Topik Terkait: Kesalahan Dan Dosa (halaman 71)

  • Sholawat Dauni Lengkap...
    Tips
    Minggu, 15 Oktober 2023 - 20:39 WIB
    Sholawat Dauni merupakan salah satu sholawat yang populer dilantunkan umat Islam, khususnya di Indonesia. Sholawat ini berisi ungkapan kerinduan dan cinta kepada Rasulullah ?.
  • Pengertian Mahram dan...
    Tausyiah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 14:51 WIB
    Mahram adalah istilah dalam Islam yang merujuk kepada individu-individu tertentu yang memiliki hubungan kekerabatan atau status tertentu yang memungkinkan mereka untuk melakukan interaksi atau kontak fisik tanpa melanggar aturan syariat Islam.
  • Faedah Surat Al-Kahfi,...
    Muslimah
    Selasa, 29 September 2020 - 06:30 WIB
    Setiap malam Jumat atau pada hari Jumat, umat muslim dianjurkan untuk membaca Al-Quran, terutama surat Al-Kahfi.Walaupun, sebenarnya membaca surat Al kahfi tidak hanya baik dibaca pada hari Jumat saja melainkan setiap hari.
  • Hari Akhirat: Perjalanan...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Agustus 2024 - 11:25 WIB
    Ulama berpendapat bahwa ada yang dinamai shirath -berupa jembatan yang harus dilalui setiap orang menuju surga. Di bawah jalan (jembatan) itu terdapat neraka dengan segala tingkatannya.
  • Wisata ke Borobudur...
    Tausyiah
    Kamis, 16 September 2021 - 11:46 WIB
    Hukum wisata ke Candi Borobudur atau situs-situs tua yang tak terkait dengan peninggalan Islam belakangan menjadi perbincangan hangat. Bagaimana pendapat ulama terdahulu?
  • Pelarangan dan Keharaman...
    Muslimah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 15:32 WIB
    Idul Adha dan hari Tasyrik (tiga hari setelah Idul Adha) merupakan hari istimewa, karena Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan umat muslim untuk menikmati dan menyantap makanan dan minuman.
  • Bolehkah Menisbatkan...
    Muslimah
    Senin, 10 Januari 2022 - 14:07 WIB
    Menisbatkan nama suami di belakang nama istri tengah marak saat ini. Tindakan itu banyak dilakukan tidak hanya pada pergaulan sehari-hari, tetapi juga dilakukan di sosial media sebagai penamaan akun sosial media seorang wanita.
  • Sejarah Masuknya Liberalisme...
    Hikmah
    Sabtu, 12 Oktober 2019 - 09:01 WIB
    Tantangan umat Islam saat ini yang mengkhawatirkan adalah serangan pemikiran liberalisme dan sekulerisme yang datang dari dalam tubuh Islam sendiri.
  • Hati Sukma dan Akal...
    Hikmah
    Kamis, 17 November 2022 - 15:37 WIB
    Menurut para filsuf dan sufi Islam, hakikat manusia itu jiwa yang berpikir (nafs insaniyah), tetapi mereka berbeda pendapat pada cara mencapai kesempurnaan manusia.
  • 3 Pintu Lemari di Hari...
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 09:02 WIB
    Al-Ghazali mengatakan pada Hari Kebangkitan seseorang akan mendapati seluruh jam-jam hidupnya terjajar seperti satu deret lemari perbendaharaan. Pintu salah satu lemari itu akan terbuka dan akan tampak penuh dengan cahaya.
  • Bagaimana Hukum Mandi...
    Tips
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 12:43 WIB
    Ketika bertaubat dari perbuatan dosa besar, benarkah diharuskan melakukan mandi taubat dulu? Bagaimana hukum, niat dan tata caranya?
  • Ingin Wafat Husnul Khatimah?...
    Tips
    Senin, 05 Desember 2022 - 11:07 WIB
    Berwudhu berarti menyucikan diri dari kotoran atau hal lain yang menajiskan. Wudhu wajib dilakukan oleh seseorang sebelum melaksanakan salat wajib dan sunnah. Selain dari itu, mengerjakan wudhu juga disarankan di sela-sela aktivitas.
  • Cek Khodam: Sihir Murid...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Juli 2024 - 11:14 WIB
    Sihir jelas berbeda dengan mukjizat. Sihir diajarkan setan kepada Harut dan Marut yang kemudian bisa dipelajari oleh orang biasa. Sedangkan mukjizat hanya dimiliki oleh para nabi dan rasul.
  • Kisah Bijak Para Sufi:...
    Hikmah
    Sabtu, 27 Juni 2020 - 06:02 WIB
    Aku sudah pernah mendengar beberapa tipuan, tetapi baru kali ini ada orang yang menginginkan buah ceri membungkuk untuk meminta agar buah ini diberikan sebagai derma!
  • Ngerinya Dosa untuk...
    Muslimah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Dalam Islam, merusak rumah tangga seorang muslim tersebut dinamai dengan takhbib. Perbuatan itu merupakan dosa yang sangat besar., selain ada ancaman khusus, ia juga telah membantu Iblis untuk menyukseskan programnya menyesatkan manusia.
  • Niat Qadha Puasa Ramadhan...
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 20:55 WIB
    Bagi Anda yang Ramadhan tahun lalu tidak dapat menjalankan puasa maka diwajibkan mengqadha (mengganti) atau membayar fidyah di bulan ini. Berikut niatnya.
  • Syaikh al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 07:03 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan umat Islam wajib menjaga dan memperhatikan prinsip-prinsip dasar dalam berinfak. Dia menyebut 4 prinsip dasar tersebut. Salah satunya, berinfak kepada diri sendiri dan keluarga.
  • Kisah Sufi Jalaluddin...
    Hikmah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 16:14 WIB
    Kisah sufi Jalaluddin Rumi ini mengajukan pertanyaan penting:Jika kau memiliki raga, lalu di mana ruhnya? Jika kau memiliki ruh, lalu di mana raganya?
  • Adakah Hak Istri atas...
    Muslimah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 11:40 WIB
    Sebagian istri yang belum mengetahui hak-hak diri atas suaminya. Padahal dalam Islam, selain kewajiban yang harus ditunaikan ada hak-hak istri yang juga harus ditunaikan oleh suaminya. Hak-hak apa saja?
  • Kisah Ulat Berzikir...
    Hikmah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 13:15 WIB
    Kisah Nabi Daud banyak dijelaskan dalam Al-Quran, terutama dalam 9 surat berikut, surat Shad, Surat Al-Anbiya, An-Naml, Saba, Al-Baqarah, An-Nisa, Al-Maidah, Al-Anam dan Al-Isra.