Topik Terkait: Kesalahan Dan Dosa (halaman 268)

  • Pengertian Tabaruk dan...
    Tausyiah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 15:44 WIB
    Pengertian tabaruk dan hal-hal yang dibolehka di dalamnya perlu diketahui umat muslim. Tabaruk artinya mengambil berkah dari sesuatu. Berikut contoh tabaruk yang dibolehkan.
  • 4 Jenis Balasan Dunia...
    Hikmah
    Minggu, 12 November 2023 - 14:51 WIB
    Ibadah salat fardhu 5 waktu, merupakan perintah Allah Taala dan kewajiban untuk seluruh umat Islam. Apabila kewajiban ini tidak dilaksanakan, selain dosa ada konsekuensi bagi pelakunya
  • Kisah Wanita Thawaf...
    Hikmah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 19:49 WIB
    Turunnya perintah berpakaian terbaik ketika masuk masjid ternyata berkaitan dengan kisah seorang wanita yang thawaf di Kabah dalam keadaan telanjang. Berikut kisahnya.
  • Benarkah Waktu Maghrib,...
    Tausyiah
    Kamis, 02 Maret 2023 - 13:30 WIB
    Seringkali kita mendengar orang tua menasehati anak-anaknya agar jangan suka keluar atau berkeliaran di waktu maghrib atau petang tiba. Bagaimana pandangan Islam tentang waktu maghrib ini?
  • Ternyata Begini Cara...
    Hikmah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 17:48 WIB
    Setan dan iblis telah berjanji kepada Allah SWT bahwa mereka bisa menjerumuskan sebanyak-banyaknya umat manusia ke dalam neraka. Dan mereka akan menggangu manusia dari segala arah dan berbagai cara.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • 440 Jemaah Haji Ikut...
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Juni 2023 - 16:30 WIB
    Ratusan jemaah itu terdiri dari 240 lansia dan disabilitas, serta 200 jemaah haji sakit dan dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah dan Rumah Sakit Arab Saudi.
  • Adab Salat Jumat dan...
    Tausiyah
    Jum'at, 18 Oktober 2019 - 05:35 WIB
    Jumat adalah penghulu semua hari (sayyidul ayyam) dan merupakan hari raya bagi orang-orang mukmin. Berikut adab-adab salat Jumat dan waktu berdoa yang mustajab.
  • 4 Perkara Syarat Diterimanya...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Setidaknya ada empat perkara penting yang merupakan syarat diterimanya amal saleh dan dilipat gandakan pahalanya, serta manfaatnya tetap ada di akhirat. Apa saja?
  • Masih Suka Berkeluh...
    Tips
    Kamis, 15 September 2022 - 15:20 WIB
    Hampir setiap orang suka berkeluh kesah atau mengeluh, bahkan sifat ini sudah menjadi fenomena biasa dalam kehidupan manusia saat ini. Sifat ini pun menimpa hampir semua tingkatan manusia.
  • Peristiwa di Bulan Rajab:...
    Hikmah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 09:32 WIB
    Perisiwa di bulan Rajab salah satunya adalah isra dan mikraj Nabi Muhammad SAW. Isra Mikraj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer.
  • Belajarlah dari Sejarah...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 19:28 WIB
    Al-Quran penuh dengan sejarah. Sejarah itu penting, karena dengan sejarah manusia belajar untuk berubah dan menjadi lebih baik di masa kini dan mendatang.
  • Jadwal Sholat untuk...
    Tips
    Selasa, 27 Juni 2023 - 01:11 WIB
    Jadwal sholat Jakarta dan sekitarnya ini berlaku untuk hari Selasa 27 Juni 2023 atau 8 Dzulhijjah 1444 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi rujukan umat Muslim wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk melaksanakan sholat fardhu lima waktu.
  • Doa Dijauhkan dari Fitnah...
    Tips
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 12:53 WIB
    Doa dijauhkan dari fitnah dan mohon keselamatan ini penting diketahui dan dipahami umat muslim, apalagi di era saat ini yang bertebaran fitnah dan keburukan.
  • Kisah Miqdad bin Amr:...
    Hikmah
    Senin, 11 April 2022 - 18:58 WIB
    Miqdad bin Amr adalah sahabat Rasulullah SAW. Ia bukanlah orang yang haus kekuasaan, sehingga menolak ditunjuk sebagai gubernur. Ia menganggap jabatan politik sebagai fitnah.
  • Ternyata Karl Marx Mengagumi...
    Hikmah
    Senin, 23 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Dalam Buku Muhammad di Mata Cendekiawan Barat karya Syeikh Khalil Yasin (judul asli Muhammad Inda Ulama II Charb), Karl Marx ternyata memuji sosok Nabi Muhammad SAW.
  • Idries Shah Tentang...
    Hikmah
    Minggu, 10 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Seorang ahli sufi yang sedang mengadakan perjalanan lewat sebuah perbukitan yang terpencil tiba-tiba berhadapan dengan raksasa yang akan menghancurkannya.
  • Sekte Hashashin, Pembunuh...
    Dunia Islam
    Selasa, 23 November 2021 - 19:34 WIB
    Hampir semua imperium besar masa itu pernah menjadi korban dari sekte Hashashin, di antaranya dinasti Abbasiyah, Fatimiyah, Mongolia, Inggris, hingga Yerusalem.
  • Doa Memohon Dijauhkan...
    Tips
    Senin, 15 April 2024 - 14:07 WIB
    Doa-doa memohon agar dijauhkan dari sihir dan santet atau sejenisnya ini, mudah dihapal dan bisa diamalkan kaum muslim.
  • Biografi Nabi Muhammad,...
    Hikmah
    Minggu, 10 Juni 2018 - 16:27 WIB
    Muhammad bin Abdullah adalah Nabi dan Rasul terakhir yang diutus Allah Swt. Beliau lahir di Mekkah sekitar 570 Masehi atau pada tahun Gajah dan wafat di Madinah 632 Masehi pada usia 63 tahun.
  • Hati-hati, Amalan Ditolak...
    Muslimah
    Jum'at, 29 April 2022 - 12:52 WIB
    Anugerah terindah bagi seorang hamba adalah manakala Rabb-Nya mengampuni dosa-dosanya. Namun, ada kekhawatiran yang sangat yakni akan amal-amal yang telah dikerjakan ini teryata ditolak oleh Allah subhanahu wa taala