Topik Terkait: Islam Di Betawi (halaman 497)

  • Kontroversi Kitab Barzanji:...
    Tausyiah
    Senin, 03 Oktober 2022 - 14:18 WIB
    Isi sebagian kitab Qashidah Barzanji masih mengundang perdebatan. Salah satunya adalah perihal Nur Muhammad. Konon kepercayaan semacam ini bersumber dari riwayat palsu alias hoaks. Bernarkan?
  • Apakah Sayyid Boleh...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Apakah Sayyid boleh menikah dengan wanita non Syarifah? Sayyid atau Syarif adalah orang yang memiliki nasab mulia keturunan Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam.
  • 10 Keistimewaan Nabi...
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 05:10 WIB
    Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam secara lahiriyah memang manusia biasa, namun beliau memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki manusia mana pun.
  • 4 Aktivitas Seksualitas...
    Tausyiah
    Kamis, 22 September 2022 - 13:54 WIB
    Banyak term-term seksualitas dalam Al-Quran baik secara eksplisit maupun implisit. Ajaran Al-Quran yang mengandung makna larangan terhadap seksualitas setidaknya ada dalam empat hal.
  • Dialog Abu Bakar Ash-Shiddiq...
    Hikmah
    Jum'at, 23 September 2022 - 11:30 WIB
    Suatu ketika Abu Bakar bertemu dengan seorang perempuan dari Kabilah Ahmas. Perempuan itu bernama Zainab binti al-Muhajir. Abu Bakar melihat wanita itu tidak mau berbicara.
  • Kisah Nazar Sayyidah...
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:41 WIB
    Ibnu Zubair meminta tolong para sahabat agar mempertemukan dengan Aisyah. Demi Allah, tidaklah halal (baik) baginya bernazar untuk memutuskan hubungan denganku.
  • Kisah Aminah Memberi...
    Hikmah
    Kamis, 29 September 2022 - 15:01 WIB
    Aminah dan Abdul Muthalib sangat bahagia menyambut lahirnya bayi yang suci. Bayi itu diberi nama Muhammad. Aku memberinya nama Muhammad, sebagaimana yang diperintahkan oleh pembawa suara misterius itu, ujar Aminah.
  • Bacaan Doa Setelah Sholat...
    Tips
    Jum'at, 30 September 2022 - 17:16 WIB
    Bacaan doa setelah sholat Tahajud merupakan amalan yang dibaca setelah zikir usai menunaikan sholat sunnah tersebut. Sholat Tahajud sendiri adalah ibadah qiyamullail yang dilakukan secara khusus setelah tidur.
  • 4 Sosok Perempuan Mulia...
    Muslimah
    Jum'at, 30 September 2022 - 17:26 WIB
    Dalam sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW, selain ibu kandung yakni Aminah binti Wahab bin Abdulmanaf bin Zuhrah bin Kilab, didapati beberapa orang perempuan mulia yang menjadi sosok ibu asuhnya
  • Nabi Muhammad Lahir,...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 14:40 WIB
    Pada saat Nabi Muhammad SAW lahir, menjadi hari duka bagi jin dan iblis. Kala itu, jin yang gemar mencuri berita, saat Rasulullah SAW lahir para jin kehilangan kemampuan untuk mencuri berita.
  • Benarkah Roh Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:48 WIB
    Penulis kitab Barzanji seakan mengajak para pembacanya agar mereka menyakini bahwa Rasulullah SAW hadir pada saat membaca sholawat, terutama ketika Mahallul Qiym (posisi berdiri).
  • Amalkan Doa Ini agar...
    Tips
    Senin, 03 Oktober 2022 - 10:17 WIB
    Kita disarankan untuk berdoa agar bangsa jin ini tidak bisa melihat aurat kita, sebagai salah satu upaya pencegahan agar terlindungi dari godaan dan gangguan setan.
  • Maulid Nabi: Syair Pujian...
    Hikmah
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 15:52 WIB
    Maulana Jalaluddin Rumi kerap kali melantunkan puji-pujian pada Rasulullah SAW lewat puisi dan syairnya. Dia persembahkan satu ghazal penuh untuk Nabi.
  • Meneladani Rasulullah...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 15:15 WIB
    Ketua Program Studi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir Institut PTIQ, Abdul Muid Nawawi mengatakan, Rasulullah memberikan banyak keteladan berbangsa dan bernegara.
  • Kisah Sayyidah Aisyah...
    Hikmah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 21:49 WIB
    Kisah Sayyidah Aisyah meminta doa dari Nabi Muhammad SAW benar-benar menyentuh hati. Begini kalimat yang keluar dari lisan mulia Nabi shollallohu alaihi wasallam.
  • 3 Penyakit yang Merusak...
    Tausyiah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 06:45 WIB
    Ada tiga penyakit berbahaya dalam diri manusia yang dapat merusak peradaban manusia. Dari tiga penyakit ini terdapat satu penyakit yang paling berbahaya.
  • Perkara yang Harus Diketahui...
    Muslimah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 09:16 WIB
    Islam memiliki ketentuan bagi pasangan suami istri dalam menghadapi persoalan talak. Ada ketentuan-ketentuan dalam talak yang akan mewujudkan maslahat dan menjauhkan madharat dari mereka.
  • Hawa dari Tulang Rusuk...
    Muslimah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 09:10 WIB
    Tradisi pemahaman yang mempersepsikan Hawa dari tulang rusuk kiri Adam, bukan bersumber dari al-Quran tetapi pengaruh ajaran Kitab Suci sebelumnya.
  • Doa Menguatkan Hafalan,...
    Tausyiah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 09:15 WIB
    Setiap orang tentu ingin punya hafalan yang kuat terutama bagi penuntut ilmu dan penghafal Al-Quran. Berikut ijazah menguatkan hafalan dari Habib KH Said Agil Husin Al-Munawar.
  • Adakah yang Menanggung...
    Muslimah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 15:31 WIB
    Setiap orang yang berbuat dosa akan dimintai pertanggungjawabannya baik dunia maupun di akhirat. Namun bagaimana dengan anak yang belum baligh?