Topik Terkait: Islam Di Betawi (halaman 471)

  • Dulu Haram Kini Halal:...
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 16:17 WIB
    Nabi berkata barangsiapa meninggalkan sesuatu yang haram karena Allah, maka suatu ketika dia akan memperoleh yang haram itu dalam keadaan halal.
  • Cinta Kepada Allah,...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Mereka telah mendefinisikan kecintaan kepada Allah sebagai sekadar ketaatan belaka. Orang-orang yang berpendapat demikian sesungguhnya tidak tahu apakah agama itu sebenarnya.
  • Ridha Dengan Bala untuk...
    Tausyiah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 06:59 WIB
    Orang yang ridha dengan bala adalah hamba yang dicintai Allah taala. Dia mencobanya dengan berbagai cobaan dan musibah, lalu ia sabar, istirja dan mengharapkan pahala di sisi Allah.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 10:19 WIB
    Kisah ini disampaikan di sebuah madrasah sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harafiah atau literal.
  • 10 Karomah Sayyidina...
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 06:10 WIB
    Dibalik keberhasilannya menjabat khalifah sekaligus Amirul Mukminin, Sayyidina Umar ternyata memiliki karomah yang luar biasa. Ada 10 karomah (kelebihan dan kemuliaan) beliau.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • 10 Karomah Sayyidina...
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 17:33 WIB
    Dibalik keberhasilannya menjabat khalifah sekaligus Amirul Mukminin, Sayyidina Umar bin Khattab memiliki karomah yang luar biasa. Berikut lanjutan ulasan karomah beliau.
  • Kenali Akhlak Suami...
    Muslimah
    Rabu, 17 Juni 2020 - 06:01 WIB
    Para suami perlu mengetahui perbuatan-perbuatan yang oleh Islam dikategorikan sebagai tindakan dosa suami terhadap istri sebagaimana dosa yang tak terampuni.
  • 3 Karomah Utsman Bin...
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 21:21 WIB
    Utsman bin Affan selain dikenal karena kedermawanannya, beliau adalah orang yang berjasa dalam merangkum Al-Quran menjadi mushaf yang kita baca saat ini. Berikut tiga karomah beliau.
  • Masya Allah! Indahnya...
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 00:04 WIB
    Tidak ada manusia yang dalam dirinya terkumpul kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Maka beruntunglah orang yang mengenali dan mengimani beliau.
  • Urusan Pusar ke Bawah...
    Hikmah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 07:11 WIB
    Abu Nawas ingin membuat hal yang berkesan bagi Baginda Raja. Si Cerdik ini duduk di pinggir jalan depan rumahnya. Raja tersenyum melihat tingkah Abu Nawas.
  • Dua Tetesan dan Dua...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Selain mencintai pekerja yang bila bekerja ia bekerja dengan baik, Allah taala juga mencintai dua tetesan dan dua bekas. tetesan air mata dan tetesan darah.
  • Tagih Zakat, Abu Nawas...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 07:20 WIB
    Pada mulanya, Baginda Raja agak kaget dengan ide Abu Nawas. Karena ada rasa keinginan kuat untuk menyadarkan Tuan Kabul, akhirnya rajapun bersedia menyamar menjadi pengemis..
  • Belajar Sabar dan Ridha...
    Muslimah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 10:06 WIB
    Sabar adalah kendaraan yang tidak pernah terpelesat, bekal terbaik pada saat saat genting dan sarana terbaik untuk mendapatkan keridhaan Allah Azza wa Jalla.
  • Nenek Mau Tunjukkan...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 15:54 WIB
    Ini kisah seorang perempuan tua yang mendapatkan peluang emas. Dia memanfaatkannya bukan untuk mendapatkan harta dan benda dunia, tetapi untuk meraih di surga.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 06:10 WIB
    Seekor semut dengan rencana tersusun di pikirannya, sedang mencari-cari madu ketika seekor capung hinggap pada kuntum bunga itu dan menghisap madunya.
  • Besok Gerhana Matahari...
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:47 WIB
    Masyarakat Indonesia akan kembali menyaksikan fenomena langit yang menakjubkan, yakni Gerhana Matahari Cincin. Peristiwa ini akan terjadi pada Ahad besok.
  • Peristiwa Besar Saat...
    Tausyiah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Matahari dan bulan ialah tanda kebesaran Tuhan, yang tidak akan jadi gerhana karena kematian atau hidupnya seseorang. Kalaumelihat hal itu, berlindunglah dalam zikir kepada Tuhan.
  • Soal Berburu, Jangan...
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 08:59 WIB
    Si Jahil ini tiba-tiba melontarkan ide kepada Baginda Raja. Ia mengusulkan kapada Baginda, agar acara berburu menjadi seru, bagaimana bila ada semacam lomba.
  • Wahai Muslimah, Yuk...
    Muslimah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 16:00 WIB
    Sangat disayangkan, bergosip atau ghibah pada hari ini sudah menjadi santapan di setiap forum dan menjadi kebiasaan terulang-ulang di kebanyakan pertemuan kaum wanita.
  • Penampakan Pedang dan...
    Hikmah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 20:56 WIB
    Banyak riwayat yang menceritakan sisi kepribadian Rasulullah termasuk pakaian dan properti yang dipakai beliau semasa hidupnya. Berikut penampakan pedang dan topi besi Rasululah.