Topik Terkait: Keutamaan Menyantuni Anak Yatim (halaman 44)

  • Jenis-jenis Sedekah...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 14:27 WIB
    Sedekah adalah membelanjakan harta dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah. Berikut jenis-jenis sedekah yang hukumnya sunnah namun mendatangkan pahala besar.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 19:55 WIB
    Asbabun Nuzul atau sebab turunnya surat Al-Fath ayat 1 ini berkaitan dengan sahabat Nabi yakni Umar bin Khattab yang kecewa dengan keputusan Rasulullah SAW.
  • Ngeri! Inilah Gambaran...
    Hikmah
    Sabtu, 23 September 2023 - 19:36 WIB
    Dalam Islam, salat salah satu pilar agama yang sangat penting serta memiliki konsekuensi yang sangat besar bagi umat Islam. Siapa saja yang meninggalkan salat bukanlah perkara sepele, melainkan dosa besar yang akan mendapat siksaan yang sangat mengerikan.
  • Keutamaan Sholat Sunnah...
    Tausyiah
    Senin, 15 Februari 2021 - 21:58 WIB
    Salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan besar adalah sholat sunnah wudhu. Berikut keutamaannya dan cara mengerjakannya.
  • Inilah Keutamaan dan...
    Tausyiah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 23:48 WIB
    Wudhu merupakan amalan yang tidak dapat dipisah dari aktivitas seorang muslim. Berikut beberapa keutamaan dan manfaat wudhu sebelum tidur.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Syarat Ketat Bagi Panitia...
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 08:49 WIB
    Panitia boleh meminta upah dari pemilik hewan atas jasanya menangani hewan kurban. Karena panitia adalah berstatus wakil atau yang mewakili pemilik kurban.
  • 7 Alasan Mengapa Umat...
    Tausyiah
    Jum'at, 29 April 2022 - 23:03 WIB
    Zakat mal adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan oleh mereka yang memiliki kelebihan harta atau pendapatan. Berikut alasan mengapa diwajibkan membayar zakat.
  • 8 Keutamaan Surat Al...
    Hikmah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 11:35 WIB
    Surat Al Kautsar merupakan surat terpendek dalam Al-Quran karena hanya terdiri dari tiga ayat saja. Namun, surat Al-Kautsar ternyata memiliki keutamaan dan faedah yang banyak.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 17:22 WIB
    Asbabun nuzul surat Al Maun dan keutamaannya penting diketahui umat Muslim. Arti surat Al Maun sendiri adalah barang atau hal-hal yang berguna, yang diambil dari ayat terakhir dari surat ini.
  • Ini Alasan Mengapa 3...
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 22:44 WIB
    Bagi umat Islam, Hari Tasyrik dikenal sebagai hari-hari terlarang untuk berpuasa yaitu 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Berikut penjelasan mengapa dinamakan Hari Tasyrik.
  • Jumat Pertama Bulan...
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 03:01 WIB
    Alhamdulillah kita memasuki Jumat pertama bulan Ramadhan bertepatan hari ke-6 puasa atau hari ke-7 menurut perhitungan Hisab (7/4/2022). Berikut 3 amalan penggugur dosa.
  • Apakah Orang Tua Menanggung...
    Muslimah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 15:45 WIB
    Wahai para ibu, pernahkah terbesit di hati kita, bahwa anak kita yang masih kecil, punya perilaku nakal dan suka merugikan orang lain atau temannya bahwa dosanya akan ditanggung para ibu?
  • 10 Golongan yang Salatnya...
    Tausiyah
    Selasa, 15 Oktober 2019 - 21:03 WIB
    Dalam Islam, salat adalah rukun kedua setelah syahadat. Salat diwajibkan bagi mereka yang sudah baligh (dewasa) dan menjadi pembeda antara orang mukmin dan non muslim.
  • Faedah Membaca Surat...
    Muslimah
    Jum'at, 04 Juni 2021 - 15:22 WIB
    Salah satu amalan sunnah di hari Jumat bagi seorang muslim adalah membaca surat Al-kahfi, yang faidahnya akan diterangi oleh cahaya pada dua Jumat. Apa sebenarnya maksud dari cahaya dua Jumat ini?
  • Amalan Dahsyat Hari...
    Tips
    Kamis, 15 September 2022 - 23:10 WIB
    Berikut beberapa amalan dahsyat Hari Jumat yang jarang diketahui. Amalan ini memiliki fadhilah (keutamaan) yang sangat besar dan sayang jika dilewatkan.
  • Jenis-Jenis Puasa Sunnah,...
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 19:47 WIB
    Definisi rukun adalah: Sesuatu yang jika ia tidak ada maka suatu amalan dianggap tidak ada. Namun dengan adanya dia, belum tentu suatu amalan dianggap ada, yang ia terletak di dalam amalan.
  • 4 Rukun Zakat Fitrah...
    Hikmah
    Sabtu, 06 April 2024 - 03:10 WIB
    Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Zakat Fitrah jadi salah satu ibadah wajib yang ditunaikan ketika Bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari Raya Idul Fitri.
  • 5 Manfaat Mengakhirkan...
    Tausyiah
    Kamis, 07 April 2022 - 03:01 WIB
    Manfaat mengakhirkan sahur di bulan Ramadhan perlu diketahui umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Mengakhirkan sahur merupakan kebiasaan Nabi Muhammad.
  • Inilah Faedah Surat...
    Hikmah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 13:25 WIB
    Manfaat dan faedah Surat Al-Baqarah sudah banyak dijelaskan, salah satunya ketika akan menempati rumah baru. Membaca surah al-Baqarah untuk mengusir dan menjaga rumah tersebut dari keburukan dan setan yang terkutuk.
  • Aa Gym: Dahsyatnya Keutamaan...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 12:29 WIB
    Dai kondang yang juga pengasuh Ponpes Daarut Tauhiid Bandung KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) menyampaikan tausiyah tentang keutamaan mendoakan sesama.