Topik Terkait: Keutamaan 4 Surat Yasin Ar Rahman Al Waqiah Dan Al Mulk (halaman 40)

  • Quraish Shihab: Al-Quran...
    Tausyiah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Dalam menerangkan masalah-masalah filsafat dan metafisika, Al-Quran tidak menggunakan istilah filsafat dan logika. Juga dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan kebudayaan.
  • Tadabur Surat Yusuf,...
    Hikmah
    Selasa, 05 Oktober 2021 - 23:10 WIB
    Satu-satunya surat dalam Al-Quran yang menceritakan kisah seorang Nabi secara lengkap ialah Surat Yusuf. Berikut 10 Episode kisah Nabi Yusuf alaihissalam dalam Surat Yusuf.
  • Ayat-Ayat Al-Quran tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 09 April 2024 - 14:10 WIB
    Nah jika dikembalikan pada empat jenis halal yang diperkenalkan oleh hukum Islam, maka yang makruh tidak termasuk dalam kategori halalan thayyiban.
  • Amalan Penyelamat dari...
    Tausyiah
    Sabtu, 27 November 2021 - 17:12 WIB
    Azab kubur pasti ada. Ada yang terhimpit oleh kuburnya, ada yang didatangi hewan-hewan, bahkan ada yang berpaling dari arah kiblat. Berikut amalan pelindung dari azab kubur.
  • Ayat-Ayat Al-Quran tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:15 WIB
    Ayat-ayat al-Quran tentang etika perempuan ketika bertemu laki-laki, salah satunya menahan pandangan. Hal ini termaktub dalam firman Allah SWT dalam QS An-Nur ayat 30-31.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • 3 Keutamaan dan Manfaat...
    Tips
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 15:32 WIB
    Sebagian muslim mungkin belum mengetahui keutamaan dan manfaat membaca Surat Ar-Rahman. Dalam Al-Quran, Ar Rahman merupakan surat ke-55 terdiri dari 78 ayat.
  • Surat Al-Mumtahanah...
    Hikmah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 17:12 WIB
    Surat Al-Mumtahanah Ayat 8 memberi panduan bagi kita dalam bergaul dengan nonmuslim. Ayat ini turun terkait kisah Asma bin Abu Bakar yang menolak hadiah dari bundanya.
  • Hikayat Mistis Syaikh...
    Hikmah
    Minggu, 28 April 2024 - 08:53 WIB
    Kalau saja para kelelawar itu tahu betapa murah hati tindakan mereka terhadap bunglon itu, dan betapa mereka telah berbuat keliru, karena mereka justru memberinya kesenangan, mereka pasti akan mati sedih.
  • Keutamaan Sholat Taubat...
    Tips
    Minggu, 27 Juni 2021 - 09:17 WIB
    Banyak keutamaan dari ibadah sholat sunnah taubat. Sholat ini dilakukan seorang muslim ketika merasa telah melakukan dosa dan ingin bertaubat untuk kembali ke jalan yang benar sesuai yang diperintahkan Allah Taala.
  • Bolehkan Manusia Takut...
    Tips
    Senin, 31 Januari 2022 - 10:16 WIB
    Mendengar kata jin dan sebangsanya, sepertinya akan membuat bulu kuduk kita berdiri. Namun, benarkah manusia akan selalu takut pada jin? Bagaimana menurut pandangan Islam?
  • Keutamaan Orangtua yang...
    Tausyiah
    Senin, 15 Juni 2020 - 22:45 WIB
    Allah Taala akan memberi ganjaran dan pahala besar bagi para orangtua yang sabar mengajarkan kitabullah kepada anaknya. Berikut keutamaan orangtua yang mengajarkan Al-Quran kepada anaknya.
  • 3 Contoh Ayat Mutasyabihat...
    Tips
    Selasa, 20 Agustus 2024 - 16:33 WIB
    Terdapat tiga Ayat Mutasyabihat yang ada di dalam Al Quran. Sebelum masuk ke contohnya, sebaiknya umat muslim mengerti terlebih dahulu apa itu ayat mutasyabihat atau ayat mutasyabih.
  • Surat Yusuf Ayat 111...
    Hikmah
    Minggu, 11 Juni 2023 - 17:57 WIB
    Tibalah kita di akhir Surat Yusuf. Allah mengisahkan riwayat Nabi Yusuf ini secara lengkap untuk menjadi pelajaran bagi orang-orang berakal. Berikut hikmahnya.
  • Imam Al-Ghazali: Musik...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Watak tak-berdosa dari musik dan tarian yang diperlakukan sekadar sebagai hiburan, juga dibenarkan oleh hadis shahih yang kita terima dari Siti Aisyah.
  • Bolehkah Takut pada...
    Tausyiah
    Senin, 30 Mei 2022 - 16:24 WIB
    Keberadaan makhluk ghaib seperti jin, hantu atau setan seringkali sangat ditakuti oleh manusia. Terkadang rasa takut terhadap makhluk astral ini tidak beralasan.
  • Syaikh Al-Utsaimin:...
    Tausyiah
    Senin, 19 Februari 2024 - 09:14 WIB
    Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin dalam kitabnya Majmu Fatawa mengatakan, Hadis tersebut telah dihukumi sebagai hadis palsu oleh penulis kitab al Mannr.
  • Tadabbur Surat An-Nur...
    Tausyiah
    Senin, 11 Desember 2023 - 16:52 WIB
    Usai menjelaskan etika berkunjung pada ayat sebelumnya, Allah menerangkan etika dan adab seorang muslim ketika berinteraksi antarsesama manusia.
  • Hadis-hadis Keutamaan...
    Hikmah
    Rabu, 20 September 2023 - 23:56 WIB
    Salah satu karunia besar yang diberikan Allah kepada hamba-Nya adalah nikmat iman dan Islam. Berikut Hadis-hadis keutamaan orang mukmin sebagaimana disebutkan dalam Shahih Muslim.
  • 5 Keutamaan Ramadhan,...
    Tausyiah
    Kamis, 15 April 2021 - 02:40 WIB
    Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keutamaan, bulan panen pahala, bulan yang merupakan sekolah keimanan bagi kita semua. Bulan Ramadhan memiliki beberapa keistimewaan
  • Cara Jitu agar Anak-anak...
    Tips
    Rabu, 31 Mei 2023 - 18:42 WIB
    Menanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap Al-Quran dapat dimulai sejak dini, mulai dari lingkungan keluarga tercinta. Dan langkah terbaiknya, mendidik anak cinta Al-Quran dimulai oleh orang tuanya.