Topik Terkait: Ijtima Ulama (halaman 36)

  • 4 Macam Pembagian Rezeki...
    Tausyiah
    Senin, 22 Mei 2023 - 17:15 WIB
    Secara umum, rejeki itu ada dua macam yaitu rejeki yang datang dan rejeki yang mesti didatangi. Namun, para ulama membagi rezeki menjadi empat macam. Apa saja? Berikut ulasannya.
  • Islam Pinggirkan Perempuan?...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 19:02 WIB
    Andaikan sejarah mencatat tentang siapa orang pertama yang beriman, secara mutlak--tidak melihat kelompok dan golongan--pasti yang muncul adalah nama perempuan, yakni Sayyidah Khadijah Kubro.
  • Sayyidah Shafiyah: Tawanan...
    Hikmah
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 16:15 WIB
    Sebelum memeluk Islam, Sayyidah Shafiyah pernah menikah dengan Salam ibn Abi Haqq, kemudian dengan Kinanah ibn Abi al-Haqq, penguasa Benteng al-Qumush, benteng yang paling megah di Khaibar.
  • Profil Syaikh Imran...
    Dunia Islam
    Kamis, 18 April 2024 - 13:28 WIB
    Syaikh Imran Nazar Hosein adalah cendekiawan Islam, pengarang dan filsuf Trinidad dan Tobago dalam bidang eskatologi Islam (Ilmu Akhir Zaman). Kajiannya tentang kiamat sering mengundang kontroversi.
  • Kisah Karomah Syeikh...
    Hikmah
    Rabu, 15 April 2020 - 16:12 WIB
    Hari ini 15 April mengingatkan kita tentang kelahiran seorang ulama besar asal Mesir, Al-Allamah As-Sayyid As-Syarif Imam Muhammad Mutawalli As-Syarawy (1911-1998).
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Mengenal Lebih Dekat...
    Tausiyah
    Rabu, 27 November 2019 - 15:04 WIB
    Berikut ini ulasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Mazhab Syafii.
  • Mendidik Remaja Mencontoh...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 07:54 WIB
    Generasi salaf adalah generasi terbaik dari umat Islam. Secara istilah, yang dimaksud salaf adalah tiga generasi awal umat Islam yang merupakan generasi terbaik, yaitu para sahabat Nabi, para tabiin, dan tabiut tabiin
  • Biografi Imam Abu Hanifah...
    Hikmah
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 05:10 WIB
    Imam Abu Hanifah (80-150 Hijriyah), salah satu ulama besar peletak dasar-dasar fiqih pendiri Mazhab Hanafi. Beliau memiliki riwayat hidup luar biasa dan mendapat pujian dari banyak ulama.
  • Salat Rebo Wekasan Amalan...
    Tausyiah
    Selasa, 12 September 2023 - 17:00 WIB
    KH Hasyim Asyari melarang ulama mengeluarkan fatwa mengajak dan melakukan salat Rebo Wekasan. Beliau menegaskan bahwa salat Rebo Wekasan tidak ada dasarnya dalam syariat.
  • Bacaan Bilal Salat Jumat...
    Tips
    Selasa, 28 November 2023 - 05:40 WIB
    Berikut ini adalah urut-urutan bacaan bilal saat salat Jumat yang biasa dipraktikkan kalangan Nahdliyin atau anggota Nahdlatul Ulama (NU) dari azan pertama sampai salat Jumat selesai.
  • Gus Qayyum: Jaga Ukhuwah...
    Tausiyah
    Selasa, 17 Desember 2019 - 05:25 WIB
    Ulama asal Rembang, Jawa Tengah, KH Abdul Qayyum Mansur (Gus Qayyum) mengajak umat Islam agar menjaga ukhuwah Islamiyah di tengah fitnah perbedaan yang terjadi saat ini.
  • Kisah Imam Al-Ghazali...
    Hikmah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:33 WIB
    Dalam kisah para wali besar banyak dikisahkan perjalanan spritual mereka menggapai maqam (derajat) kewalian. Salah satunya perjumpaan mereka dengan guru rohani.
  • 6 Wasiat Wali Abdal...
    Tausyiah
    Minggu, 20 Juni 2021 - 15:20 WIB
    Dalam ilmu tasawuf, Wali Abdal adalah sekelompok orang terpilih yang memiliki kedudukan mulia di sisi Allah. Berikut 6 wasiat Wali Abdal yang layak dijadikan pedoman hidup.
  • Kisah Ibrahim Bin Adham...
    Hikmah
    Senin, 02 November 2020 - 15:53 WIB
    Ibrahim bin Adham rahimahullah adalah seorang Raja di Balkh (Afghanistan) pada abad ke-7 Masehi. Kemudian beliau meninggalkan kerajaannya dan memilih hidup zuhud.
  • Habib Quraisy: Ridha...
    Tausiyah
    Jum'at, 22 November 2019 - 07:30 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW) bersabda: Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua
  • Cara Menjauh dari Dusta...
    Hikmah
    Senin, 13 November 2023 - 11:10 WIB
    Ahli Fiqih dan hadis dari kalangan tabiin, Imam Ibrahim at-Taimi memberikan kiat dan cara menjauh dari sikap tercela yakni suka dusta dan sifat orang-orang munafik.
  • Kisah Imam Abdullah...
    Hikmah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 07:30 WIB
    Imam Abdullah bin Mubarak rahimahullah (wafat 181 H) dikenal sebagai ulama besar dan dermawan di masa Tabiin. Setiap tahun beliau bersedekah Rp7 Miliar untuk fakir miskin.
  • Habib Husein Luar Batang,...
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 16:46 WIB
    Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus atau Habib Luar Batang, ulama yang sangat masyhur karena berjasa menyebarkan dakwah Islam di Tanah Betawi pada abad 18 Masehi.
  • Kisah Imam Al-Ghazali...
    Hikmah
    Sabtu, 27 November 2021 - 13:13 WIB
    Pada tahun 1095, Imam al-Ghazali mengalami krisis kepercayaan diri. Beberapa orang menganggap al-Ghazali mendapat gangguan mental. Dia berhenti dari pekerjaannya dan mengembara di dunia Muslim.
  • Amalan Penduduk Mekkah...
    Hikmah
    Kamis, 17 Maret 2022 - 18:30 WIB
    Tak dipungkiri dalam banyak riwayat hadis, malam Nisfu Syaban memiliki keutamaan yang agung. Berikut amalan penduduk Mekkah dan ulama Syam pada malam Nisfu Syaban.