Topik Terkait: Imam Muslim (halaman 2)

  • Siapa yang Lebih Berhak Menjadi Imam Sholat?
    Tausyiah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 08:00 WIB
    Imam shalat adalah orang yang shalatnya diikuti orang lain dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syariah. Siapakah yang lebih berhak menjadi imam shalat?
  • Hadis Arbain: Rukun Islam, Iman dan Ihsan
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:33 WIB
    Iman itu adalah) Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir serta engkau beriman kepada takdir baik dan buruk
  • Adab yang Diajarkan Imam al-Ghazali ketika Memasuki Masjidilharam
    Tips
    Selasa, 20 Juni 2023 - 13:27 WIB
    Imam al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menyebutkan bahwa termasuk adab yang harus dilakukan oleh orang yang haji atau umrah yaitu ketika memasuki Masjidil Haram hendaknya memasukinya dari pintu Bani Syaibah.
  • Imam Mahdi Keluar Ketika Terjadi Perebutan Harta di Kota Mekkah
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Imam Mahdi keluar ketika terjadi perebutan harta di kota Mekkah diisyaratkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW dari Tsauban ra. Di sebutkan Al-Mahdi akan keluar dari arah timur.
  • 5 Faktor yang Membuat Musik Haram Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Imam Al Ghazali menjelaskan beberapa faktor yang mengalihkan dari diperbolehkannya mendengar lagu menjadi tidak. Yakni meliputi lima penyebab sebagai berikut:
  • Kisah Mualaf Lea South: Ketika Hip-hop Membantunya Menjadi Seorang Muslim
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Juli 2023 - 14:24 WIB
    Meskipun awalnya ragu untuk menjadi seorang Muslim, karena saya ingin bersenang-senang selagi masih muda, dia akhirnya memutuskan bahwa dia siap untuk pindah agama.
  • Mengenal Imam Muslim, Ulama Ahli Hadis Kelahiran Naisabur
    Hikmah
    Sabtu, 03 Oktober 2020 - 22:34 WIB
    Bagi kaum muslimin, nama Imam Muslim sudah tidak asing lagi. Beliau dikenal sebagai ulama ahli hadis setelah Imam Al-Bukhari. Nama kitab beliau yang mahsyur adalah Shahih Muslim.
  • Hadis Arbain: Segala Hal yang Haram dan yang Halal Telah Jelas
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 13:00 WIB
    Sesungguhnya perkara yang halal itu telah jelas dan perkara yang haram itu telah jelas. Dan di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang (samar), tidak diketahui oleh mayoritas manusia.
  • 2 Tingkatan Zikrullah Menurut Imam al-Ghazali, Salah Satunya Tingkatan Wali
    Tausyiah
    Senin, 06 Februari 2023 - 04:15 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan ada 2 tingkatan zikir kepada Allah Taala. Tingkat pertama adalah tingkatan para wali. Tingkatan kedua zikir golongan kanan atau ashabul-Yamin.
  • Muslim AS Takkan Pilih Biden Lagi pada Pemilu Mendatang
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Wali Kota Dearborn, Abdullah Hammoud, telah bersumpah Arab-Amerika tak akan memilih kembali Joe Biden pada pemilu mendatang, kecuali sebagai Presiden AS itu mengakhiri dukungannya terhadap Israel.
  • Biografi Imam Syafii, Imam Mazhab yang Nasabnya Tersambung dengan Rasulullah (1)
    Hikmah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 21:37 WIB
    Imam Syafii (150-204 Hijriyah) nama aslinya Muhammad bin Idris Asy-Syafii. Namun kita biasa memanggilnya Imam Asy-Syafii. Beliau mendapat julukan Nashih Al-Hadits (pembela Sunnah Nabi).
  • 5 Baju Muslim Khas dari Berbagai Negara: No 5 Simbol Akulturasi
    Dunia Islam
    Senin, 03 Januari 2022 - 14:09 WIB
    Di beberapa negara, Islam juga tumbuh dan berkembang sesuai kebiasaan dan budaya masyarakatnya masing-masing. Salah satunya memunculkan tradisi berpakaian muslim yang menjadi ciri khas masing-masing
  • Akhlak Imam Ahmad bin Hanbal yang Menakjubkan
    Hikmah
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 17:41 WIB
    Dalam biografi Imam Ahmad bin Hanbal sang ulama ahli Hadis (164-241 H) diceritakan akhlak beliau yang menakjubkan. Simak kisahnya berikut.
  • Bentuk Watak Penipu Dunia Menurut Imam al-Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 15 Februari 2023 - 15:11 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan watak penipu dari dunia ini bisa mengambil berbagai bentuk. Ia berpura-pura seakan-akan bakal selalu tinggal dengan anda, sementara nyatanya ia pelan-pelan menyingkir dari anda.
  • Muslim India: Banyak Anak Mengundang Fitnah
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Mei 2023 - 12:17 WIB
    Berita bohong alias hoaks menerpa muslim India. Muslimah dituding sengaja melahirkan banyak anak dengan tujuan mengislamkan Negeri Hindustan itu. Fitnah tersebut cukup efektif merobek ketentraman di India.
  • Imam Syafi’i, Anak Yatim  Usia 7 Tahun Hafal Al-Qur’an
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 03:00 WIB
    Sebelum Imam Syafii lahir, kedua orang tuanya tinggal di kota Madinah. Karena suatu hal, pindah ke daerah Asqolan, Palestina. Sang ayah wafat, ketika Syafii baru lahir.
  • 42 Hadis Arbain Karangan Imam Nawawi Lengkap
    Tips
    Selasa, 21 November 2023 - 06:32 WIB
    Hadis-hadis dalam Arban Nawawiyah karya Imam an-Nawawi merupakan landasan atau fondasi dalam agama Islam. Sebagian ulama berpendapat bahwa ajaran Islam sepertiganya berlandaskan pada hadis-hadis dalam kitab ini.
  • Hadis Arbain: Tidak Halal Darah Seorang Muslim
    Tips
    Kamis, 16 November 2023 - 09:58 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-14 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis
  • Idul Fitri Sebagai Pengingat Akan Akhirat, Begini Kata Imam Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 17:24 WIB
    Idul Fitri bukanlah momen berfoya-foya dengan kesenangan duniawi. Apalagi sampai lupa kepada Allah SWT. Justru, hikmah adanya Idul Fitri di dunia adalah sebagai pengingat akan akhirat.
  • 5 Hakikat Puasa Ramadhan Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 28 Maret 2022 - 17:30 WIB
    Imam Al-Ghazali membagi lima hakikat puasa bagi orang khusus (shaum al-khusus) yang patut kita cermati dan teladani dengan baik agar kualitas puasa kita mencapai derajat yang tinggi.