Topik Terkait: Imam Alqurthubi

  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (Bagian 2)
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 17:18 WIB
    Saat Imam Syafii (Abu Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafii) sedang duduk di depan Imam Malik bin Anas (wafat 279 H), datanglah salah seorang lelaki meminta pendapat.
  • Kenapa Imam Muslim Tidak Meriwayatkan Hadis dari Imam Bukhari, Ini Alasannya
    Hikmah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 12:14 WIB
    Meskipun berguru kepada Imam Al-Bukhari, tapi ternyata Imam Muslim tak pernah meriwayatkan hadis dari Imam Al-Bukhari. Berikut alasannya.
  • Inilah Syair Rindu Imam Syafii tentang Gaza, Tanah Kelahirannya
    Dunia Islam
    Rabu, 03 Januari 2024 - 12:48 WIB
    Kondisi Gaza, Palestina saat ini benar-benar sangat mengkhawatirkan. Puluhan ribu rakyat Gaza menjadi korban kekejaman zionis Israel. Gaza penuh darah dan kematian, bahkan hampir didominasi oleh anak-anak yang tidak berdosa.
  • Pujian Imam Malik kepada Imam Syafii, Berikut Kisahnya (1)
    Hikmah
    Senin, 13 Desember 2021 - 23:18 WIB
    Saat Imam Syafii hadir di majelis ilmu yang dipimpin Imam Malik, hal tak terduga terjadi. Imam Malik terkejut dengan keilmuan Imam Syafii yang kala itu masih muda.
  • Imam Maliki Sempat Masuk Penjara karena Melawan Pemerintah
    Hikmah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 12:24 WIB
    Imam Maliki adalah pendiri Mazhab Maliki. Juga merupakan guru dari Imam Syafii. Beliau sempat masuk penjara di Kota Madinah karena melawan fatwa pemerintah.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Syarat Imam Sholat, Beserta Tugas dan Tanggung Jawab
    Tausyiah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 18:34 WIB
    Imam Sholat memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain itu, mereka juga harus menunaikan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan.
  • Kisah Imam Syafi’i Ngalap Berkah di Kuburan Imam Abu Hanifah
    Hikmah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 17:50 WIB
    Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim berkata: Ini adalah kedustaan yang sangat nyata bagi orang yang memiliki ilmu hadits. Orang yang menukil kisah ini hanyalah orang yang sedikit ilmu.
  • Imam Syafii: Usia 7 Tahun Hafal Al-Quran dan 13 Tahun Hafal Kitab al-Muwaththa
    Hikmah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Sebutan asy-Syafii dinisbatkan kepada kakeknya yang bernama Syafi bin as-Saib. Beliau bertemu nasabnya dengan Rasulullah SAW pada Abdi Manaf bin Qushay, kakek Rasulullah yang ketiga.
  • Dua Sholawat Imam Syafii yang Fadhilahnya Luar Biasa
    Tausyiah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 20:35 WIB
    Fadilah sholawat tidak diragukan lagi karena Allah sendiri memerintahkan kaum mukmin memperbanyak sholawat. Di antara banyak sholawat, ada dua sholawat yang diajarkan Imam Syafii.
  • Biografi Imam Syafii, Imam Mazhab yang Nasabnya Tersambung dengan Rasulullah (2)
    Hikmah
    Minggu, 23 Agustus 2020 - 08:05 WIB
    Berikut lanjutan biografi Imam Syafii sebagaimana disampaikan Syeikh Ahmad Al-Misri (Dai asal Mesir) saat kajian di Masjid Raya Al-Ittihad Tebet, Jakarta Selatan, belum lama ini.
  • Imam Syafii, Syair Zuhud dan Syair Akhlak Karyanya
    Hikmah
    Senin, 09 Agustus 2021 - 15:27 WIB
    Imam Syafii dikenal sebagai salah seorang dari empat imam madzhab tetapi tidak banyak yang tahu bahwa ia juga seorang penyair. Berikut contoh syair sang imam tersebut.
  • Akhlak Imam Ahmad bin Hanbal yang Menakjubkan
    Hikmah
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 17:41 WIB
    Dalam biografi Imam Ahmad bin Hanbal sang ulama ahli Hadis (164-241 H) diceritakan akhlak beliau yang menakjubkan. Simak kisahnya berikut.
  • Ketika Imam Hatim Al-Asham Ditanya tentang Salat, Begini Jawabannya
    Tausyiah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 20:25 WIB
    Hatim Al-Asham adalah seorang ulama ahli ibadah dan sangat bertakwa. Pada suatu hari, ia kedatangan tamu bernama Isham bin Yusuf dan mengutarakan pertanyaan.
  • Delegasi Muhibah MUI ke Uzbekistan Ziarah ke Makam Imam Bukhari
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 September 2023 - 10:11 WIB
    Delegasi Muhibah Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke Uzbekistan berziarah ke makam Imam Bukhari, Jumat (29/9/23).
  • Tawadhunya Imam Syafii, Orang Saleh yang Tidak Pernah Mengaku Saleh
    Hikmah
    Minggu, 10 Oktober 2021 - 23:15 WIB
    Kurang apalagi Imam Syafii. Sufi iya, ilmu fiqih dan Ushul Fiqih dikuasainya. Hafizh Quran lagi. Bahkan di bidang ilmu Hadis beliau dijuluki sebagai Nashirus Sunnah (pembela sunnah).
  • Karomah Imam Syafii dan Firasat yang Luar Biasa, Simak Kisahnya
    Hikmah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 17:19 WIB
    Di balik keluasan ilmunya, ulama bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafii ini punya karomah yang jarang diketahui umat muslim. Berikut kisahnya.
  • Imam Syafii Nimba Ilmu dari Ratusan Guru, Ini yang Paling Berpengaruh
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 16:00 WIB
    Imam Syafii telah berguru kepada ratusan guru. Dari banyaknya para guru itu, ada beberapa nama guru yang paling berpengaruh dalam membentuk pondasi keilmuan Imam Syafii.
  • Imam Syafii, Meramu Pendapat Fikih Imam Malik dan Imam Abu Hanifah
  • 5 Faktor yang Membuat Musik Haram Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Imam Al Ghazali menjelaskan beberapa faktor yang mengalihkan dari diperbolehkannya mendengar lagu menjadi tidak. Yakni meliputi lima penyebab sebagai berikut:
  • Mandrasah Pertama yang Menggodok Keilmuan Imam Syafii
    Muslimah
    Senin, 04 Januari 2021 - 18:41 WIB
    Kehebatan Imam Asy Syafii tak terlepas dari peran ibundanya, yakni Fatimah binti Ubaidillah Azdiyah. Siapakah ia dan bagaimana perannya dalam melahirkan tokoh dan pakar ilmu yang sangat hebat ini?