Topik Terkait: Hukum Puasa Syawal (halaman 3)

  • Syawal, Bulan Berkah yang Penuh Julukan
    Muslimah
    Minggu, 16 Mei 2021 - 05:50 WIB
    Setelah Ramadhan, kita memasuki bulan Syawal. Selain penuh dengan amalan, bulan Syawal ternyata juga memiliki beragam julukan, karena keistimewaaannya tersebut. Julukan apa saja?
  • Bagaimana Hukum Bagi yang Tidak Melaksanakan Puasa Ramadan?
    Tausyiah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 08:25 WIB
    Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadan. Sebab Puasa Ramadan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Taala di muka bumi.
  • 9 Peristiwa Penting Bulan Syawal yang Patut Diketahui
    Hikmah
    Selasa, 03 Mei 2022 - 23:45 WIB
    Hari ini kita masih di awal bulan Syawal 1443 Hijriyah Tahun 2022. Berikut 9 peristiwa penting di bulan Syawal yang patut diketahui umat muslim.
  • Fidyah dan Seputar Hukum Puasa bagi Orang yang Sakit
    Tips
    Kamis, 24 Maret 2022 - 17:21 WIB
    Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Bagi orang-orang yang beriman, puasa adalah wajib. Lalu bagaimana bila dalam kondisi sakit? Bolehkah fidiyah dibayar dengan uang?
  • Bolehkah Puasa Syawal di Hari Jumat?
    Tips
    Senin, 22 April 2024 - 15:34 WIB
    Bolehkah puasa Syawal di hari Jumat? Pertanyaan ini diajukan sebab sebagaimana kita ketahui, terdapat hadis yang melarang kita mengkhususkan puasa sunah di hari Jumat.
  • Puasa Nazar dan Bacaan Niatnya Lengkap Huruf Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Minggu, 20 Agustus 2023 - 13:15 WIB
    Puasa Nazar adalah puasa yang wajib dilakukan oleh seseorang karena nazar atau janji yang dilakukan. Sehingga, jika nazar atau janjinya terpenuhi ia wajib berpuasa, tetapi jika janji atau nazarnya tidak terpenuhi maka tidak wajib berpuasa.
  • Peristiwa Bulan Syawal: Nabi Muhammad SAW Menikahi Ummu Salamah
    Hikmah
    Kamis, 18 April 2024 - 05:15 WIB
    Pada bulan Syawal tahun ke-4 Hijriyah, Nabi Muhammad SAW menikahi Ummu Salamah, janda yang lahir 24 tahun sebelum hijrah dan wafat pada tahun 61 H.
  • Tata Cara Puasa Syawal, Fadilah dan Bacaan Niatnya
    Tips
    Kamis, 05 Mei 2022 - 11:05 WIB
    Tata cara puasa Syawal berikut fadilah dan niatnya penting untuk diketahui umat muslim. Salah satu puasa yang dianjurkan adalah puasa sunnah 6 hari pada bulan Syawal.
  • Hukum Puasa Orang yang Sakit Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 17:37 WIB
    Sakit yang membolehkan berbuka adalah sakit yang menyebabkan si penderita tidak mampu lagi untuk melaksanakan puasa atau bila ia berpuasa justru memperparah kondisinya.
  • Hukum Menggabungkan Niat Puasa Ramadan dan Diet, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 11:36 WIB
    Bagaimana hukumnya menjalankan puasa Ramadan dengan niat sambil berdiet? Pasalnya, di kalangan muslimah ada anggapan bahwa puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan.
  • Bolehkah Berenang Saat Puasa Ramadhan? Begini Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 16:43 WIB
    Bolehkah berenang saat berpuasa Ramadhan dan benarkah olahraga tersebut bisa membatalkan puasa? Pertanyaan ini muncul, karena banyak muslim yang menggemari olahraga berenang dalam aktivitas hariannya
  • Puasa Batal, Wajib Qadha dan Membayar Kafarat Menurut Mazhab Hanafi dan Maliki
    Tips
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:47 WIB
    Mazhab Hanafi membuat 22 hal pembatalan puasa yang wajib membayar qadha sekaligus kafarat bagi seorang muslim yang mukallaf atau orang yang sudah punya hak dan kewajiban dalam konstitusi hukum.
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan di Bulan Syawal
    Tips
    Senin, 01 Mei 2023 - 07:38 WIB
    Tata cara dan niat puasa qadha Ramadan di bulan Syawal penting diketahui setia muslim. Apalagi, bila mereka yang sempat meninggalkan puasa Ramadan berarti berhutang kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Tidak Puasa bagi Para Pekerja Keras
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 10:02 WIB
    Umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan, lalu bagaimana dengan kaum muslim yang meniti karir sebagai atlet sepakbola profesional atau atlet apapun itu terkait dengan kewajiban puasa?
  • Hukum Menikah di Bulan Syawal antara Mitos Jahiliyah dan Sunah Rasul
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 20:05 WIB
    Pada zaman jahiliyah, orang-orang Arab menghindari menikah di bulan Syawal. Mereka menganggap Syawal sebagai bulan yang kurang baik. Mempelai bisa-bisa akan mengalami kesulitan.
  • Bolehkah Mengqadha Puasa Ramadhan Sekaligus Puasa Arafah?
    Muslimah
    Minggu, 18 Juli 2021 - 16:34 WIB
    Sebagai muslimah ternyata masih memiliki utang puasa Ramadhan, dan harus mengqadhanya. Bagaimana hukumnya melaksanakan puasa qadha Ramadhan ini bertepatan dengan waktu puasa Arafah?
  • Inilah Keutamaan Bulan Syawal Beserta Amalan yang Bisa Dilakukan
    Tips
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 18:02 WIB
    Bulan Syawal menjadi bulan dalam kalender Islam yang memiliki banyak keutamaan selain bulan Ramadhan. Selain dengan adanya Hari Raya Idul Fitri tepat pada tanggal 1 Syawal, bulan ini juga memiliki berbagai keutamaan di dalamnya.
  • Jumat Pertama Bulan Syawal, Perbanyak Doa dan Selawat di Waktu Mustajab
    Hikmah
    Jum'at, 12 April 2024 - 05:15 WIB
    Hari ini (12/4) merupakan hari Jumat pertama di bulan Syawal, dan dianjurkan buat kaum muslim agar dijadikan momentum untuk memperbanyak doa dan selawat.
  • Tiga Pendapat Soal Ruhsoh Puasa bagi Perempuan Hamil
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 08:01 WIB
    Dalam Islam, puasa bagi muslimah hamil sebenarnya tidak lagi menjadi kewajiban mutlak. Islam memberikan keringanan agar muslimah hamil tersebut tetap dalam kondisi yang sehat. Karena dikhawatirkan akan mempengaruhi kandungannya.
  • Inilah Amalan di Bulan Syawal yang Berlimpah Pahala
    Muslimah
    Senin, 24 Mei 2021 - 15:20 WIB
    Ternyata selain puasa sunnah enam hari, ada beberapa amalan yang dianjurkan dilaksanakan di bulan Syawal ini agar tetap memperoleh pahala yang melimpah. amalan apa saja?