Topik Terkait: Hukum Merayakan Valentine (halaman 24)

  • Sholat Idul Fitri: Mana...
    Tips
    Sabtu, 30 April 2022 - 16:23 WIB
    Menurut pendapat Imam Malik sholat Id baik dilaksanakan di lapangan terbuka. Karena Nabi Muhammad SAW juga melakukan sholat Id di lapangan kecuali karena ada hujan atau penghalang lainnya.
  • Ketidakadilan Hukum...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 16:35 WIB
    Golongan elit Quraisy Makkah pernah direpotkan oleh masalah seorang perempuan Mukhzumiyah dari kalangan suku Arab terpandang yang terkena kasus pencurian.
  • Tarqiq dan Tafkhim,...
    Tips
    Senin, 14 Agustus 2023 - 22:01 WIB
    Tarqiq dan Tafkhim penting dipelajari setiap muslim untuk mempermudah dalam melafalkan huruf Hijaiyah. Hukum bacaan Tarqiq dan Tafkhim ini termasuk bagian dari ilmu tajwid.
  • Bolehkah Anak Kecil...
    Tausyiah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 04:30 WIB
    Haji merupakan salah satu rukun Islam yang cara pelaksanaannya berbeda dengan empat rukun Islam lainnya. Ibadah yang satu ini hanya bisa dilaksanakan di Tanah Suci Makkah.
  • Hukum Puasa Pada Hari...
    Tips
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 12:51 WIB
    Bagaimana hukum puasa pada hari Jumat? Boleh atau tidak? Mana dalilnya? Begitulah kira-kira pertanyaan yang sering muncul, tentang ibadah sunnah yang dilaksanakan pada hari Jumat.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Hubungan Perintah Sholat...
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 13:24 WIB
    Perintah sholat dan zakat adalah perintah yang sering kali disebut dan berulang-ulang dibahas dalam Al-Quran. Sholat disebut juga sebagai ibadah habluminaullah, sedangkan zakat disebut hablumninnas.
  • Hukum Membawa HP Berisi...
    Tips
    Senin, 14 Maret 2022 - 23:23 WIB
    Di antara kaum muslim mungkin ada yang bertanya tentang hukum membawa HP berisi aplikasi Al-Quran ke toilet atau kamar mandi. Bolehkah?
  • Hukum Kurban: Syafiiyah...
    Tausyiah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 08:47 WIB
    Para ahli fikh berbeda pendapat tentang hukum pelaksanaan ibadah kurban. Abu Hanifah dan para pengikutnya menyatakan ibadah kurban hukumnya wajib dilaksanakan setiap tahun bagi mereka yang mampu
  • Konsep Istihsan, Istishlah,...
    Tausyiah
    Senin, 06 Maret 2023 - 16:18 WIB
    Sumber hukum Islam terdiri atas: al-Quran, Sunnah, Ijma dan akal. Selain dari sumber hukum primer tersebut, dikenal juga adanya sumber-sumber sekunder yaitu: syariah terdahulu.
  • Mengenal Ijma sebagai...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 00:19 WIB
    Ijma merupakan salah satu sumber hukum Islam yang disepakati para ulama apabila tidak dijumpai dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Menggabung Puasa...
    Tips
    Minggu, 29 Mei 2022 - 23:40 WIB
    Apakah boleh menggabungkan puasa Syawal dengan puasa qadha Ramadhan? Para ulama memiliki dasar untuk ketentuan menggabungkan dua ibadah dalam satu niat.
  • Hukum Bacaan Surat Al...
    Tips
    Rabu, 01 November 2023 - 10:41 WIB
    Hukum bacaan surat al alaq menarik untuk diulas, karena surat ini adalah surat pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.
  • Bolehkah Puasa Syawal...
    Tausyiah
    Selasa, 25 April 2023 - 08:37 WIB
    Bolehkah puasa Syawal dikerjakan tidak berurutan? Hal ini sering ditanyakan kaum muslim mengingat waktunya yang cukup panjang di bulan Syawal dan melaksanakannya selama 6 hari. Bagaimana menurut syariat?
  • Arab Saudi akan Membuka...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 13:23 WIB
    Menurut Al-Qardhawi, kalau menjual dan memakan harga arak itu diharamkan bagi seorang muslim, maka menghadiahkannya walaupun tanpa ganti, kepada seorang Yahudi, Nasrani atau yang lain, tetap haram juga.
  • Beda Pendapat Hukum...
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 03:06 WIB
    Idul fitri ditandai dengan salat dua rekaat, biasanya di lapangan atau di masjid. Di era corona ini, ulama menyarankan salat di rumah saja bersama keluarga. Lalu, bagaimana hukum salat id?
  • Berkurban Atas Nama...
    Tips
    Senin, 19 Juli 2021 - 10:30 WIB
    Salah satu rukun sah dari berkurban adalah membaca niat dalam berkurban. Lalu, bagaimana hukumya jika niat berkurban atas nama orang tua atau nama keluarga yang lain? Lantas, bagaimana pahalanya untuk yang berkurban?
  • Kisah Anthropologist...
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Dia adalah Mr RI Mellema. Anthropologist, penulis, dan guru asal Belanda ini adalah Kepala Bagian Islam pada Tropical Museum di Amsterdam. Beliau pengarang buku.
  • Peringatan Rasulullah...
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juni 2022 - 14:48 WIB
    Bagi orang yang tidak berkurban saat memiliki kelapangan rezeki mendapat ancaman serius sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 14:10 WIB
    Dilarangnya melukis dan memahat (makhluk hidup) tidak menjadi penyebab terpuruknya dunia seni Islam. Bahkan menjadikan seni Islami memiliki ciri khas yang menarik dan keindahan tersendiri.
  • Niat Sholat Idul Fitri...
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 13:57 WIB
    Niat sholat Idul Fitri dapat dilakukan dalam hati sebelum melaksanakan sholat Ied. Bagaimana lafadz niat sholat Iidul Fitri ini dalam bahasa arab dan terjemahannya?