Topik Terkait: Imam Al Bukhari (halaman 5)

  • Hakikat Puasa Ramadhan dalam Pandangan Imam Al-Ghozali
    Tausiyah
    Kamis, 16 Mei 2019 - 13:01 WIB
    Dalam pandangan Imam Al-Ghazali, puasa memiliki tiga tingkatan: Pertama: Puasa umum (awam), kedua: khusus (spesial), dan ketiga: khususil khusus (istimewa)
  • Ketika Imam Syafii Dituduh Syiah Rafidhah, Ini yang Sebenarnya
    Hikmah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 16:16 WIB
    Syair Imam Syafii yang sering diucapkan: Seandainya rofidhi adalah mencintai keluarga Muhammad. Maka saksikanlah bahwa saya adalah seorang rofidhoh
  • Kisah Imam Malik dan Imam Syafii Tertawa Menyikapi Rezeki
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 09:10 WIB
    Bagaimana memperoleh rezeki kerap mengundang perbedaan pendapat dari banyak orang. Hal ini pula pernah menjadi perdebatan Imam Maliki dan Imam Syafii yang merupakan guru dan murid.
  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (3/Tamat)
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 17:52 WIB
    Imam Syafii (wafat 204 H) adalah salah satu murid terbaik Imam Malik, ulama pendiri Mazhab Maliki (wafat 179 H). Berikut pujian Imam Malik kepada Imam Syafii.
  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (1)
    Hikmah
    Senin, 13 Desember 2021 - 23:18 WIB
    Saat Imam Syafii hadir di majelis ilmu yang dipimpin Imam Malik, hal tak terduga terjadi. Imam Malik terkejut dengan keilmuan Imam Syafii yang kala itu masih muda.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Tiga Tingkatan Puasa Menurut Al-Ghazali
    Tips
    Senin, 04 Mei 2020 - 15:37 WIB
    Imam al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin membagi tiga tingkatan puasa yaitu puasa umum, puasa khusus, dan khususul khusus atau puasa paling khusus. Apa maksudnya?
  • Keutamaan dan Keistimewaan Surah Al-Fatihah
    Hikmah
    Rabu, 20 November 2019 - 20:21 WIB
    Surat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat yang diulang terus menerus dalam Alquran atau disebut Sabul Matsani. Berikut keistimewan dan keutamaannya.
  • Membandingkan Karamah Habib al-Ajami dan Pengetahuan Imam Hasan Al-Basri
    Hikmah
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 13:38 WIB
    Pelajaran dari Hasan: jika dia benar-benar meninggalkan dunia dan bergantung kepada Allah, maka dia dapat berjalan di atas air. Habib kemudian melakukannya, berjalan di atas air.
  • Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 04 September 2021 - 11:03 WIB
    Doa setelah membaca surat Al- Waqiah ini dianjurkan diamalkan agar surat ke 56 dalam Al-Quran yang rutin kita baca ini, dapat menjauhkan kita dari kemiskinan dan kefakiran.
  • 8 Nasihat Imam Al-Ghazali tentang Hakikat Pergaulan
    Tausiyah
    Senin, 14 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Tidak hanya mengatur urusan ibadah seorang hamba dengan pencipta-Nya (ubudiyah) atau hablum-minallah, Islam juga mengatur urusan interaksi sosial (hamblum-minannas).
  • Kisah Kesatria Eropa Membela Al-Aqsha di Masa Shalahuddin Al-Ayyubi
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 17:03 WIB
    Kisah Kesatria Eropa membela Al-Aqsha di masa Sultan Shalahuddin Al-Ayyubi (1137-1193) termasuk kisah yang jarang dibahas. Simak kisahnya berikut ini.
  • Teladan Indah Imam Ahmad Bin Hanbal Mengoreksi Muridnya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 07:15 WIB
    Kisah Imam Ahmad bin Hanbal ketika mengoreksi muridnya mengingatkan kita dengan kisah Rasulullah saat mengoreksi kesalahan sahabat sekaligus muridnya, Khawad.
  • Puasa Lahir Batin Menurut Imam Abul Qashim al-Qusyairi
    Tausyiah
    Selasa, 12 April 2022 - 14:52 WIB
    Puasa itu ada dua: puasa lahir dan puasa batin. Abul Qashim al-Qusyairi an-Naisaburi menjelaskan puasa lahir sebatas menahan dari segala sesuatu yang membatalkan disertai dengan niat.
  • Keutamaan Membaca Al-Quran dengan Mushaf
    Hikmah
    Rabu, 29 Januari 2020 - 18:11 WIB
    Banyak sekali riwayat hadis yang menjelaskan keutamaan membaca Al-Quran. Bahkan Allah Taala mengganjar 1 huruf Al-Quran sama dengan 10 kebaikan.
  • Arti Surat Al-Kahfi Ayat 10 Beserta Tafsirnya
    Tausyiah
    Rabu, 09 November 2022 - 21:29 WIB
    Arti Surat Al-Kahfi ayat 10 beserta tafsirnya menarik untuk diulas karena di dalamnya terdapat hikmah. Surat ini mengingatkan kita tentang kisah Ashabul Kahfi yang berlindung di gua.
  • Selain Amirul Mukminin, Ini Penyebab Ali Bin Abu Thalib Bergelar Imam
    Hikmah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 15:11 WIB
    Banyak sekali hal-hal yang memberikan keistimewaan kepadanya. Antara lain sebagian umat Islam di dunia sampai sekarang ini mengidentifikasikan diri sebagai pengikut Ali bin Abu Thalib r.a.
  • 5 Hakikat Puasa Ramadhan Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 28 Maret 2022 - 17:30 WIB
    Imam Al-Ghazali membagi lima hakikat puasa bagi orang khusus (shaum al-khusus) yang patut kita cermati dan teladani dengan baik agar kualitas puasa kita mencapai derajat yang tinggi.
  • 4 Cara Memperbaiki Diri Sendiri Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Kamis, 28 April 2022 - 22:35 WIB
    Hari-hari terakhir Ramadhan ini hendaknya dimanfaatkan untuk memperbanyak muhasabah dan memperbaiki hubungan kita kepada Allah dan sesama manusia.
  • Rabi bin Sulaiman, Murid Imam Syafii Bersuara Merdu Ketika Adzan
    Hikmah
    Jum'at, 09 Oktober 2020 - 07:15 WIB
    Imam Ar-Rabi bin Sulaiman merupakan salah satu ulama besar mazhab Syafii. Nama lengkap beliau adalah ar-Rabi bin Sulaiman bin Abdul Jabbar bin Kamil al-Muradi.
  • 42 Hadis Arbain Karangan Imam Nawawi Lengkap
    Tips
    Selasa, 21 November 2023 - 06:32 WIB
    Hadis-hadis dalam Arban Nawawiyah karya Imam an-Nawawi merupakan landasan atau fondasi dalam agama Islam. Sebagian ulama berpendapat bahwa ajaran Islam sepertiganya berlandaskan pada hadis-hadis dalam kitab ini.