Topik Terkait: Keistimewaan Bulan Ramadhan

  • Ini yang Harus Disiapkan Muslimah Menjelang Memasuki Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Jum'at, 18 Maret 2022 - 15:53 WIB
    Menjelang bulan Ramadhan, kaum muslimah biasanya mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar di bulan mulia tersebut. Sehingga tidak hanya niat saja yang dibutuhkan, namun perlu persiapan dan bekal lainnya.
  • 6 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan
    Muslimah
    Kamis, 08 April 2021 - 18:23 WIB
    Ibadah puasa apalagi di bulan Ramadhan merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai takwa, dan salah satu sebab untuk mendapatkan ampunan dosa-dosa, dilipatgandakan kebaikan, dan pengangkatan derajat.
  • Keistimewaan dan Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 19:25 WIB
    Bulan Dzulhijjah termasuk bulan yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaan dan keutamaan. Karena itu, Syariat Islam memerintahkan umat Islam untuk menyemarakkannya dengan berbagai amal shaleh yang istimewa.
  • Madrasah Ramadhan sebagai Bulan Kesabaran
    Muslimah
    Minggu, 25 April 2021 - 08:43 WIB
    Sebagai bulan yang istimewa banyak predikat yang disematkan pada bulan Ramadhan, salah satunya adalah Ramadhan sebagai bulan kesabaran. Kenapa disebut bulan kesabaran?
  • Saatnya Mengakrabi Al-Quran di Malam-malam Ramadhan
    Tips
    Rabu, 13 April 2022 - 14:54 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulannya Al-Quran, karena mengakrabi atau mentadabburi Al-Quran di malam-malan hari selama Ramadhan merupakan rutinitas yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Bahaya Bermaksiat di Bulan Ramadhan, Dosanya Dilipatgandakan
    Tausyiah
    Kamis, 14 April 2022 - 22:04 WIB
    Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan setiap muslim wajib memuliakannya dengan menjauhi segala perkara maksiat. Berikut hukum bermaksiat di bulan Ramadhan.
  • Bulan Ramadhan, Yayasan Erick Thohir Rutin Bikin Kegiatan untuk Warga
    Dunia Islam
    Sabtu, 23 April 2022 - 18:55 WIB
    Berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dilakukan oleh Yayasan Erick Thohir secara aktif sepanjang bulan Ramadhan ini.
  • Syawal, Bulan Berkah yang Penuh Julukan
    Muslimah
    Minggu, 16 Mei 2021 - 05:50 WIB
    Setelah Ramadhan, kita memasuki bulan Syawal. Selain penuh dengan amalan, bulan Syawal ternyata juga memiliki beragam julukan, karena keistimewaaannya tersebut. Julukan apa saja?
  • Pedagang Acar Gurih Meraup Berkah Selama Ramadhan di Palestina
    Dunia Islam
    Kamis, 07 April 2022 - 12:01 WIB
    Di persimpangan jalan di pasar, sejumlah pedagang telah mendirikan kios yang menawarkan acar berwarna-warni cerah, yang dikenal sebagai turshi, di Palestina.
  • Perang Badar: Kemenangan Besar Umat Islam di Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Senin, 14 Mei 2018 - 20:21 WIB
    Ada satu peristiwa bersejarah yang sering dilupakan di bulan Ramadhan, yaitu Perang Badar. Perang ini terjadi pada 17 Ramadhan tahun kedua Hijriyah ini.
  • Keistimewaan Anak Lahir pada Bulan Ramadhan
    Tips
    Kamis, 07 April 2022 - 18:03 WIB
    Anak adalah titipan Allah kepada orang tuanya. Dalam Islam, anak menjadi ladang amal bagi kedua orang tuanya. Berikut keistimewaan anak lahir di bulan Ramadhan.
  • Keajaiban Ramadhan dalam Pandangan Umat Islam
    Muslimah
    Senin, 18 April 2022 - 05:22 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan yang dimuliakan Allah Subhanahu wa Taala. Ini karena dalam bulan ini telah diturunkan Al-Quran di dalamnya.
  • Ramadhan, Bulan Menjaga Lisan dan Mencuci Dosa-dosa
    Tausyiah
    Selasa, 20 April 2021 - 08:05 WIB
    Ramadhan bukan hanya menahan diri dari makan dan minum. Akan tetapi, menahan diri dari apa yang kita ucapkan dengan lisan agar terhindar dari perkataan kotor.
  • Bulan Ramadhan, Kebangkitan Bagi Peradaban Islam
    Hikmah
    Jum'at, 11 Mei 2018 - 17:29 WIB
    Masa itu dunia dalam kegelapan. Hukum yang berlaku hanyalah hukum rimba. Siapa yang kuat dialah yang berkuasa. Siapa yang lemah dialah yang tertindas.
  • Jangan Terlewat! Ini 3 Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadhan
    Tips
    Rabu, 13 April 2022 - 16:55 WIB
    Ada tiga waktu terkabulnya doa di bulan Ramadhan. Hendaknya umat Islam tidak melewatkan waktu tersebut kecuali dengan memperbanyak berdoa kepada Allah Taala.
  • Bulan Ramadhan, IWAPI Berbagi Kasih Bersama Anak Yatim Piatu dan Dhuafa
    Dunia Islam
    Rabu, 20 April 2022 - 13:34 WIB
    Bulan Ramadhan merupakan bulan suci, dimana umat muslim berlomba mencari pahala dengan memberikan santunan kepada mereka yang berhak.
  • Waktu Mustajab Doa di Bulan Ramadhan : Dari Pagi Hingga Pagi Lagi
    Tausyiah
    Sabtu, 02 April 2022 - 17:10 WIB
    Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, bulan penuh ampunan yang seluruh waktunya adalah mustajab untuk memanjatkan doa kepada allah Subhanahu wa taala.
  • Hadirkan 7 Niat Ini Sebelum Memasuki Ramadhan, Insya Allah Puasanya Berkah
    Tips
    Kamis, 31 Maret 2022 - 22:24 WIB
    Sebelum memasuki bulan Ramadhan ada baiknya kita menghadirkan niat untuk meraih keutamaan dan keberkahan puasa. Ada 7 niat mulia yang dapat kita amalkan.
  • 11 Amalan Bulan Ramadhan Bertabur Pahala
    Tausyiah
    Senin, 28 Maret 2022 - 16:28 WIB
    Untuk meraih keutamaan Ramadhan, umat muslim sebaiknya bersemangat menjalankan amalan-amalan sunnah. Sedikitnya ada 11 amalan penting di bulan Ramadhan bertabur pahala.
  • Kiat Mempertahankan Semangat Bulan Ramadhan
    Tips
    Senin, 16 Mei 2022 - 10:01 WIB
    Setelah sebulan penuh menempah diri dengan puasa dan ibadah lainnya, seharusnya Ramadhan terus membekas. bukan hanya pergi begitu saja. Bagaimana kiat mempertahankannya?