Topik Terkait: Imam Ibnu Athoillah

  • 10 Hakikat Guru Menurut Imam Ibnu Athaillah
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 17:38 WIB
    Imam Ibnu Athaillah As-Sakandari (1250-1309 M), seorang ulama sufi terkemuka kelahiran Mesir menyampaikan 10 hakikat guru yang sebenarnya. Berikut kalamnya.
  • Syeikh Ibnu Athoillah: Jangan Menunda Amal Kebaikan
    Hikmah
    Senin, 18 November 2019 - 16:53 WIB
    Dalam kitab populernya Al-Hikam, ulama besar Syeikh Ibnu Athoillah memberi nasihat agar umat Islam tidak menunda amal perbuatan (kebaikan).
  • Cara Mengetahui Kedudukan Kita di Sisi Allah
    Tausyiah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 20:51 WIB
    Setiap manusia memiliki maqom (kedudukan) di sisi Allah Taala. Lalu bagaimana melihat kedudukan kita di sisi Allah? Berikut penjelasan dari Imam Ibnu Athoillah.
  • Hakikat Ibadah Menurut Syeikh Ibnu Athoillah
    Hikmah
    Rabu, 27 November 2019 - 20:09 WIB
    Sebagai hamba Allah kita wajib menghamba dan beribadah hanya kepada-Nya. Yang kita tuju hanyalah Allah, bukan karena pahala surga-Nya atau siksa neraka-Nya.
  • 10 Nasihat Penting Ibnu Qayyim Tentang Hal yang Sia-sia, Nomor Terakhir Berharap kepada Manusia
    Tausyiah
    Kamis, 16 November 2023 - 10:30 WIB
    Ibnu Qayyim Al Jauziah atau Muhammad bin Abi Bakr, bin Ayyub bin Sad Al Zari, Al Dimashqi bergelar Abu Abdullah Syamsuddin, memberi nasihat penting akan perkara sia-sia yabg sering dilakukan manusia.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Hadis Berikut Ini Dinilai Imam An-Nawawi sebagai Senjata Mengingkari Kemungkaran
    Hikmah
    Rabu, 06 September 2023 - 05:15 WIB
    Hadis berikut ini dinilai banyak ulama sangat penting sehingga banyak dikajian. Hadis ini sangat penting untuk dihafal dan disebarkan karena hadis ini senjata dalam mengingkari kemungkaran, ujar Imam An-Nawawi.
  • 4 Hal yang Membuat Seseorang Mencapai Derajat Wali
    Tausyiah
    Kamis, 22 September 2022 - 23:11 WIB
    Waliyullah adalah orang yang memiliki hubungan dekat dengan Allah. Ada empat hal yang membuat seseorang dapat mencapai derajat wali. Berikut penjelasannya.
  • Imam Maliki Sempat Masuk Penjara karena Melawan Pemerintah
    Hikmah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 12:24 WIB
    Imam Maliki adalah pendiri Mazhab Maliki. Juga merupakan guru dari Imam Syafii. Beliau sempat masuk penjara di Kota Madinah karena melawan fatwa pemerintah.
  • Nilai Secangkir Kopi Bagi Imam Syafii
    Hikmah
    Sabtu, 12 Desember 2020 - 15:20 WIB
    Pantas saja Imam Syafii (150-204 Hijriyah) bernama asli Abu Abdullah Muhammad bin Idris Asy-Syafii dikenal sebagai puncak pemimpin para Imam mazhab Fiqh Syafieyyah.
  • Tawadhunya Imam Syafii, Orang Saleh yang Tidak Pernah Mengaku Saleh
    Hikmah
    Minggu, 10 Oktober 2021 - 23:15 WIB
    Kurang apalagi Imam Syafii. Sufi iya, ilmu fiqih dan Ushul Fiqih dikuasainya. Hafizh Quran lagi. Bahkan di bidang ilmu Hadis beliau dijuluki sebagai Nashirus Sunnah (pembela sunnah).
  • Nasehat Aneh Ibnu Arabi kepada Nelayan yang Merasakan Jiwanya Buntu
    Hikmah
    Rabu, 01 September 2021 - 17:22 WIB
    Pada awalnya, si murid enggan mengulangi nasehat Ibn Arabi. Ia merasa amat tak pantas mengingat kayanya Ibn Arabi dan betapa berkekurangannya kehidupan gurunya sendiri.
  • Kisah Israiliyyat pada Tafsir Ibnu Katsir Surat al-Baqarah Ayat 30
    Tausyiah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 16:12 WIB
    Ada malaikat yang bernama As-Sijl setiap hari tiga kali melihat ummul kitab, tiba tiba ia melihat sesuatu yang tidak pernah dia lihat sebelumnya yaitu penciptaan Adam.
  • Adab Imam dan Makmum dalam Sholat Berjamaah
    Tips
    Minggu, 12 September 2021 - 21:13 WIB
    Adab imam dan makmum dalam sholat berjamaah penting untuk diketahui kaum muslimin. Sebagaimana diriwayatkan, sholat berjamaah lebih utama dari sholat sendirian 27 derajat.
  • 5 Imam Masjidil Haram yang Memiliki Suara Bacaan Al-Quran Merdu
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 September 2022 - 17:03 WIB
    Imam Masjidil Haram yang memiliki suara bacaan Al-Quran merdu semuanya adalah Qari dan Hafizh (penghafal Al-Quran). Kelima imam ini memiliki suara yang khas.
  • Imam Hambali, Dipenjara dan Disiksa Karena Teguh Pendiriannya
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 15:25 WIB
    Imam Syafii berkata, aku keluar Baghdad, sementara itu tidak aku tinggalkan di kota itu orang yang lebih wara, lebih fakih, dan lebih bertakwa daripada Ahmad bin Hambal.
  • Sikap Rasulullah SAW dalam Mempergauli Istri Menurut Ibnu Qayyim
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 11:47 WIB
    Bahkan pernah ketika Aisyah sedang haidh, beliau menyuruhnya memakai sarung, lalu beliau memeluknya. Bahkan, pernah juga menciumnya, padahal beliau sedang berpuasa.
  • Pendapat Ibnu Qayyim tentang Penetapan Takdir Sebelum Bumi Diciptakan
    Tausyiah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 16:04 WIB
    Salah satu prinsip dasar keimanan dari agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah beriman kepada al-qadar atau mempercayai takdir Allah Subhanahu wa Taala.
  • 10 Tanda Hati yang Sehat Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
    Tips
    Rabu, 10 November 2021 - 08:02 WIB
    Manusia seringkali melalaikan tentang perkara hati. Padahal hatiadalah penentu baik buruknya perilaku mereka.Jika hatinya lurus (sehat), maka perilakunya juga baik, begitu juga sebaliknya.
  • Sikap Muslim Menghadapi Takdir Buruk Menurut Imam Ibnu Qayyim
    Hikmah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:40 WIB
    Segala takdir bagi seorang muslim hendaknya dipercaya hanya dari Allah semata. Baik takdir baik maupun takdir yang buruk. Lantass bagaimana menyikapi takdir ini, terutama bila terjadi takdir yg buruk?
  • Siapa yang Lebih Berhak Menjadi Imam Sholat?
    Tausyiah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 08:00 WIB
    Imam shalat adalah orang yang shalatnya diikuti orang lain dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syariah. Siapakah yang lebih berhak menjadi imam shalat?