Topik Terkait: Hukum Puasa Wanita Hamil

  • Hukum Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 12:30 WIB
    Seseorang yang hamil dan menyusui boleh meninggalkan puasa jika ia khawatir akan kesehatan diri dan bayinya. Sama saja apakah bayi yang disusui adalah anak kandungnya atau anak susuan saja.
  • Tiga Pendapat Soal Ruhsoh Puasa bagi Perempuan Hamil
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 08:01 WIB
    Dalam Islam, puasa bagi muslimah hamil sebenarnya tidak lagi menjadi kewajiban mutlak. Islam memberikan keringanan agar muslimah hamil tersebut tetap dalam kondisi yang sehat. Karena dikhawatirkan akan mempengaruhi kandungannya.
  • Hukum Puasa bagi Musafir Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:56 WIB
    Musafir mendapat keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185. Lalu apa syarat musafir yang dapat keringanan itu?
  • Hukum Menggabungkan Niat Puasa Ramadan dan Diet, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 11:36 WIB
    Bagaimana hukumnya menjalankan puasa Ramadan dengan niat sambil berdiet? Pasalnya, di kalangan muslimah ada anggapan bahwa puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan.
  • Hukum Membayar Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:14 WIB
    Kalau seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Hukum Puasa Arafah Tapi Masih Punya Utang Ramadhan
    Tips
    Minggu, 03 Juli 2022 - 19:45 WIB
    Hukum puasa Arafah tapi masih punya utang Qadha Ramadhan perlu dipahami oleh umat Islam. Apakah harus mengqadha puasa Ramadhan terlebih dahulu?
  • Hukum Puasa Tanpa Makan Sahur, Simak Penjelasan Berikut
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 02:00 WIB
    Salah satu kenikmatan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan adalah makan di waktu sahur. Lalu, bagaimana hukum berpuasa tanpa makan sahur? Berikut penjelasannya.
  • Kupas Tuntas Hukum Puasa Rajab, Berikut 2 Pendapat Ulama Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 23 Januari 2023 - 22:03 WIB
    Hari ini kita sudah memasuki bulan Rajab 1444 Hijriyah, Senin (23/1/2023). Bagaimana hukum mengkhususkan puasa di hari tertentu pada bulan Rajab? Berikut penjelasannya.
  • Inilah Hukum Syariat tentang Rambut Wanita
    Muslimah
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:35 WIB
    Dalam Islam, rambut wanita adalah aurat sehingga wajib ditutup. Kenapa demikian? Karena rambut merupakan mahkota atau perhiasan bagi seorang wanita.
  • Hukum Puasa Wanita Hamil dan Menyusui
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 06:53 WIB
    Kewajiban puasa Ramadhan dibebankan kepada seluruh umat Islam, tak terkecuali kepada wanita hamil. Seperti apa puasanya dan bagaimana hukumnya bagi wanita hamil ini?
  • Jelang Ramadhan: Ini Hukum yang Menunggak Utang Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:02 WIB
    Bagi mereka yang masih berutang puasa maka hendaknya segera dilunasi. Berikut adalah konsekwensinya apabila belum membayar utang puasa tahun lalu, sementara Ramadhan berikutnya tiba.
  • Hukum 6 Hari Puasa Syawal Saat Masih Punya Utang Puasa Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 04 Mei 2022 - 16:45 WIB
    Para ulama berselisih pendapat dalam masalah, apakah boleh mendahulukan puasa sunnah (termasuk puasa enam hari di bulan Syawal) sebelum melakukan puasa qadha Ramadhan.
  • Bernazar Tak Ingin Hamil Lagi, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Minggu, 04 April 2021 - 05:00 WIB
    Sebagaian kaum perempuan terutama seorang istri, memiliki rasa trauma ketika proses melahirkan. Kondisi itu, terkadang membuat mereka mengucapkan atau bernazar tak ingin hamil lagi.
  • Hukum Puasa Setelah Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • Puasa Wanita Hamil Diganti Fidyah, Kapan Bayar dan Berapa Nilainya?
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 04:15 WIB
    Wanita yang hamil atau menyusui dan mampu berpuasa, lalu ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap kesehatan anaknya, ia berkewajiban mengqadha dan membayar fidyah.
  • Manfaat dan Hikmah Puasa 6 Hari di Bulan Syawal
    Tips
    Senin, 15 April 2024 - 05:15 WIB
    Setelah merayakan Idulfitri, umat Islam dianjurkan mengamalkan 6 hari puasa Syawal. Banyak keistimewaan dan hikmah serta manfaat dari puasa Syawal ini. Apa saja hikmah dan manfaatnya?
  • 3 Tahapan Perintah Salat dan Puasa
    Hikmah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 07:21 WIB
    Hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Muaz ibnu Jabal ra menceritakan bahwa ibadah salat difardukan melalui tiga tahapan, dan ibadah puasa difardukan melalui tiga tahapan pula.
  • Hukum Puasa Syawal saat Masih Menanggung Utang Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 23 April 2023 - 14:40 WIB
    Para ulama berselisih pendapat dalam masalah, apakah boleh mendahulukan puasa sunah (termasuk puasa enam hari di bulan Syawal) sebelum melakukan puasa qadha Ramadan.
  • Hukum Berpuasa 1 atau 2 Hari Sebelum Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 03 Maret 2024 - 06:36 WIB
    Seorang muslim seyogyanya tidak mendahului bulan puasa dengan melakukan puasa satu atau dua hari sebelumnya dengan alasan hati-hati, kecuali kalau bertepatan dengan puasa sunah yang biasa ia lakukan.
  • Cara dan Niat Puasa Syawal Beserta Keutamaannya
    Tips
    Jum'at, 12 April 2024 - 11:01 WIB
    Saatnya menunaikan puasa sunnah Syawal selama 6 hari, sebagai sebagai penyempurna dari puasa di bulan Ramadhan. Begini tata cara dan bacaan niatnya.