Topik Terkait: Keistimewaan Nabi Muhammad SAW (halaman 2)

  • Khutbah Terakhir Nabi Muhammad SAW pada Haji Wada Sangat Menyentuh Hati
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 11:23 WIB
    Khutbah terakhir Nabi Muhammad SAW pada Haji Wada (haji perpisahan) dapat kita jadikan pembelajaran. Isi khutbah beliau sangat menyentuh hati dan penuh dengan hikmah.
  • 5 Ulama Indonesia Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 15 November 2022 - 05:15 WIB
    Ulama Indonesia keturunan Nabi Muhammad SAW lumayan banyak. Salah satunya adalah Prof M Quraish Shihab, lalu Habib Ali Kwitang pemimpin Majelis Taklim Kwitang.
  • Berikut Ini Nubuat Bible tentang Datangnya Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Senin, 30 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Para theolog Islam berkata bahwa Penolong yang lain itu adalah Muhammad, Rasulullah dan menyertai selama-lamanya berarti abadinya hukum dan cara hidup (syariah) dan Kitab yang diwahyukan kepadanya.
  • 10 Keistimewaan Rasulullah SAW yang Perlu Kamu Ketahui
    Tausiyah
    Jum'at, 01 November 2019 - 05:15 WIB
    Satu-satunya sosok manusia yang tak pernah habis untuk dibicarakan dan dipelajari ialah Al-Musthafa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Biografi Nabi Muhammad SAW dari Lahir hingga Wafat Lengkap Silsilahnya
    Hikmah
    Sabtu, 08 Oktober 2022 - 08:05 WIB
    Biografi Nabi Muhammad SAW (shollallohu alaihi wasallam) dari lahir hingga wafat lengkap silsilahnya penting diketahui umat Islam. Beliaulah manusia teragung sepanjang masa.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Kisah Keberkahan Halimah setelah Menyusui Muhammad SAW
    Hikmah
    Jum'at, 30 September 2022 - 15:08 WIB
    Pada mulanya, Halimah tidak tertarik untuk menyusui bayi yang yatim itu. Namun karena tidak mendapatkan bayi lain, Halimah pun akhirnya menerima. Keputusan Halimah ini membawa berkah yang berlimpah.
  • Masjid Quba Peringati Maulid Nabi, Ustad Ayub: Malaikat pun Segan dengan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 20:23 WIB
    Syiar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW terdengar di mana-mana. Salah satunya di Masjid Quba, Perumahan Telaga Sakinah, Cibitung, Bekasi, Rabu (20/10/2021).
  • Negeri yang Pernah Disinggahi Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 15:13 WIB
    Negeri yang pernah disinggahi Nabi Muhammad SAW selain Arab Saudi adalah Suriah dan Yordania. Selain itu, pada saat melakukan perjalanan Isra Nabi Muhammad SAW juga singgah di beberapa tempat.
  • 8 Kekhususan Nabi Muhammad yang Tidak Dimiliki Manusia di Muka Bumi
    Hikmah
    Minggu, 28 Juni 2020 - 05:15 WIB
    Sosok Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) layak diagungkan karena memiliki kekhususan yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya.
  • Marga Keturunan Nabi di India, Ada Klaim Hindustan Pelindung Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 16 Mei 2023 - 12:23 WIB
    Marga keturunan Nabi Muhammad SAW di India tersebar di berbagai wilayah. Laman Defence menyebut lebih dari 15 juta orang mengklaim sebagai keturunan dari suku Nabi di Asia Selatan.
  • Allah Bersalawat Kepada Nabi Muhammad SAW, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 11:03 WIB
    Dalam Al-Quran surat Al Ahzab ayat 56 menyebutkan bahwa Allah SWT dan para malaikat bersalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Apa maksud Allah bersalawat?
  • Muhammad SAW Sang Mutiara (1)
    Hikmah
    Jum'at, 22 November 2019 - 16:46 WIB
    Dalam dua minggu terakhir saya keliling ke berbagai masjid dan Islamic Center di Kota New York AS untuk ceramah atau jadi nara sumber dalam ragam acara peringatan lahirnya baginda Rasulullah Muhammad SAW.
  • Hikmah di Balik Pertemuan Nabi Musa dengan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 15:39 WIB
    Kisah pertemuan Nabi Musa alaihissalam dengan Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj menyimpan hikmah dan pelajaran berharga. Simak kisahnya berikut ini.
  • Nabi Muhammad SAW Haramkan Perbuatan Zalim, Lalu Apakah Zalim Itu?
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Maret 2023 - 16:41 WIB
    Lezaliman terbagi dua: Pertama, zalim seorang hamba terhadap dirinya sendiri dan kezaliman yang paling besar adalah syirik atau mempersekutukan Allah SWT. Kedua, kezaliman seorang hamba terhadap orang lain.
  • Tak Sedikit Kisah-Kisah Khayalan tentang Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Selasa, 27 September 2022 - 16:25 WIB
    Nabi Muhammad SAW dan mukjizat-mukjizatnya banyak diceritakan dalam kitab-kitab cerita Maulid. Hanya saja, tak sedikit kisah yang ditampilkan berlebihan.
  • Muhammad Sang Mutiara, Pemimpin yang Menyelamatkan Manusia dari Kegelapan
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:14 WIB
    Muhammad SAW memang dilahirkan, dan diutus bukan sekadar membawa risalah samawiyah (heavenly message) atau pesan langit. Beliau pada dirinya perwujudan dari pesan itu.
  • Hijrah Nabi Muhammad SAW sebagai Pijakan Kalender Hijriah
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:16 WIB
    Besok, Sabtu 30 Juli 2022 adalah bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriah. Dalam Islam, bulan Muharram identik dengan hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah beberapa abad lalu.
  • Nabi Muhammad, Manusia yang Nasabnya Diabadikan Sampai ke Nabi Adam
    Hikmah
    Senin, 02 November 2020 - 14:54 WIB
    Satu-satunya manusia yang nasabnya diabadikan tersambung sampai ke manusia pertama Nabi Adam alahissalam ialah Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
  • Sosok Perempuan yang Menolak Lamaran Nabi Muhammad SAW, Ini Alasannya
    Hikmah
    Selasa, 13 September 2022 - 23:51 WIB
    Siapakah sosok perempuan yang menolak lamaran Nabi Muhammad SAW? Nabi pernah melamarnya dua kali namun selalu kandas. Berikut kisahnya dan alasan penolakannya.
  • Kisah Perjalanan Nabi Muhammad SAW Menurut Surat Al-Isra Ayat 1
    Hikmah
    Minggu, 04 Februari 2024 - 10:18 WIB
    Setiap tanggal 27 Rajab, umat Islam memperingati Isra Miraj, yaitu perjalanan Rasulullah SAW dan malaikat Jibril dari Masjidil Haram, Makkah menuju Masjid al-Aqsa di Baitul Maqdis, Palestina. Kemudian melanjutkan menuju langit Sidratul Muntaha.