan thayyiban.
  • Doa Malam Nuzulul Qur’an,...
    Tips
    Senin, 27 Maret 2023 - 06:15 WIB
    Doa malam Nuzulul Quran menjadi informasi penting yang perlu diketahui umat muslim. Adapun bacaan doa ini dianjurkan untuk dibaca saat memperingati pertama kali turunnya Al-Quran di bulan Ramadan.
  • 5 Hakikat Puasa Ramadan...
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 11:34 WIB
    Imam Al-Ghazali membagi 5 hakikat puasa bagi orang khusus (shaum al-khusus) yang patut kita cermati dan teladani dengan baik agar kualitas puasa kita mencapai derajat yang tinggi (al-darajat al-ula).
  • Dialog Al-Walid dengan...
    Hikmah
    Sabtu, 10 September 2022 - 14:28 WIB
    Dialog Al-Walid bin Al-Mughirah dengan Abu Jahal untuk menggembosi dakwah Rasulullah SAW ini terjadi pasca-pertemuan antara Al-Walid dan Rasulullah SAW.
  • Potret Rasa Cinta Manusia...
    Muslimah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Rasa cinta adalah salah satu pokok kehidupan dan dalam Al-Quran kata cinta juga disebutkan dengan berbagai sinonim atau persamaan kata. Lalu bagaimana dengan rasa cinta yang ada pada manusia?
  • Surat Al-Fatir Ayat...
    Tausyiah
    Kamis, 14 September 2023 - 15:00 WIB
    Allah telah melenyapkannya dari kami dan menyelamatkan kami dari apa yang kami takutkan dan kami hindari, yaitu kesusahan-kesusahan di dunia dan di akhirat
  • 3 Pelajaran Penting...
    Hikmah
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:08 WIB
    Kaum muslimin harus mengambil pelajaran dari setiap peperangan yang terjadi, agar kemenangan selalu berada di pihak umat Islam. Termasuk dalam melihat penjajahan yang dilakukan Yahudi Israil terhadap penduduk Palestina.
  • Al-Quran Berisikan Penjelasan...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 08:05 WIB
    Apakah Kitab Suci Quran berisikan penjelasan mengenai beberapa peristiwa-peristiwa yang diketahui oleh ilmu pengetahuan kita sekarang, yang tidak diketahui pada masa Muhammad?
  • Konsep Sholat Thariqah...
    Tausyiah
    Senin, 15 Februari 2021 - 10:57 WIB
    Menurut Syaikh Abdul Qdir al-Jlani, pahala bagi orang yang melaksanakan salat syariah adalah surga, dan pahala bagi orang yang menjalankan shalat thariqah adalah al-Qurbah.
  • Bagaimana Hukum Duduk...
    Tausiyah
    Rabu, 18 Desember 2019 - 15:22 WIB
    Kita sering saksikan saat mengantar jenazah ke pemakaman atau saat berziarah ada saja orang-orang yang seenaknya duduk di atas kuburan. Apa hukumnya dalam pandangan syariat?
  • Pertentangan Hubungan...
    Hikmah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 17:39 WIB
    Ada 4 penyebab pertentangan kelompok ahli syariah dan ahli haqiqah. Jurang pemisah yang makin hari makin melebar itu makin menjadi-jadi pada sekitar akhir abad ke-5 Hijrah.
  • Membaca Surat Al-Hasyr...
    Hikmah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 13:01 WIB
    Sudah sepantasnyalah kita memohon kepada Allah agar dijauhkan dari rasa dengki dengan cara berdoa yang diambil dari ayat Al-Quran berupa surat al-Hasyr ayat 10.
  • Abu Dzar Al-Ghifari...
    Hikmah
    Minggu, 17 Oktober 2021 - 15:19 WIB
    Rasulullah sempat mengatakan pada Abu Dzar bahwa dirinya akan diusir dari Madinah dan tinggal di tempat sunyi di Rabzah. Di sana akan mati dan akan dikubur oleh sekelompok orang Irak.
  • Islam Mengajarkan untuk...
    Tausiyah
    Sabtu, 25 Mei 2019 - 03:36 WIB
    Dalam Alquran Al-Karim, mencari-cari kesalahan orang lain disebut dengan istilah tajassasu (tajassus). Perbuatan ini tergolong sifat tercela yang amat dibenci Allah dan Rasul-Nya.
  • Gerakan Teosofi Budi...
    Dunia Islam
    Rabu, 22 November 2023 - 14:41 WIB
    Prof Reeve sebagai akademisi yang pernah meneliti Gerakan Teosofi, menyatakan, Perkumpulan Teosofi mengaku terbuka untuk semua agama, namun tampaknya mereka menjalin sangat sedikit persentuhan dengan Islam,
  • Hukum Makmum Enggan...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 16:42 WIB
    Apa hukum mengucapkan amin setelah imam salat membaca Surah Al-Fatihah? Imam Syafii dalam Fikih Manhaji menjelaskan, membaca amin setelah imam membacakan Surah Al-Fatihah dalam salat hukumnya sunah.
  • Beberapa Contoh tentang...
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 17:10 WIB
    Persiapan kekuatan semampu mungkin, bersikap waspada terhadap musuh, serta melatih umat, juga sama. Alat-alat dan perangkat dapat berubah, sementara ajaran dan tujuannya adalah tetap.
  • Mantan Pemimpin Partai...
    Dunia Islam
    Rabu, 08 November 2023 - 11:34 WIB
    Jeremy Corbyn, berkisah masyarakat Gaza telah meminjamkan kegembiraan, empati, dan rasa kemanusiaan mereka kepada dirinya. Ia berharap suatu hari nanti, dapat mengembalikannya kepada mereka.
  • Mimpi Syaikh Abdul Qadir...
    Tausyiah
    Selasa, 17 November 2020 - 05:00 WIB
    Dan kulihat dia seperti seorang kasim, lembut ucapannya, dagunya berjenggot, hina pandangannya dan buruk mukanya, seolah ia tersenyum kepadaku, penuh malu dan ketakutan.
  • Paniknya Kekuasaan Menurut...
    Tausyiah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 15:44 WIB
    Sebuah opini atau pendapat yang disampaikan baik secara lisan atau tulisan, tidak selalu harus dimaknai sebagai serangan kepada orang-orang tertentu.