Topik Terkait: Islam Di Betawi (halaman 490)

  • Kisah Ajaib! Prajurit...
    Hikmah
    Kamis, 11 Agustus 2022 - 23:55 WIB
    Kisah prajurit Umar bin Abdul Aziz yang hidup meski meski kepalanya dipenggal sarat pelajaran berharga. Kisah ini terjadi ketika pasukannya melawan Romawi.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 07:30 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang awal mula Asyura menarik untuk kita simak. Ulama ahli tafsir Al-Quran ini menceritakan sejarahnya dalam satu kajiannya di kanal YouTube.
  • Eksistensi Sihir dan...
    Muslimah
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 16:10 WIB
    Dalam waktu beberapa hari terakhir ini, istilah sihir, dukun, santen dan semacamnya tengah ramai diperbincangkan. Meskipun, kita berada dalam era serbadigital, ternyata eksistensi sihir masih tetap ada.
  • Waspadalah, Jin Bisa...
    Tips
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 16:41 WIB
    Waspadalah jin bisa memerintahkan orang untuk melakukan kejahatan atau hal-hal yang haram. Untuk itu ada beberapa cara untuk menghindari dan mengobati orang yang diganggu atau kerasukan jin.
  • Surat yang Paling Utama...
    Tips
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 06:30 WIB
    Sholat Dhuha merupakan ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah shollallohu alaihi wasallam. Berikut surat yang dibaca beliau ketika melaksanakan sholat sunnah Dhuha.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Larangan Mengumbar Aib...
    Muslimah
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 06:31 WIB
    Islam mengajarkan kita untuk menutup aib diri sendiri, begitu juga menutup aib orang lain. Bahkan, perintah untuk tidak mengumbar aib dan keburukan menjadi salah satu penyebab turunnya ayat Al-Quran, yakni Surat Al Hujurat ayat 12.
  • 3 Doa Pendek Saat Mau...
    Tips
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 07:05 WIB
    Ada doa-doa pendek yang bisa kita amalkan saat akan bepergian atau bersafar. Doa ini penting diamalkan, agar senantiasa berada dalam lindungan Allah Taala dan selamat selamat sampai di tujuan.
  • Siapakah Seburuk-buruk...
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 08:30 WIB
    Dalam banyak riwayat Hadis, Rasulullah SAW menyampaikan kriteria manusia paling buruk di sisi Allah. Siapa sajakah seburuk-buruk hamba yang dimaksud Rasulullah SAW?
  • Tragedi Karbala: Detik-Detik...
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 14:54 WIB
    Detik-detik syahidnya Sayyidina Husein dalam peristiwa tragedi Karbala sungguh memilukan. Kisah ini menggambarkan betapa sesungguhnya Sayyidina Husein sudah tahu dan siap syahid di padang Karbala.
  • Upaya Terakhir Setan...
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 15:27 WIB
    Setan tidak pernah lelah. Upaya setan terakhir dan habis-habisan adalah menggoda manusia saat maut tengah menjemput atau sakaratul maut. Saat-saat ini merupakan saat-saat yang berat
  • Ucapan dan Doa Ketika...
    Tips
    Sabtu, 26 November 2022 - 09:47 WIB
    Setiap orang pasti diuji dengan berbagai keadaan baik hal yang menyenangkan maupun yang tidak disukai. Berikut ucapan dan doa ketika mendapati hal yang tidak disukai
  • Benarkah Telapak Kaki...
    Muslimah
    Sabtu, 26 November 2022 - 09:52 WIB
    Dalam Islam, semua bagian tubuh seorang wanita muslimah adalah aurat, kecuali muka dan telapak tangan. Yang sering ditanyakan, apakah bagian bawah kaki atau disebut al qadam termasuk batasan aurat juga?
  • Jelang Kiamat Akan Muncul...
    Hikmah
    Sabtu, 26 November 2022 - 14:25 WIB
    Di akhir zaman akan muncul seorang laki-laki dari Qahthan, orang-orang taat kepadanya, dan berkumpul padanya. Hal itu terjadi ketika zaman telah berubah.
  • 9 Keutamaan Alhamdulillah,...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 November 2022 - 17:09 WIB
    Kalimat tahmid Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) merupakan kalimat pujian yang sangat dicintai Allah. Kalimat ini memiliki keutamaan dan khasiat luar biasa.
  • Religiositas Bisa Menjadi...
    Tausyiah
    Minggu, 27 November 2022 - 08:57 WIB
    Religiositas yang tidak disertai ketulusan hati, kehalusan budi pekerti, dan kecintaan terhadap sesama makhluk, akan menjadi laknat bagi negara dan manusia.
  • Doa Nabi Khidir agar...
    Tips
    Minggu, 27 November 2022 - 11:11 WIB
    Nabi Khidir memang seorang nabi yang namanya tidak terlalu populer, namun eksistensi beliau telah dipastikan dalam Al Quran. Bahkan ada doa Nabi Khidir yang sangat berguna untuk mengabulkan segala hajat
  • Sering Dianggap Sepele,...
    Muslimah
    Senin, 28 November 2022 - 10:40 WIB
    Bagi sebagian kaum muslimah, berkeluh kesah ketika ditimpa masalah atau musibah masih sering dianggap hal biasa atau sepel.Padahal sikap tersebut tidak terpuji dan akan mendapatkan kemurkaan dari Allah Taala.
  • 7 Keutamaan Muawiyah...
    Hikmah
    Selasa, 29 November 2022 - 11:48 WIB
    Muawiyah bin Abu Sufyan radhiyallahu anhuma (wafat 60 H atau 680 M di Damaskus) dikenal sebagai tokoh sentral yang juga pendiri Dinasti Umayyah. Berikut 7 keutamaannya.
  • Hukum Bacaan Tajwid...
    Tips
    Selasa, 29 November 2022 - 11:33 WIB
    Hukum bacaan tajwid Surat Yasin ayat 1 sampai 5 yang kemudian diikuti oleh seluruh surat Yasin menjadi penting untuk dipelajari agar bacaan Al-Quran menjadi benar dan baik.
  • Biografi Syaikh Yasin...
    Dunia Islam
    Selasa, 29 November 2022 - 14:06 WIB
    Syaikh Yasin Al-Fadani bernama lengkap Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Al-Fadani (1915-1990). Beliau ulama besar asal Padang, ahli sanad Hadis yang dijuluki Musnid Dunia.