Topik Terkait: Keluarga Islami

  • 3 Pengaruh Tata Cara Hidup Islami Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 10 November 2022 - 14:35 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sesungguhnya tata cara kehidupan yang Islami itu dapat mewujudkan masyarakat Islam dengan sejumlah keistimewaan (karakteristik) dan pengaruh yang positif.
  • 7 Kriteria  Keluarga Samawa, Ada Pembagian Tugas Sesuai Syariat
    Muslimah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 16:30 WIB
    Mendambakan rumah tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah (samawa) yang penuh ketentraman, berkasih sayang dan dirahmati Allah Taala, pasti keinginan semua orang.
  • Khutbah Jumat: Membangun Keluarga yang Islami, Menggapai Ridha Ilahi
    Tausyiah
    Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB
    Berikut adalah materi khutbah Jumat yang mengingatkan kepada kaum muslimin agar senantiasa berupaya membangun keluarga yang islami untuk menggapai ridha ilahi.
  • Pacaran Islami? Benarkah Ada dan Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 06:15 WIB
    Pacaran Islami? Benarkah ada dalam Islam? Pacaran bukanlah istilah yang ada dalam khazanah Islam. Maka memang tidak ditemukan dalil yang bunyinya janganlah kalian pacaran atau pacaran itu haram atau semisalnya.
  • Doa Memohon Menjadi Keluarga Samawa
    Tips
    Jum'at, 24 November 2023 - 18:59 WIB
    Ada sebuah doa agar memiliki keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah (Samawa). Doa ini baik sekali dibaca setiap hari, bahkan dalam berbagai kesempatan.
  • Doa Memohon Keluarga Samawa Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Selasa, 13 Juni 2023 - 19:03 WIB
    Doa memohon keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah (samawa) ini baik sekali dibaca setiap hari atau dalam berbagai kesempatan. Agar diri kita dan keluarga kita serta, turunan kita senantiasa taat dan rajin beribadah kepada Allah SWT.
  • Mana Lebih Utama Bercengkrama dengan Keluarga Atau Duduk-duduk di Masjid?
    Hikmah
    Kamis, 12 Maret 2020 - 08:11 WIB
    Seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, mana lebih utama bercengkrama (bercakap-cakap) bersama keluarga atau duduk-duduk di dalam masjid?
  • Perintah Rasulullah SAW : Bersikap Adil dan Menjaga Perasaan Anak
    Muslimah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa mereka.
  • Parenting Islami : Menanamkan Kejujuran Pada Anak
    Muslimah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:15 WIB
    Sikap jujur sangat penting, karena merupakan fondasi utama semua karakter baik. Jujur adalah kunci kebahagiaan, karenanya jika ingin anak-anak kita berbahagia di kehidupannya, maka menanamkan sikap jujur adalah kuncinya.
  • Belajar dari Kemuliaan Keluarga Imran
    Muslimah
    Sabtu, 17 April 2021 - 06:15 WIB
    Keluarga adalah madrasah iman yang paling utama. Ada sebuah potret istimewa sebuah keluarga yang dicantumkan dalam Al-Quran, yakni keluarga Imran. Apa keistimewaan keluarga ini?
  • Parenting Islami : Hindari Mencela Anak
    Muslimah
    Senin, 18 September 2023 - 17:52 WIB
    Ketika marah dan emosi memuncak, seringkali orang tua lepas kontrol bahkan hingga mengeluarkan ucapan-ucapan yang tidak pantas pada anak, bahkan menjurus ke mencela anak. Padahal hal tersebut dilarang dalam Islam
  • Hukum Zakat kepada Keluarga yang Wajib Dinafkahi
    Tips
    Kamis, 13 April 2023 - 13:00 WIB
    Bagaimana hukum zakat kepada keluarga sendiri? Di antaranya pada saat keluarga yang diberi adalah anak atau orangtua yang wajib dinafkahi oleh orang si pemberi zakat.
  • Nama Bayi Perempuan Islami yang Unik, Catat Ya, Bun...
    Muslimah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 10:39 WIB
    Nama bayi perempuan islami banyak terinspirasi dari arti ayat-ayat Al-Quran yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan. Dalam Islam, memberikan nama telah ditetapkan sesuai syariat serta anjuran Nabi Muhammad SAW.
  • Pentingnya Menjaga Rahasia Pasangan
    Muslimah
    Kamis, 15 Februari 2024 - 12:30 WIB
    Yang paling utama bagi suami dan istri adalah tidak menyebarkan rahasia pendamping hidupnya dan tidak membocorkan aib tersembunyi yang ia ketahui ada pada suami atau istrinya tersebut.
  • Pahala Mencari Nafkah untuk Keluarga dan 6 Keutamaannya
    Hikmah
    Rabu, 24 Januari 2024 - 12:56 WIB
    Pahala mencari nafkah untuk keluarga sangat besar. Kegiatan mencari nafkah juga merupakan amalan mulia yang patut diniatkan dengan ikhlas sehingga bisa meraih pahala.
  • Doa untuk Keharmonisan Keluarga yang Tercantum Dalam Al-Quran
    Muslimah
    Sabtu, 13 Maret 2021 - 07:57 WIB
    Setiap pasangan rumah tangga muslim, pasti menginginkan membangun keluarga yang sakinah, mawadah dan rahmah (samawa). Sehingga rumah tangganya harmonis dan mendapat keridhaan Allah Subhanahu wa taala.
  • Benarkah Keluarga Mukmin Bakal Dipertemukan Kembali di Surga?
    Muslimah
    Kamis, 23 Februari 2023 - 08:20 WIB
    Benarkah sebuah keluarga mukmin di dunia akan kembali dipertemukan di surga kelak? Bagaimana dalilnya dan apa saja gambaran pasangan keluarga surga tersebut?
  • Inilah Cara Suami Menasihati Istri sesuai Tuntunan Syariat
    Tausyiah
    Rabu, 08 Mei 2024 - 10:47 WIB
    Dalam Islam, wajib bagi pasangan suami istri untuk memperlakukan pasangannya dengan baik dan memenuhi hak-haknya dengan penuh kerelaan. Lantas bagaimana jika pasangan atau istri berperilaku buruk?
  • Anak Mulai Berbohong? Awas Sinyal Bahaya!
    Muslimah
    Senin, 09 November 2020 - 11:30 WIB
    Sekali atau dua kali anak berbohong, sesuatu yang mungkin masih bisa diberi toleransi atau masih bisa dimaklumi. Tapi kalau terus-menerus dan menjadi satu kebiasaan baginya, ini merupakan satu sinyal bahaya.
  • Parenting Islami : Mengajarkan Sikap Optimisme pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 15:00 WIB
    Mengajarkan sikap optimisme kepada anak-anak sejak dini, penting dilakukan. Dalam Islam, optimisme tersebut dibangun berdasarkan raja? (sikap berharap), raghbah (semangat meraih cita-cita), dan tawakkal kepada Allah Azza wa Jalla.