Topik Terkait: Investigasi (halaman 185)

  • Kisah Kurban Nabi Ibrahim...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 17:39 WIB
    Peristiwa penyembelihan Nabi Ismail dan asal-usul ibadah kurban ini dimulai dari surah as-Saffat ayat 99-100 yang berisi kisah penantian panjang Nabi Ibrahim akan kehadiran seorang anak.
  • 3 Doa Nabi Ibrahim untuk...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 18:07 WIB
    Di antara nabi yang diceritakan melakukan doa dalam Al-Quran adalah Nabi Ibrahim. Melalui doanya, Nabi Ibrahim berharap agar anak-anaknya menjadi keturunan yang saleh.
  • 9 Tahapan Peristiwa...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 21:06 WIB
    Saat bumi berguncang, gunung berterbangan, laut diempaskan maka berakhirlah kehidupan dunia. Malaikat Israfil meniup Sangkakala sebagai tanda terjadinya Kiamat Al-Kubra.
  • Kisah Laki-laki Selamat...
    Hikmah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 23:36 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al-Mulk dan menghafalnya benar-benar menakjubkan. Dikisahkan, ada seorang laki-laki selamat dari siksa kubur berkat membaca Surat Al-Mulk.
  • IBBQ Gelar Kembali 2...
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Juni 2022 - 09:15 WIB
    Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ) kembali menggelar pembelajaran Alquran sebanyak 2 kelas di Bandung pada Sabtu, 11 Juni 2022.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Deretan Tokoh Islam...
    Dunia Islam
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 11:00 WIB
    Banyak penemuan ilmuwan muslim yang masih digunakan sebagai bahan rujukan ilmu pengetahuan hingga sekarang
  • Macam-Macam Haji, Niat,...
    Tips
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 17:35 WIB
    Macam-macam haji ada tiga, yakni haji Qiran, Tamattu, dan Ifrad. Yang membedakan ketiga macam haji ini adalah pelaksanaannya. Berikut niat dan tata caranya.
  • Perbedaan Antara Rukun...
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:35 WIB
    Haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib ditunaikan umat Islam bagi yang mampu. Berikut ini perbedaan antara rukun haji dan wajib haji.
  • Ketika Bumi Diguncang,...
    Hikmah
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 23:45 WIB
    Dalam Surat Al-Waqiah, Allah menegaskan peristiwa Hari Kiamat yang tidak dapat disangkal. Ketika bumi diguncang, manusia akan menjadi tiga golongan. Berikut penjelasannya.
  • Doa Rasulullah Saat...
    Tausyiah
    Minggu, 22 Mei 2022 - 23:39 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (SAW mengajarkan satu doa ketika bangun tidur untuk sholat malam. Doa ini memiliki keutamaan sebagaimana dijelaskan dalam Hadis.
  • Inilah Doa Munajat Taubat...
    Tips
    Senin, 23 Mei 2022 - 09:25 WIB
    Doa taubat nasuha dari Imam Al- Ghazali ini cocok diamalkan oleh umat muslim, yang bertujuan meminta ampunan dan rahmat Allah Subhanahu wa taala.
  • Akhir Zaman! Dajjal...
    Hikmah
    Senin, 23 Mei 2022 - 22:54 WIB
    Islam memberi petunjuk tentang peristiwa mengerikan di akhir zaman. Di antaranya munculnya Dajjal, Imam Mahdi dan turunnya Nabi Isa alaihissalam, kemudian ditiupnya Sangkakala.
  • 3 Golongan yang Tidak...
    Tausyiah
    Selasa, 24 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Dalam satu Hadis disebutkan bahwa ada tiga golongan manusia yang tidak dipandang pada hari Kiamat alias tidak diajak bicara oleh Allah Azza wa Jalla.
  • Memuliakan Istri, Menjaga...
    Muslimah
    Selasa, 24 Mei 2022 - 10:30 WIB
    Seorang suami harus mengetahui bahwa istri adalah amanah yang dibebankan kepadanya, sehingga harus bertakwa kepada Allah Subhanahu wa taala dalam memikul amanah tersebut
  • Akibat Sering Disepelekan,...
    Muslimah
    Kamis, 26 Mei 2022 - 12:36 WIB
    Banyak hadis yang menjelaskan tentang bahayanya bergosip atau berghibah ini. Ironisnya, kaum wanitalah yang sering melakukan perbuatan tercela tersebut. Ada dampak mengerikan dari perbuatan tercela itu.
  • Satu-satunya Amalan...
    Tausyiah
    Jum'at, 27 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Satu-satunya amalan yang pasti diterima Allah dan menjadi wasilah mendapatkan syafaat Nabi adalah membaca sholawat. Berikut bacaan sholawat pada Hari Jumat.
  • Doa Setelah Sholat Ashar...
    Tausyiah
    Jum'at, 27 Mei 2022 - 15:51 WIB
    Dalam riwayat disebutkan, waktu mustajab berdoa di hari Jumat yaitu ketika khatib naik mimbar sampai selesai sholat Jumat dan setelah sholat Ashar menjelang Maghrib.
  • Buya Syafii Maarif Wafat,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 27 Mei 2022 - 17:36 WIB
    Indonesia berduka. Allah Taala memanggil Ahmad Syafii Maarif ke haribaan-Nya. Tokoh teladan bangsa ini wafat pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB. Buya Ahmad Syafii wafat dalam usia 87 tahun.
  • Kritik Gus Baha kepada...
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 10:40 WIB
    Tahun ini Arab Saudi membuka penyelenggaraan ibadah Haji sebanyak 1 juta jemaah. Gus Baha menyampaikan kiritik kepada mereka yang minta didoakan jadi Haji mabrur.
  • Jangan Putus Asa dalam...
    Tausyiah
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 21:40 WIB
    Jangan pernah berhenti berdoa, apalagi sampai putus asa. Yakinlah bahwa doa yang kita panjatkan akan diijabah Allah Taala. Berikut tiga makna ijabah doa.