Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 2)

  • Duka Umar bin Abdul...
    Hikmah
    Selasa, 16 November 2021 - 05:15 WIB
    Umar bin Abdul Aziz tidak memiliki ambisi menjadi khalifah. Ia bahkan berniat menghindar. Begitu ia tahu harus menggantikan Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik ia menangis dan berucap, Innalillah...
  • Kebijakan Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 12:09 WIB
    Persamaan adalah pola Islam dan oleh karenanya ia merupakan inti kedaulatannya. Sejumlah kebijakan Rasulullah SAW menyadarkan umat Islam bahwa Islam adalah agama persamaan.
  • Kisah Abu Bakar Menghadapi...
    Hikmah
    Rabu, 20 April 2022 - 20:40 WIB
    Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq menghadapi para pembangkang membayar zakat tatkala beliau memerintah. Pada saat Madinah tanpa pengawalan yang memadai, para pembangkang mengepung Madinah.
  • Perkembangan Tafsir:...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Dalam abad pertama Islam, para ulama sangat berhati-hati dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Quran. Seorang pernah bertanya kepada Sayyidina Abu Bakar, apakah arti kalimat abba dalam ayat: wa fakihah wa abba.
  • Pengaruh Doa Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 15:19 WIB
    Ibnu Abbas bersama Rasulullah SAW selagi masih becil. Rasulullah wafat sebelum ia mencapai usia dewasa. Nabi SAW selalu mendoakan supupunya itu. Dan doa itu memperngaruhi jalan hidupnya.
  • Ini Mengapa Cara Suksesi...
    Hikmah
    Rabu, 15 Maret 2023 - 09:16 WIB
    Muncul dugaan, Al-Quran tidak memberikan perhatian yang cukup terhadap persoalan musyawarah. Nabi Muhammad SAW pun dalam banyak hal menjabarkan petunjuk-petunjuk umum Al-Quran, tidak meletakkan rinciannya.
  • Kisah si Kafir Abu Jahal...
    Hikmah
    Selasa, 15 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Abu Jahal diam-diam mengagumi Al-Quran. Seringkali, secara diam-diam pula ia mencuri dengar Rasulullah SAW membaca Kitab Suci tersebut. Nabi pernah berdoa agar musuhnya ini masuk Islam.
  • Begini Nasib Sahabat...
    Hikmah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 18:33 WIB
    Pada suatu hari ketika Abdullah bin Umar diminta pernyataan baiatnya, ia menolak. Ia baru bersedia membaiat Ali r.a., kalau semua orang sudah menyatakan baiatnya.
  • Israel Bombardir Tepi...
    Dunia Islam
    Selasa, 03 September 2024 - 05:15 WIB
    Invasi Israel ke Tepi Barat utara telah mengakibatkan tewasnya warga Palestina yang dibunuh oleh Israel dan para pemukimnya sejak 7 Oktober menjadi 677 orang.
  • Misi Gagal Abu Hurairah...
    Hikmah
    Rabu, 03 Februari 2021 - 08:26 WIB
    Abu Hurairah dan Abu Darda memang bukan diplomat dan bukan pula orang-orang politik seperti Muawiyah atau Amr bin Al Ash. Mereka berdua itu orang-orang bertakwa, lugu dan polos.
  • Kisah Abu Bakar Dicela...
    Hikmah
    Senin, 25 April 2022 - 23:55 WIB
    Dalam Kitab Sejarah Khalifah Abu Bakar Siddiq diceritakan sebuah kisah menarik, ketika beliau dicela seorang Badui di hadapan Baginda Rasulullah. Berikut ceritanya.
  • Zubaidah binti Abu Ja’far...
    Muslimah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 10:20 WIB
    Zubaidah binti Abu Jafar al-Mansur, namanya memang tidak sepopuler suaminya yang seorang khalifah, yakni Khalifah Harun Al Rasyid. Namun perannya begitu berarti dibalik kesuksesan suaminya itu.
  • Ketika Isra Miraj Jadi...
    Hikmah
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 16:54 WIB
    Abu Jahal menjadikan Isra Miraj sebagai bahan olok-olok. Pada saat yang sama, dari sinilah Abu Bakar mendapat panggilan kehormatan dari Rasulullah SAW dengan panggilan ash-Shiddiq
  • Kisah Rumitnya Penulisan...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 08:10 WIB
    Abu Bakar memberi petunjuk agar tim tidak menerima satu naskah kecuali yang memenuhi dua syarat: Pertama, harus sesuai dengan hafalan para sahabat. Kedua, tulisan tersebut ditulis atas perintah dan di hadapan Nabi SAW.
  • Kondisi Terbaru Lokasi...
    Dunia Islam
    Selasa, 30 Mei 2023 - 07:30 WIB
    Di sini terjadi perdebatan sengit antara kaum Anshar dan kaum Muhajirin tentang siapa pengganti Nabi Muhammad SAW. Akhirnya, umat Islam sepakat mengangkat Abu Bakar sebagai khalifah.
  • Kisah Khalifah Umar...
    Hikmah
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Umar bin Khattab mengatakan kalaupun harus menunjuk seorang yang akan menggantikan ia harus orang yang lebih baik daridirinya. Dan kalau saya tinggalkan, saya juga ditinggalkan oleh orang yang lebih baik dari saya.
  • Kisah Muawiyah: Khalifah...
    Hikmah
    Kamis, 05 September 2024 - 16:15 WIB
    Muawiyah juga tercatat sebagai khalifah yang pertama kali dalam pemerintahan Islam mempergunakan tenaga Body-Guard (pengawal pribadi) untuk alasan keamanan.
  • Nasib Abu Lahab Ditulis...
    Tausyiah
    Minggu, 01 Agustus 2021 - 20:35 WIB
    Nasib Abu Lahab ditulis dalam Surat Al-Lahab ayat 1-5. Abu Lahab bin Abdul Muthalib bin Hasyim merupakan salah satu paman Nabi SAW. Nama aslinya adalah Abdul Uzza. Lahab berarti yang menyala-nyala.
  • Masa Depan Maahad Al-Zaytun,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:26 WIB
    Buya Anwar Abbas mengingatkan yang harus dipersoalkan dan perlu diselesaikan secepatnya oleh pemerintah adalah persoalan melanggar hukum yang dilakukan oleh tokoh yang bernama Panji Gumilang
  • Cara Mati-Matian Abu...
    Hikmah
    Selasa, 01 Februari 2022 - 10:20 WIB
    Baginda menugasi Abu Nawas mengajar lembu mengaji al-Quran dengan ancaman, jika gagal akan dihukum mati. Abu Nawas menyanggupi. Nah, beginilah cara Abu Nawas mengajar lembu.