Topik Terkait: Kesalahan Dan Dosa (halaman 140)

  • Jadwal Sholat Jakarta...
    Tips
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 20:45 WIB
    Jadwal sholat Jakarta dan sekitarnya ini berlaku untuk hari Rabu 2 Agustus 2023 atau 15 Muharram 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi rujukan umat Muslim wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk melaksanakan sholat fardhu lima waktu.
  • Fabel Jalaluddin Rumi:...
    Hikmah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 02:40 WIB
    Burung itu meminta kebebasannya, tetapi ditolak. Karena itu ia minta saudagar itu pergi ke hutan di India, lalu mengabarkan tentang keadaannya kepada burung-burung lain.
  • Bulan Rajab Segera Tiba,...
    Hikmah
    Selasa, 02 Januari 2024 - 08:04 WIB
    Umat Islam dalam waktu dekat akan memasuki Bulan Rajab 1445 Hijriah. Rajab adalah satu dari empat bulan yang Allah sucikan atau dikenal dengan Asyhurul Hurum (bulan-bulan haram).
  • Ngeri, Azab Kubur Berlaku...
    Muslimah
    Selasa, 12 September 2023 - 11:46 WIB
    Ghibah atau bergunjing merupakan dosa besar yang sangat dibenci oleh Allah Taala. Bahkan, ada ancaman azab kubur bagi pelakunya yang sangat mengerikan.
  • Bacaan Niat Salat Qashar...
    Tips
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 14:15 WIB
    Biasanya ketika kita bepergian yang lumayan jauh jaraknya, karena takut tertinggal salat maka disarankan melaksanakan salat qashar.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Bacaan Maulid Syaroful...
    Tips
    Jum'at, 04 Oktober 2024 - 14:16 WIB
    Berikut ini bacaan Maulid Syaroful Anam lengkap Arab, Latin dan artinya dinukil dari laman resmi Nahdlatul Ulama (nuonline). Bacaan Maulid Syarafil Anam ini adalah salah satu dari 39 bacaan.
  • 12 Bacaan Sujud saat...
    Tips
    Rabu, 14 Agustus 2024 - 19:24 WIB
    Bacaan sujud saat salat pastinya sudah dihafal oleh setiap muslim. Meski begitu masih banyak umat Islam yang belum mengetahui jika ketika sujud terdapat beberapa jenis bacaan yang dapat dibaca.
  • Hukum Tajwid Surat An...
    Tips
    Rabu, 24 Januari 2024 - 07:31 WIB
    Hukum Tajwid Surat An Naba ayat 1 sampai 10 yang dijelaskan dalam artikel ini dapat dipahami dan dipelajari oleh setiap muslim. Supaya ketika membaca Al Quran tidak terjadi salah baca yang berujung kesalahan makna.
  • Kaum Yahudi Telah Mengubah...
    Hikmah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Orang-orang Yahudi telah mengubah keindahan tauhid, mereka melakukan kebohongan yang diada-adakan terhadap Allah dan memalsukan sejarah para nabi mereka.
  • 6 Lafaz Niat Bayar Zakat...
    Tips
    Senin, 01 April 2024 - 16:05 WIB
    Lafaz niat bayar zakat fitrah ini penting diketahui umat muslim. Meski niat adalah urusan hati, melafalkannya (talaffudh) dianjurkan sebab akan membantu seseorang untuk memantapkan niat tersebut.
  • Siapa yang Disebut Ahli...
    Dunia Islam
    Selasa, 26 Desember 2023 - 05:45 WIB
    Para ulama sepakat menyatakan bahwa Ahl Al-Kitab adalah orang Yahudi dan Nasrani. Namun para ulama berbeda pendapat tentang rincian, serta cakupan istilah tersebut.
  • Kisah Ulama Menggali...
    Hikmah
    Minggu, 13 November 2022 - 13:35 WIB
    Kisah seorang ulama Dzurriyah Nabi menggali kuburannya sendiri sebelum wafat cukup populer di kalangan pecinta Habaib. Beliau adalah Habib Ahmad bin Muhammad Al-Muhdhar.
  • Kisah Nabi Khidr, Nabi...
    Hikmah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 12:22 WIB
    Nabi Khidr adalah seorang nabi yang memiliki pengetahuan yang sangat luas yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya. Kisah nabi Khidr terdapat dalam surah Al-Kahfi ayat 60-82.
  • Ngeri! Begini Gambaran...
    Hikmah
    Senin, 11 September 2023 - 17:26 WIB
    Para pendosa yang berada di dalam neraka maka keadaan mereka bertingkat-tingkat. Imam Muslim meriwayatkan hadis dari Samurah bin Jundub ra, bahwasannya Nabi Muhammad SAW pernah bersabda tentang penghuni neraka:
  • Surat Al-Kafirun Latin,...
    Tips
    Minggu, 25 Juni 2023 - 19:47 WIB
    Surat Al-Kafirun lengkap latin, terjemahan, Arab beserta keutamaan sangat dianjurkan dibaca setiap hari. Surat ini dikenal sebagai amalan pembersih dari segala kemusyrikan.
  • 8 Keutamaan Puasa Ramadan,...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 15:30 WIB
    Bulan yang dinanti umat Islam sebentar lagi tiba. Berikut keutamaan puasa Ramadan yang patut diketahui kaum muslim sebagai motivasi dan bekal menyiapkan diri menjalankan ibadah puasa.
  • Amalan Sunnah Fajar...
    Tips
    Sabtu, 08 April 2023 - 03:05 WIB
    Aktivitas seorang muslim biasanya diawali dari waktu fajar atau sebelum subuh. Waktu fajar ini merupakan waktu krusial yang penuh dengan pahala dan berkah .
  • 8 Peristiwa Gerhana...
    Dunia Islam
    Selasa, 08 November 2022 - 21:17 WIB
    Peristiwa gerhana pada masa Rasulullah SAW perlu diketahui umat Islam. Dulu sebelum Islam hadir, masyarakat Arab meyakini peristiwa gerhana erat dengan kematian tokoh pembesar.
  • Ini Alasan Mengapa Nabi...
    Hikmah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 23:57 WIB
    Nabi Ibrahim alaihissalam adalah sosok Rasul yang dijuluki Khalilullah yang artinya kekasih dan kesayangan Allah. Berikut alasan mengapa nabi Ibrahim dijuluki Khalilullah.
  • Kematian, Hanya Nabi...
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Tiap insan sudah pasti akan mati. Hanya saja, Nabi Ibrahim dan Nabi Musa bisa menawar kematiannya. Berikut kisah sebagian para Nabi menjelang sakaratul maut.