Topik Terkait: Hukum Harta Temuan (halaman 18)

  • Benarkan Pintu Ijtihad...
    Tausyiah
    Kamis, 17 November 2022 - 15:45 WIB
    Sebagian ulama berpendapat bahwa pintu ijtihad telah tertutup. Ini digelorakan ulama mutakhirin setelah dunia Islam diliputi kabut taashub mazhab serta banyaknya mujtahid karbitan.
  • Cerai Halal tapi Dibenci...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Agustus 2024 - 14:58 WIB
    Islam, sekalipun memperkenankan talaq, tetapi membencinya, tidak menyunatkan dan tidak menganggap satu hal yang baik. Bahkan Nabi sendiri mengatakan: Perbuatan halal yang teramat dibenci Allah, ialah talaq.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 13:09 WIB
    Sebagai ulama kharismatik dan ahli tafsir Al Quran, wajar saja pendapat Gus Baha menjadi rujukan dan fatwa bagi persoalan hukum dalam Islam. Salah satunya adalah soal rokok.
  • Ini Perbedaan Paham...
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan jika paham ekonomi materialis liberal mengkultuskan kebebasan individu maka paham ekonomi sosialis juga memiliki pandangan tersendiri.
  • Debat Capres Cawapres:...
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 15:18 WIB
    Kata yang terbentuk dari akar kata ini disebut dalam al-Quran sebanyak 20 kali. Sedangkan yang bermakna diskusi dan tidak diperkenankan bantah-bantahan ditemukan satu kali dalam bentuk kata mira.
  • Perkawinan Beda Agama:...
    Tausyiah
    Senin, 06 Mei 2024 - 14:54 WIB
    Al-Quran telah mengizinkan lelaki muslim mengawini perempuan-perempuan ahli kitab baik dari kalangan Yahudi maupun Nasrani, untuk mengadakan pergaulan dengan mereka.
  • Berikut Amalan Penghapus...
    Tips
    Rabu, 23 Februari 2022 - 11:54 WIB
    Amalan penghapus dosa zina adalah tobat yang sebenar-benarnya tobat atau taubatan nasuha. Dalam Islam, zina adalah dosa yang sangat besar dan sangat keji.
  • Begini Maksud Kewajiban...
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 11:58 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan umat Islam wajib menjaga dan memerhatikan prinsip-prinsip dasar dalam berinfak. Dia menyebut 4 prinsip dasar tersebut.
  • Bagaimana Hukum Mandi...
    Tips
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:43 WIB
    Ketika bertaubat dari perbuatan dosa besar, benarkah diharuskan melakukan mandi taubat dulu? Bagaimana hukum, niat dan tata caranya?
  • Watak Tak Berdosa dari...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 16:53 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan hati manusia diciptakan bagai sebuah batu api. Ia mengandung api yang terpijar oleh musik dan harmoni serta menawarkan kegairahan bagi orang lain, di samping dirinya.
  • Doa saat Menggiring...
    Tips
    Minggu, 25 Juni 2023 - 09:35 WIB
    Membaca doa ketika berkurban adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Di antara syarat halalnya sembelihan adalah membaca basmalah.
  • Jika Anak Gadis Terlanjur...
    Tausyiah
    Senin, 14 Juni 2021 - 09:35 WIB
    Menikahkan anak sesegera mungkin karena perzinaan tidak selalu menjadi solusi yang tepat. Sebab dampak terburuknya terhadap perempuan. Ia akan kehilangan hak-haknya.
  • Seni Dalam Islam: Keindahan...
    Tausyiah
    Selasa, 28 Mei 2024 - 14:29 WIB
    Bukankah seperti tulis Immannuel Kant, dan dikuatkan juga oleh mantan Pemimpin Tertinggi Al-Azhar Syaikh Abdul-Halim Mahmud, bahwa bukti terkuat tentang wujud Tuhan terdapat dalam rasa manusia, bukan akalnya.
  • 5 Sifat Manusia yang...
    Tausyiah
    Minggu, 25 Agustus 2024 - 13:15 WIB
    Harta merupakan bagian penting yang tidak dipisahkan dan selalu diupayakan oleh manusia dalam kehidupannya. Namun ada sifat manusia yang membuat harta menjadi tercela. Sifat seperti itu?
  • Bolehkah Berkurban dengan...
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:56 WIB
    Ada yang bertanya tentang hukum berkurban dengan hewan pincang atau cacat serta batasannya. Apakah hal ini sah dan dibolehkan? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Hukum Membaca Al-Fatihah...
    Tips
    Selasa, 06 September 2022 - 11:46 WIB
    Hukum membaca Al-Fatihah sebelum membaca Al-Quran adalah sesuatu amalan yang tidak dicontohkan Rasulullah SAW maupun para sahabat nabi ra. Hal itu sebagai sesuatu yang diada-adakan.
  • Bolehkah Berenang Saat...
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 16:43 WIB
    Bolehkah berenang saat berpuasa Ramadhan dan benarkah olahraga tersebut bisa membatalkan puasa? Pertanyaan ini muncul, karena banyak muslim yang menggemari olahraga berenang dalam aktivitas hariannya
  • Bolehkah Shalat dengan...
    Muslimah
    Rabu, 05 Januari 2022 - 08:16 WIB
    Sebagai pakaian bagi muslimah, cadar atau niqab, berbeda dengan kerudung atau jilbab. Cadar, umumnya dipakai menutup muka dan hanya menampakkan kedua mata saja.
  • 3 Sebab Adanya Hak Waris,...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Februari 2024 - 05:55 WIB
    Ada tiga sebab yang menjadikan seseorang mendapatkan hak waris. Salah satunya, Kerabat hakiki (yang ada ikatan nasab), seperti kedua orang tua, anak, saudara, paman, dan seterusnya.
  • Bolehkah Berkurban Sekaligus...
    Tips
    Senin, 27 Juni 2022 - 10:47 WIB
    Bagi setiap muslim yang sudah mampu, dianjurkan (sunah muakadah) untuk melaksanakan ibadah kurban. Namun pada saat bersamaan belum berakikah, bolehkah menggabungkan dua niat kurban dan aqiqah?